Jumat, 16 Agustus 2013

Festival Zakat Becak 2013


Alhamdulillah, Festival Zakat Becak Jombang 2013 kemarin berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya. Dibuka oleh duo Muslim Drum Band dan dimeriahkan oleh Spongebob dan Tiger, pembagian zakat becak berlangsung tertib.



Zakat Maal untuk abang becak se-Kabupaten Jombang ini dibagikan tepat dua hari sebelum hari raya Idul Fitri seperti tradisi yang telah berjalan di Musholla Al-Arsy lebih dari sepuluh tahun lalu. Zakat dibagikan mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, namun antriannya sudah memenuhi sepanjang jalan Presiden KH. Abdurrahman Wahid sejak pagi saat spanduk pemberitahuan terpasang. Sehingga tukang becak berjajar rapi di Jalan Gus Dur sambil bercanda dengan rekannya hingga menunggu waktu pembagian tiba.


Becak-becak yang sudah standby di dekat Gg.Langgar sejak pagi

"Jalanmu" masih panjang....

Uniknya (atau ironisnya?!?!?!), banyak tukang becak yang sudah mengantri atau yang sedang menuju lokasi pembagian zakat, saat diminta mengantar calon penumpang, banyak yang menolak karena takut kehabisan waktu untuk mengantri pembagian zakat. Mereka lebih memilih duduk manis dan mengantri daripada mengantar penumpang.



Antrian mengular teratur yang berpusat di Gang Langgar Musholla Al-Arsy tempat pembagian zakat dilakukan. Ada dua arah antrian : Dari arah stadion menuju Gang Langgar, dan dari arah Ringin Conthong menuju Gang Langgar. Bahkan saking membludaknya antrian, pernah terdengar kabar antrian hingga di depan PLN di Jalan Wahid Hasyim. Bahkan bila ada abang becak yang menyerobot antrian, tukang becak yang lain akan berteriak, mengolok-olok dan mengusir becak yang tidak tertib tadi.


Sabar Mengantri



Semua tukang becak ini mengantri tertib, tentunya dengan dukungan pengawalan ketat aparat kepolisian Operasi Ketupat Semeru 2013 yang berpita khusus di pundak mereka.




Remaja Masjid Musholla Al-Arsy yang tahun ini menggunakan seragam bernuansa ungu selaku panitia bertugas dengan baik. Mereka ikut berpawai bersama Duo DrumBand yang membuka Pembagian Zakat ini. Setelah berdoa dimulai, tepat pukul 13.00 WIB pembagian zakat dimulai.




Panitia laki-laki bertugas untuk memberi ‘stempel’ Musholla Al-Arsy untuk memastikan tukang becak ini telah mengantri untuk menerima zakat.



"Sshhhh......"

Pylox yang bermanfaat, 

Festival Zakat Becak Musholla Al-Arsy Jombang 2013

Panitia perempuan menyambut abang becak yang telah sekian lama mengantri, menanyai nama dan alamat Sang Abang Becak Penerima Zakat, kemudian menulisnya dalam secarik kertas yang telah dipersiapkan sebelumnya yang nantinya bisa dijadikan database Abang Becak Se-Kabupaten Jombang. Setelah dicatat nama dan alamatnya, diserahterimakanlah zakat maal untuk abang becak tersebut.

Senyum Panitia

Sebutkan nama dan alamat Anda, wahai Abang Becak !


Pencatatan

Database Abang Becak Se-Kabupaten Jombang BERIMAN


Zakat Maal diberikan,

Senyuman Zakat Maal
Senyum Kelegaan

Banyak kejadian unik yang terjadi di Festival Zakat Becak ini setiap tahun. Misalnya; setiap tahun selalu ada tukang becak yang memiliki nama keren seperti artis atau nama orang barat. Seperti ‘Alex’, 'Handsome', 'Jack', dll. Rupanya makin maju saja Kabupaten Jombang tercinta ini, nama orang-orangnya makin gaya, makin kebarat-baratan. Keren sekali ya!

Penyandang cacat yang produktif juga menerima zakat maal

Pembagian Zakat Jombang ini sudah level internasional. Hebatnya ada abang becak yang jauh-jauh datang dari 'Peru'!!!

"Handsome"

Wah, dari 'Bandung' juga datang!

Kedatangan becak unik juga patut dicatat disini. Misalnya becak penuh aksesoris ini, berikut iklan ponsel dan pulsa yang dipasangnya. Becaknya sangat besar, terdapat spion truk di kanan-kirinya. Tertulis jurusannya seperti bus antarkota, dan dinamai Sumber Kencono, seperti bus antarkota langganan masyarakat Jombang yang lajunya bak angin topan yang melibas semua benda kecil di sekitarnya.


Abang Becak ini kelihatan bangga sekali ya!

Becak Sumber Kencono jurusan Surabaya-Madiun-Solo-Jogja-Semarang

Becak dengan atribut aneh kadang juga tertangkap kamera, misalnya becak dengan tulisan KINGKONG di sampingnya. Ada juga kedatangan becak penerima zakat tahun 2012 yang juga mengantri tahun ini, dan masih banyak lagi hal-hal unik yang terjadi selama pembagian zakat setiap tahun.

Becak Kingkong

Peserta Zakat Becak 2012


Caping Biru yang segar

Penantian dan Pengantrian

Ironisnya, pengamanan ketat kepolisian kadang mendatangkan terlalu banyak petugas yang menumpuk di lokasi. Mereka sudah diabsen oleh panitia, dan kadang adaaaa saja yang ketinggalan dan esoknya ‘mendatangi’ panitia. Hmmm... wow.

Absen Polisi DLLAJ

Panitia yang mengabsen Polisi DLLAJ yang bertugas



Aparat LINMAS yang bertugas pun kedapatan merokok selama bertugas, padahal jelas-jelas bulan suci Ramadhan masih berlangsung. Kalah ya, sama Spongebob dan Tiger yang tetap melanjutkan puasa meski terpanggang di dalam kostum di terik sepanas itu.

LINMAS Desa Candimulyo Jombang TIDAK PUASA


Ada pula turis mancanegara dengan bus pariwisata berwarna oranye yang melintas di Jalan Gus Dur terlihat sangat antusias dan memotret fenomena ramadhan warga Jombang ini (sayang Jombang City Guide tidak sempat memotret mereka). Mereka senang sekali dan terlihat mengabadikan antrian sepanjang jalan ini di setiap sisi jendela bus yang mereka tumpangi. Semoga tahun-tahun mendatang mereka bisa saksikan ini dengan lengkap, seperti saat mereka saksikan Bazaar Ramadhan di depan Stadion Merdeka yang meriah itu.




Ada becak yang pakai 'jilbab'. Hihiihi

Becak Indonesia

Tentunya, selain turis, warga setempat yang menonton pembagian zakat ini berkumpul di Mushola Al-Arsy dan sekitarnya. Bahkan ada pula pihak yang memanfaatkan situasi, sehingga kadang kewaspadaan kita perlu ditingkatkan. Cukup memalukan, mental pengemis pun masih merajalela.

Sesepuh Musholla Al-Arsy

Gadis-Gadis Cilik Penonton Setia


Senang rasanya acara berjalan lancar, semoga tahun-tahun mendatang, warga Jombang lebih maju dan kita semua mendapat rezeki yang melimpah barokah, dan mental maupun spiritual warga Jombang bisa lebih baik lagi.


Antrian terdepan di teras Musholla Al-Arsy di Jalan Merdeka Gg.Langgar

Ujung Antrian paling belakang di depan Pasar Buah JNS
Tahun depan nonton ya????

Tampak becak yang mengantri hingga di Jalan Wahid Hasyim

Setelah Pukul 15.00WIB, antrian sudah bersih, dan pembagian zakat dilaksanakan lagi Ramadhan tahun depan....

Foto lainnya juga bisa disimak disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...