Senin, 27 Februari 2012

Kerajinan Manik-Manik Kaca Jombang



Setiap orang selalu menanyakan, apa yang khas dari Jombang. Sebenarnya banyak : ada pondok pesantren yang penuh santri, bir soda halal, soto dhog, dan manik-manik kaca. Sayangnya pilihan pertama tidak bisa dibawa pulang kecuali merasakan experience sendiri untuk mondok dan mempelajari ilmu agama. Pilihan kedua harus masuk ke pelosok Jombang untuk didapatkan, pilihan ketiga bisa basi kalau dibawa jauh karena tanpa bahan pengawet dan tidak akan lengkap bila tidak mendengar sendiri secara langsung ‘gebrakannya’. Hanya pilihan terakhir yang paling mungkin dan sayangnya tidak bisa dimakan. Heheheh.....

Manik-manik kaca Jombang, mulai populer di era 2000-an, dimana aksesoris manik-manik benar-benar populer di setiap mall dengan bandrol yang menjulang. Beberapa diantara mereka menjual hasil kerajinan Jombang dengan harga lumayan bila dibandingkan ketika membeli langsung di Jombang.


Bertempat di Kampung Pengrajin Manik-Manik Kaca Jombang, Desa Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya benar-benar masuk membelah hamparan sawah. Namun jangan khawatir, Anda bisa dapati Gapura Selamat Datang yang memastikan Anda tidak salah jalan. Rutenya bisa disimak disini (Soon). Sepanjang jalan, banyak pengrajin yang memajang dagangannya di 'show roomnya'.




Manik-manik Jombang ini berasal dari pecahan kaca yang kemudian didaur ulang dan diberi warna unik kemudian dibentuk menjadi aneka aksesoris.






Ada kalung, gelang, gantungan kunci, bros dan untaian ikat pinggang. Semua berbahan utama ‘kaca’. Anda bisa dapatkan untaian aksesoris yang sudah jadi, misalnya kalung, gelang, gantungan kunci yang siap pakai. Atau alternatif lain bagi yang gemar berkreasi sendiri, dapatkan manik-manik kaca baku eceran yang bisa Anda untai buat sendiri secara customisasi di rumah.







Begitu indah, bukan??? Anda bisa pilih sendiri sesuai selera Anda. Mulai yang kecil sampai yang besar manik-maniknya. Di beberapa toko, Anda bisa dapatkan potongan harga atau bahkan bisa ditawar hingga harga tertentu. Dibandrol mulai Rp. 5.000,-, untuk kalung. Dijamin sangat terjangkau, karena langsung dari produsennya. Made in Jombang banget...




Banyak penjual aksesoris dari Bali ‘kulakan’ disini. Bahkan menurut para penjual, order dari mancanegara seperti Jepang dan Swiss, menjadi langganan.


Kampung kerajinan manik-manik kaca ini juga menarik para wisatawan mancanegara yang sempat berkunjung kemari. Kita juga bisa saksikan proses pembuatan dan perangkaian secara langsung.


  


Review lain mengenai kunjungan manik-manik kaca ini bisa didapat di berbagai blog dan situs, diantaranya ada penjualnya yaitu disini, disitu, disana, dan masih banyaklagi.



Tips dari saya ketika berkunjung ke Kampung Kerajinan Manik-Manik Kaca ini ;
1.      Karena sepanjang jalan di kiri kanan banyak penjual manik-manik, datangilah toko yang terlihat banyak stoknya. Sehingga Anda bisa ‘kalap’ dengan lega tanpa kecewa. Supaya saat Anda membeli banyak manik-manik, Anda tidak rugi dan bisa meminta potongan harga pada Sang Penjual.




2.      Pilihlah aksesoris manik-manik yang benar-benar berbahan KACA. Jangan yang berbahan plastik atau yang lain. Bila Anda bingung antara kaca atau tidak, maka sentuhlah manik-manik tersebut. Bila terasa dingin, maka bahannya adalah kaca dan sebaliknya bila bukan kaca. Karena selain kaca, berarti bukan bikinan Jombang, tetapi biasanya buatan pabrik China yang seharusnya banyak di toko-toko pernik-pernik, dan tidak perlu jauh-jauh datang ke Jombang untuk mendapatkannya. HANYA MANIK-MANIK BERBAHAN KACA SAJA YANG KHAS JOMBANG. Jadi, be smart untuk mendapatkan khas Jombang di Jombang ya!



gambar atas : Contoh Manik-Manik Yang Bukan dari Bahan Kaca.
Hati-hati. Bukan Khas Jombang

Gambar diatas adalah contoh Manik-Manik dari bahan KACA
Hanya yang berbahan KACA yang Khas Made in Jombang


Karena harganya cukup terjangkau, kerajinan ini bisa dijadikan souvenir untuk acara pernikahan atau hadiah bagi orang terkasih yang cukup unik. Jangan kalah dengan Bule yang sudah kesana, berkunjunglah kesana dan Anda pasti ‘kalap’.

Kumpulan Wisatawan Kalap

AWAS KALAP !!!!!!

8 komentar:

  1. Mau tanya mba, kalau dari stasiun kereta api ke kecamatan Gudo ini bisa pakai moda transportasi apa ya? Dan utk eksplor kotanya sendiri bisa pakai transportasi apa? Terimakasih

    BalasHapus
  2. mas bisa minta alamatnya ga please ini emailku siswandiyo@yahoo.co.id sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
  3. Mba ada panduan buku contoh praduksi barangnya ga?,.. Kalau mau pesan pengiriman lewat paket, bisakan,... Tolong dong mba email kan ke alamat email aku,... Demikian terimakasih

    BalasHapus
  4. Aduh Jombang City Guide Gak Jualan ini... Jadi kalo order ya gak bisa.... Maaf yaa..... :(

    BalasHapus
  5. Tempat/alamaat penjualan nya dimana ini gan

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Saya tinggal tdk jauh dr gudo dan kebetulan juga sya bisnis manik-manik kaca dari gudo, Selain itu saya juga bisnis kerajinan tas dari batok/ tempurung kelapa, tempat permen dari batok kelapa,tas kain spunbond yang bisa digunakan untuk mengemas bingkisan nasi kotak, souvenir pernikahan, dll. yang minat merapat bisa hub via SMS /Wa: 0857 4394 5258

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...