Kamis, 15 Agustus 2013

Duo Drum Band Membuka Festival Zakat Becak 2013


Setiap tahun, dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, Jalan Merdeka yang kini bernama Jalan Gus Dur di Jombang menjadi penuh sesak. Bahkan, bila saking sesaknya, polisi yang bertugas kadang menutup jalan masuk Jalan Gus Dur ini, untuk mengurangi kemacetan.




Ya, selama Ramadhan memang jalanan lebih ramai dari hari biasanya. Namun yang ‘memperparah’ keadaan adalah perhelatan tahunan di Musholla Al-Arsy : Festival Zakat Becak beserta para penggembiranya. Penggembiranya tidak lain adalah Drum Band Muslim dan Cameo-Cameonya. Cameo-cameonya bisa bermacam-macam, tahun lalu dimeriahkan oleh Ondel-Ondel impor dari Jakarta. Tahun ini, Spongebob dan Tiger yang meramaikan. Tentu saja, warga setempat dan pengendara yang melintas tidak ingin ketinggalan momen ini, sehingga banyak diantara mereka yang ikut menonton.




Muslim Drum Band yang hadir di tahun 2013 ada dua kelompok. Mereka berparade beriringan. Start dilakukan di kampung depan Musholla Al-Arsy hingga tembus ke Jalan Gus Dur (yang sebelumnya bernama Jalan Merdeka) hingga kembali masuk lagi ke gang Langgar tempat Musholla Al-Arsy berdiri. Sebelum masuk lagi ke gang Langgar, biasanya mereka melakukan aksinya tepat di tengah Jalan Gus Dur.
  





Drum band pertama mendatangkan dua orang mayoret dan seorang gitapati yang berkostum lengkap, cantik sekali seperti pengantin. Kostum Kelompok Drum Band pertama ini berwarna merah putih lengkap dengan bulu di topi yang menutupi kepala mereka.






Kelompok kedua, yang semuanya terdiri dari laki-laki dengan kostum hijau putih, tapi tanpa topi bulu diatas kepala mereka. Jumlah mereka lebih sedikit tapi juga tak kalah semangatnya dengan kelompok pertama. 





Muslim Drum Band yang membuka Pembagian Zakat Untuk Abang Becak 2013 ini juga tetap mempertahankan puasanya, meski cuaca Ramadhan begitu cerah, panas menyengat. Keringat mereka bercucuran, tapi tidak menghalangi semangat mereka memberikan penampilan terbaiknya untuk warga Jombang dan ibadahnya pada Sang Khalik.





Duo Drum Band ini berparade diikuti panitia pembagian zakat yang tergabung dalam Remaja Masjid Musholla Al-Arsy. 




Setelah sampai tepat di depan Musholla Al-Arsy, drum band muslim ini unjuk kebolehan dan ramai ditonton oleh warga setempat. Anak-anak kecil berdatangan dan becak yang mengantri untuk menerima zakat pun tetap tertib.





 




 
     







Dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dan LINMAS kecamatan Jombang, Festival Zakat Becak 2013 ini berjalan dengan lancar. Becak-becak penerima zakat mengantri dengan tertib, duo drum band yang membuka acara dan Sponge Bob+Tiger yang memeriahkan acara pun bergembira.





Bagaimana, tahun depan pembaca Jombang City Guide sudah siap untuk ikut menonton??????
Bule yang melintas pun ikut menonton lho....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...