Minggu, 05 Mei 2013

Balikpapan dan Jombang BERIMAN


Di era orde baru, kota-kota di Indonesia diharuskan membuat slogan singkatan yang mencerminkan kotanya. Misalnya Mojokerto BERSERI dan Kediri BERSEMI. Jombang menetapkan diri sebagai Jombang BERIMAN, yang kepanjangannya Bersih Indah Nyaman. Rasanya kata BERIMAN cocok juga mengingat Jombang adalah Kota Santri yang warganya taat beribadah.


Rupanya, tidak hanya Kabupaten Jombang saja yang memiliki slogan ini. Balikpapan, adalah kota dengan slogan yang sama : Balikpapan BERIMAN. Hanya saja, BERIMAN di Balikpapan merupakan singkatan dari Bersih Indah Aman dan Nyaman. Yaah.... beda sedikitlah... tapi akronimnya sama!!!!



Saya baru saja tahu ketika diberitahu oleh sahabat saya yang tercinta yang asli Made in Kota Balikpapan BERIMAN. Wow. 


Wikipedia menulis, Balikpapan adalah salah satu kota di Kalimantan Timur (Kaltim), Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sekitar 637.488 jiwa, yang merupakan 18 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Bersama Bontang, Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia.[6][7] Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan[8][9] atau Balikkappan[10] (logat Banjar).


Meski jauh, rupanya Balikpapan dan Jombang punya kesamaan, selalu menggunakan kata BERIMAN di setiap sudutnya.



Balikpapan juga meraih Adipura seperti Jombang dan menggunakan piala itu sebagai tugu seperti di Jombang.



Bila Jombang terkenal dengan sebutan Kota Santrinya, Balikpapan terkenal dengan hewan khasnya; Beruang Madu yang kemudian dijadikan maskot kotanya.


Hm..... sayangnya Jombang belum punya maskot ya... Kira-kira apa ya???? Duren Bido von Jombang???? Atau.... aaapaa yaaa....????


Untukmu Jess, Selamat Ulang Tahun,
I Miss You So Much.

2 komentar:

  1. saya nih org balikpapan yg skrg domisili di jombang hehehe

    BalasHapus
  2. Saya orang jombang domisili Balikpapan hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...