Selasa, 02 April 2019

Wisata Tur dan Edukasi ke Kampung Peternakan Sapi Perah Galengdowo


Rupanya, ada sebuah destinasi yang edukatif bagi anak-anak yang cocok untuk kunjungan keluarga. Wisata Kampung Peternakan Sapi Perah Galengdowo, memang belum banyak didengar karena minimnya pemasaran, tapi menyimpan potensi untuk menjadi destinasi menarik di Jombang. Kampung sapi perah ini sudah ada sejak tahun 90an, tapi belum banyak dieksplorasi sebagai tempat wisata.


Wisata Sapi Perah Galengdowo berada dalam naungan BUMDES Loh Jinawi Galengdowo yang bekerja sama dengan kelompok peternak sapi setempat. Wisata sapi perah ini seperti sebuah kampung susu sapi segar yang penduduknya banyak bekerja sebagai peternak sapi perah. Total ada sekitar 50 ekor sapi yang dinaungi oleh bumdes yang kemudian bertugas menampung susu perah.

Susu sapi segar hasil Kampung Susu Sapi Perah Galengdowo melalui proses panjang hingga menjadi susu siap konsumsi maupun produk olahannya. Namun bumdes setempat mengusahakan dengan mengelola kampung peternakan sapinya dengan baik untuk menghasilkan susu sapi segar kebanggaan Wonosalam Selatan.

Sapi-sapi perah milik para peternak berada di kandang-kandang terpisah. Selain belum ada lokasi yang cukup untuk mengakomodirnya dalam satu area khusus, sapi-sapi ini memang diternakkan di belakang rumah para peternak. Jadi bumdes biasanya melakukan pengumpulan susu sapi dari kandang ke kandang.


Sapi-sapi yang ada di peternakan sapi perah milik penduduk setempat diambil susunya dua kali sehari, setiap pukul 06.00 pagi dan 14.00 sore harinya. Biasanya pemerahan susu sapi masih dilakukan manual, meski ada pula peternak yang sudah menggunakan mesin. Para peternak kadang lebih suka memerah secara manual karena penggunaan alat perah kadang kurang memberikan hasil yang optimal.

Pengumpulan susu oleh para peternak

Setelah diperah, susu dikumpulkan ke rumah pendingin susu yang berada di kediaman sekertaris desa setempat. Beberapa ada yang diantar sendiri oleh para peternak karena lokasinya dekat dengan rumah pendingin, sedangkan susu dari kandang sapi yang jauh dijemput oleh bumdes.

Susu sapi yang dikumpulkan para peternak kemudian dimasukkan ke dalam teko yang berfungsi untuk menjaga susu supaya tetap dingin. Sementara, teko yang digunakan masih berukuran kecil, belum sebesar yang ada di Pacet dan Batu, bantu doakan supaya kapasitasnya bisa segera membesar ya!.


Dalam sehari, kelompok peternak sapi perah di Galengdowo mampu menghasilkan sekitar 1500 liter hingga 2000 liter susu per hari. Susu segar yang sudah terkumpul lalu segera diangkut ke pabrik di Pasuruan untuk dijadikan susu bubuk, krimer, yoghurt dan es krim skala nasional. Merek-merek hasil pabrik tersebut diantaranya krimer kental manis Cap Enak, Tiga Sapi, susu Indomilk, Indoeskrim maupun yoghurt Nice.

Wisatawan yang datang di kampung susu sapi perah bisa berkunjung ke kandang sapi, mengamati langsung proses pemerahan susu sapi, melihat pengumpulan susu di rumah pendingin susu. Kadang bila ada pesanan dari penduduk lokal Jombang, bumdes siap mengusahakan dengan menyisihkan hasil susu sapinya.

Selain itu, pengunjung bisa membeli olahan susu lokal seperti permen susu sapi di Toko Doramart milik Bumdes Loh Jinawi. Bila beruntung, wisatawan juga bisa membeli aneka olahan lainnya seperti es krim susu yang diproduksi langsung oleh ibu-ibu peternak sapi.

Olahan permen susu sapi

Sayangnya, produk olahan susu sapi segar seperti es krim susu sapi dan susu sapi dalam kemasan hanya bisa didapat ketika ada pesanan dalam jumlah besar. Tapi wisatawan tak perlu kecewa karena masih bisa membeli susu sapi segar dan aneka oleh-oleh karya penduduk setempat di di Doramart milik bumdes.

Memang, kampung susu sapi perah Galengdowo ini bukan berupa areal khusus pengolahan susu sapi besar seperti wisata yang ada di Batu dan Pacet. Bentuknya yang berupa kampung dengan kandang yang terpisah dari lokasi pengolahannya. 'Keterpisahan' ini membuat wisata sapi perah jadi semacam tour keliling desa. Namun, potensinya tak kalah menarik untuk dikembangkan, terlebih lagi bagi warga Jombang yang haus destinasi wisata dalam kota yang edukatif.

Pengunjung bisa menikmati wisata yang lengkap dengan mendatangi kandang sapi dan rumah pendingin susu yang nantinya diarahkan ke para peternak atau guide setempat. Hematnya, wisatawan lebih baik menghubungi guide setempat untuk mengantar tour Wisata Kampung Sapi Perah Galengdowo seperti Pak Endon, sehingga bisa mendapatkan ‘paket lengkap’ Wisata Kampung Sapi Perah Galengdowo.

Para guide seperti Pak Endon umumnya merupakan pemuda setempat yang akan dengan senang hati mengantar para wisatawan berkeliling desanya dan memperkenalkan destinasi-destinasi menarik lainnya. Karena dengan banyaknya wisatawan yang datang ke kampung sapi perah Galengdowo, maka destinasi ini bisa semakin maju.


Saat diantar berkeliling, para wisatawan bisa langsung melihat kondisi sapi di kandang. Anak-anak bahkan bisa mencoba memberi makan sapi, dan bila beruntung datang saat waktu pemerahan bisa mencoba memerah sapi, tapi dengan panduan dan pendampingan tentunya.

Lereng Anjasmoro bagian selatan menyimpan banyak potensi yang belum digali optimal. Selain kampung sapi perah, di Galengdowo juga masih banyak potensi lain yang tergabung dalam Desa Wisata Argowayang seperti wisata kebun kopi, wisata kebun manggis, wisata kebun salak, jelajah hutan ke Gua Jepang, Bumi Perkemahan Galengdowo, Kompeni Waterpark Galengdowo, serta jelajah ke Air Terjun Tretes Pengajaran sebagai yang tertinggi di Jawa Timur yang masuk dalam wilayah TAHURA R. Soerjo.


Pengolahan susu sapi dilakukan setiap hari di peternakan, jadi wisatawan bisa berkunjung setiap hari tak perlu menunggu akhir pekan untuk melihat langsung prosesnya. Sebuah darmawisata yang menarik, karena tak perlu jauh-jauh ke kota sebelah untuk mendapatkan pengalaman menarik mengenai proses pengolahan susu sapi segar. Jadi kalau Mojowarno punya Kampung Hidroponik Karanglo, Wonosalam Tengah punya Kampung Durian, maka Wonosalam Selatan punya Kampung Sapi Perah. Edukatif dan sangat bermanfaat!
  
Wisata Edukasi Kampung Peternakan Sapi Perah Galengdowo
Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam
Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur
Guide - Pak Endon : 0852 5900 5057

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...