Rabu, 30 Januari 2013

Zakat Becak Fest


Bila di Jerman ada Oktoberfest, dimana semua orang berpesta bir di Bulan Oktober, di Jombang ada Ramadhanfest. Warga Jombang berkumpul di jalan Merdeka untuk menyaksikan hiburan pembuka dan proses pembagian zakat.



Ramadhanfest ini sebenarnya adalah festival zakat becak yang dimeriahkan oleh drum band muslim lokal dan kehadiran ondel-ondel yang ‘nyasar’ ke Jombang.





 Tukang becak dari seluruh penjuru Jombang, menerima pembagian zakat maal khusus abang becak yang diadakan setiap tahun di Jombang. Dengan pengawalan khusus oleh BANZER dan kepolisian Jombang yang tergabung dalam Operasi Ketupat Semeru, para penarik becak ini mengantri dengan tertib di jalan merdeka (sekarang jalan KH. Abdurrahman Wahid) dari dua jalur ; arah Stadion Merdeka dan Ringin Conthong, masuk ke Gang Langgar menuju Musholla Al-Arsy. Panitia zakat berkumpul disana dan membagikan zakat dengan dua jalur dari dua arah.








Pembagian zakat maal ini HANYA untuk abang becak. Setiap abang becak wajib membawa becaknya sebagai bukti bahwa dia adalah tukang becak. Mereka akan ditanya oleh panitia mengenai nama dan tempat asal, kemudian akan mendapat cat khusus dari Musholla Al-Arsy sebagai bukti bahwa mereka telah menerima zakat. Lalu mereka kembali mengendarai becaknya dengan tertib.





Saat festival zakat becak ini, jalan merdeka dipastikan macet atau bahkan ditutup karena terlalu padat. Meski baru dibuka pukul 13.00, abang becak ini telah mengantri dari dua jalur sejak pagi. Rata-rata tercatat 1500an abang becak menerima zakat maal ini setiap tahun.




Festival Zakat becak ini diadakan setiap tahun, biasanya dimeriahkan oleh hiburan pembuka berupa drum band muslim dan ondel-ondel yang mengelilingi jalan merdeka sebelum pembagian zakat dimulai. Polisi Juga turut mengawasi proses pembagian zakat. Biasanya pembagian zakat maal KHUSUS abang becak ini diadakan dua hari atau tiga hari sebelum hari raya Idul Fitri mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 03.00 hingga acara dinyatakan berakhir.





Semoga warga Jombang selalu diberi rezeki yang halal-melimpah-dan barokah, supaya acara ini berlangsung setiap tahun, dan makin banyak pembagian zakat supaya mengurangi populasi penduduk miskin. Semoga dengan peningkatan kesejahteraan mereka, diiringi dengan peningkatan kesadaran, supaya tidak ada orang-orang yang memanfaatkan situasi dan zakat benar-benar diterima orang-orang yang benar-benar membutuhkan. AMIN. J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...