Senin, 28 Januari 2013

'Bir' Soda Halal Made in Jombang


Siapa yang tidak tahu, minuman soda??? Minuman yang kalau dituang dan diminum ada buih-buih uapnya itu lho....

Banyak merek minuman berkarbonasi global bercitarasa barat. Secara pribadi, saya kurang cocok dengan rasanya. Selain itu, merek2 tersebut mendonasikan labanya untuk dana perang menindas saudara-saudara kita di Palestina. Bila kita membelinya, sama dengan mendanai pembunuhan saudara-saudara muslim Palestina kan????

Truk Pengangkut Bir Soda Halal Made in Jombang

Saya juga kurang menggandrunginya, karena kurang sehat dan bila diminum, soda adalah pemicu keriput. Hehehehe..... :-P (Serius iki...)

Namun bila membuat toleransi mengenai minuman berkarbonasi, saya memilih minuman lokal yang halal, Made in Jombang. Asli Lho... Bahkan bisa dibiang, minuman inilah yang merupakan minuman ASLI KHAS JOMBANG yang sebenar-benarnya.


Minuman ini buatan Arek Ngoro Jombang , yang halal dan jelas-jelas tidak mendonasikan labanya untuk menindas kaum muslimin. Labelnya bertuliskan "Minuman Limun Beruap", dengan kata lain 'minuman berkarbonasi'.

Limun beruap ini membuat saya jatuh hati sejak kecil. Pertama saya minum soda lokal ini, ketika berkunjung ke rumah nenek saudara saya di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. Ketika itu saya yang masih duduk di taman kanak-kanak disuguhi minuman ini. Saya tidak suka minum soda, namun saya buat pengecualian untuk bir halal ini. Bahaya nih, saya bisa habis satu krat, Hehehehe.....


Meski Jombang City Guide belum pernah mengunjungi markasnya secara langsung di Ngoro, namun kami sudah pernah mencoba tiga varian produk olahan bocah Ngoro Jombang ini ;


Pertama, adalah Sari Temulawak yang bercitarasa soda yang menjadi favorit saya. Gelasnya hijau, namun soda temulawaknya berwarna oranye atau kuning. Meski temulawaknya kurang berasa, namun rasanya tetap unik, dengan rasa soda yang segar. Wow.... Jangan mengocok botol minuman ini sebelum mengkonsumsinya, karena seperti soda lainnya, botolnya bisa 'lompat'. Hehehehe....


Kedua, Coffee Beer yang imagenya seperti minum bir. Meski bir soda, namun tetap halal lho.. Warnanya hitam, begitu pula dengan botolnya. Mugkin juga untuk menguatkan citra 'kopi' yang melekat pada rasanya. Rasanya sangat enak, setidaknya menurut saya (yang tidak terlalu suka kopi tapi suka yang manis-manis), sepupu-sepupu saya, kakak saya, dan pegawai-pegawai di toko ayah saya yang semuanya berlidah asli Jombang. Hehehehe..... Review mengenai Bir Kopi ini juga dibahas oleh Peminum Kopi lho,,...





Ketiga, Sari Sirsak yang berwarna kuning. Mereknya bertuliskan "Sari Zuurzak", entah apa maksudnya menggunakan ejaan asing, namun diantara kedua rekan sebelumnya, limun ini satu-satunya yang tidak beruap alias tidak mengandung soda. Sari Sirsak ini sebaiknya dikocok dahulu sebelum diminum, karena banyak sarinya yang mengendap dibawah saat disimpan dalam botol. Diantara ketiganya, saya paling jarang mengkonsumsi 'Si Kuning' ini. Namun tidak mengurangi apresiasi saya terhadap minuman asli Jombang ini.


Minuman ini dikemas dalam botol yang tergabung dalam kotak krat, persis seperti merek soda global yang telah banyak beredar. Botolnya dari kaca, yang juga harus dikembalikan bila telah habis isinya.






Anda bisa dapatkan dan menikmati soda atau bir (yang halal) khas dan made in Jombang di Warung Rujak Bu Bokin. Ada Juga di Pecel Merah Kebon Rojo, dan Warung Nasi Goreng Pedas ala Cak Topa Sambong. Selain itu Bisa juga Anda dapatkan di Warung makan dekat Musholla Dusun Kweden, Blimbing Jombang, dekat pondok Gus Nashir. Minuman ini begitu merakyat di Jombang, biasanya disajikan untuk para tamu yang berkunjung ke rumah-rumah di pelosok Jombang karena mudah disajikan. Bahkan Anda bisa dapatkan di berbagai warung tradisional di hampir seluruh pelosok Jombang.


Bila Anda tertantang merasakan kuliner asli Made in Jombang, maka mampirlah ke Jombang  jangan lewatkan iseng mampir ke sebuah warung yang penampilannya 'sangat tidak meyakinkan'. Pastilah diantaranya Anda bisa dapatkan produk ini, minuman soda halal khas Jombang. Barulah petualangan Anda dinyatakan telah sukses merasakan kuliner asli Jombang, yang sebenar-benarnya.



Ketiga minuman ber-city of origin Jombang ini diproduksi oleh
PT. Tirta Agung Ngoro, yang beralamatkan di :
Jalan Supriyadi no. 54-56
Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang
Propinsi Jawa Timur - Indonesia
no. Telepon Pabrik : (0321) 710888, 710188

6 komentar:

  1. Saya tinggal di jakarta ... dimana ya bisa memperoleh minuman ini ...?

    BalasHapus
  2. wah, mbak elsa, tulisannya lebih lengkap he he he he .... juga lebih dulu nulisnya :)

    BalasHapus
  3. Itu minuman favorite saya sejak saya masih kecil SD sekitar tahun 1977 - 1983 & kakek buyut saya sudah menjualnya pada waktu itu.
    Dan Sekarang saya pingin meminumnya lagi...!.

    BalasHapus
  4. Itu minuman favorite saya sejak saya masih kecil SD sekitar tahun 1977 - 1983 & kakek buyut saya sudah menjualnya pada waktu itu.
    Dan Sekarang saya pingin meminumnya lagi...!.

    BalasHapus
  5. Bisa di pesan langsung ke Jombang (Jawa Timur)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...