Kamis, 28 Maret 2013

Ondel-Ondel di Jombang!!!!



Ondel-Ondel identik dengan Jakarta. Orang Indonesia pasti tahu, kalau ingin lihat ondel-ondel, harus datang ke Jakarta. Tunggulah setiap bulan Juni saat Jakarta merayakan hari jadinya, Ondel-Ondel adalah pemandangan yang bisa disaksikan di hampir seluruh sudut kota.


Menurut Wikipedia, Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Nampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.




Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar 2,5 meter dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang ada di beberapa daerah lain.

 Namun apa jadinya bila ada Ondel-Ondel di Jombang?????


Ya, tak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk berjumpa dengan Ondel-Ondel. Karena kini kita sudah bisa saksikan ondel-ondel di Jombang. Setiap bulan Ramadhan, beberapa hari menjelang hari raya, diadakan Festival Zakat Becak, dimana acara dimeriahkan oleh Drum Band Muslim dan Ondel-Ondel.



Anak-anak yang bersukia ria
mengikuti iring-iringan Muslim Drum Band dan Ondel-Ondel Jombang


Ondel-Ondel di festival zakat becak Jombang bisa disaksikan setiap tahun, sebagai hiburan pembuka. Kadang bila Anda beruntung, Anda bisa saksikan Si Kuning Sponge Bob ikut memeriahkan acara ini. Banyak orang Jombang yang ingin menyaksikan langsung Ondel-Ondel, yang biasanya hanya mereka lihat di televisi. Mereka berebut ikut berfoto dengan Ondel-Ondel Jakarta yang ada di Jombang ini.





Sementara ini, fenomena 'Ondel-Ondel Kesasar' ini masih satu-satunya di Jombang. Nantikan beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, ketika diselenggarakan Festival Zakat Becak yang diadakan setiap tahun. Biasanya mereka berputar mengelilingi Jalan Merdeka (Jl. KH. Abdurrahman Wahid), dan masuk ke Gang Langgar di Musholla Al-Asri sebagai lokasi pusat pembagian zakat untuk abang becak. Pastikan Anda tidak ketinggalan menyaksikan Ondel-Ondel di Kota Santri Jombang BERIMAN.


Kalau di Jakarta ada Ondel-Ondel setiap bulan Juni,
Kalau di Jombang, ada Ondel-Ondel setiap Bulan Ramadhan menjelang Lebaran,,, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...