Sabtu, 02 Juni 2018

Masih Penasaran dengan Wisata Kebun Durian Wonosalam

Bukan foto asli, cuma bikin-bikinan aja
Wonosalam terkenal sebagai penghasil durian, tak heran banyak pohon durian tumbuh di setiap sudut Lereng Anjasmoro. Hampir di setiap pekarangan rumah penduduk setempat pasti setidaknya ditanami satu pohon durian. Sebagai daerah yang subur dengan tipikal tanah merah yang cocok ditumbuhi pohon durian, banyak sekali kebun Si Raja Buah ini di berbagai tempat di Wonosalam.

Pohon durian yang tinggi menjulang

Kampung durian wonosalam, memang sudah eksis sejak dahulu, terlebih lagi popularitasnya makin menanjak sejak digelarnya Kendurenan Wonosalam yang rutin diadakan setiap panen Si Buah Berduri ini.

Kebun Durian

Jombang punya banyak destinasi wisata kebun, seperti di Plandaan ada Kebun Kelengkeng, serta Taman Kebon Rojo dan Taman Kebon Ratu yang sama sekali bukan kebun. Sedangkan Wonosalam sudah punya Kebun Salak, Kebun Buah Naga, Kebun Manggis, Kebun Kopi, dan Kebun Kokoa yang bisa didatangi para wisatawan, sektor kebun durian masih absen.

Salah satu Kebun Durian Wonosalam

Saat maraknya lokasi wisata baru di Wonosalam dan munculnya berbagai agrowisata aneka jenis kebun di dunia traveling yang melanda negeri ini, ironisnya Wonosalam masih belum punya destinasi Kebun Durian yang layak untuk menjadi jujugan wisatawan.

Pagar

Sempat beredar kabar bahwa wisata kebun durian akan dibuka di Wonosalam, namun sepertinya masih menjadi berita hoax. Adanya liputan Kebun Durian dengan kesalahan penyantuman kota di sebuah berita televisi swasta menambah kerancuan kabar. Selain itu, munculnya lokasi kolam renang bernama Kampoeng Durian di Mojoagung membuat netizen makin kebingungan.


Beberapa situs destinasi wisata bahkan mencantumkan wisata ini, namun tanpa eksistensi yang jelas. Lokasi Wisata Bukit Pinus yang digadang-gadang akan dijadikan wisata kebun durian pun tak jelas kelanjutannya.

Tampak dari seberang Wisata Bukit Pinus

Di tengah ketidakjelasan ini, Jombang City Guide iseng menelusuri salah satu kebun durian di Wonosalam. Berada di seberang Wisata Bukit Pinus, kebun durian milik Ko An seorang warga Kenjeran Surabaya adalah salah satu dari sekian banyak kebun durian yang bertebaran di Wonosalam.

Gerbang biasanya tertutup

Pagar kebun ini lebih sering tertutup, dan penjaganya hanya sesekali bisa ditemui. Saat Jombang City Guide mengintip dari gerbang, penjaganya sedang tidak di tempat. Tampak banyak pohon durian dari berbagai varietas tumbuh di dalam lokasi, dan beberapa pohon lain non-durian yang juga ditanam di kebun yang Jombang City Guide tak tahu tepatnya berapa luasnya kebun ini. Terdapat jalan setapak dan tangga sederhana di tengah kebun dan ada gubuk sederhana di samping gerbang yang bisa digunakan untuk berteduh.

Tangga sederhana

Menurut penuturan warga setempat, kebun durian ini sebenarnya bukan lokasi wisata sama sekali dan tertutup untuk umum. Namun saat musim panen durian, warga bisa masuk dan membeli langsung buah durian dari hasil kebun ini. Buah durian di kebun ini memiliki banyak jenis, diantaranya bajul, montong, simas dan masih banyak lagi. Karena durian-durian yang ditanam di kebun ini memiliki jenis yang unik, sehingga harga per buahnya juga jauh lebih mahal dibanding buah durian yang beredar di pasaran.

Gubuk sederhana

Jombang City Guide mengintip di gerbang ini bukan saat musim durian. Tak ada satupun buah durian yang berbuah, karena musimnya sudah usai. Penjualnya pun tidak ada di tempat, sehingga Jombang City Guide tak berani masuk lebih dalam. Mungkin nanti saat musim durian selanjutnya, Jombang City Guide bisa mengupdate liputan ini sambil kalap belanja durian. Doakan banyak rezeki sehingga bisa beli durian di kebun ini, sehingga bisa update liputannya ya. Hehhehe…..

Kebun Durian
Jalan Arjuno
Seberang Wisata Bukit Pinus
Dusun Gondang, Desa Carangwulung
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...