Selasa, 03 September 2013

Rumah Kuno di Jln. Achmad Yani


Di tengah Kota Santri Jombang BERIMAN, sudah jarang bangunan era kolonial yang tersisa terutama di tengah kota. Seiring dengan perkembangan zaman, bangunan lama makin tergerus digantikan oleh bangunan-bangunan yang desainnya cenderung untuk mendukung roda perekonomian.



Salah satu bangunan tengah kota yang masih bersisa, adalah bangunan di samping toserba di Jalan Achmad Yani. Arsitekturnya berkesan era londho, yang dilengkapi dengan malaikat-malaikat kecil bersayap dengan berbagai pose.


Dari kejauhan sudah terlihat, bahwa rumah ini kosong tak berpenghuni, atau sengaja dikosongkan. Pastinya, rumah ini seperti tidak lagi dipakai sebagaimana fungsinya untuk berlindung dari panasnya matahari dan derasnya hujan..


Catnya sudah banyak yang terkelupas dan menghitam, meski bentuknya masih utuh seperti aslinya. Karakter rumah lama memang kokoh, karena dibuat supaya kuat jangka panjang dengan dobel tumpukan bata di tiap dindingnya. Pelatarannya bersih, karena terbuat dari mester, sehingga tidak rungsep dengan ilalang yang tumbuh. Mungkin di depan ilalang tidak tumbuh, tapi di bagian belakang jelas iya...

Bersih

Ini apa ya???? Mungkin sumur... Atau....????

Di sampingnya ada rumah kecil, mirip seperti ‘pos satpam’ di bangunan masa kini. Entah fungsinya memang demikian atau yang lain, Jombang City Guide mungkin gak menangi ceritane.



Di Seberang rumah ini, ada pula rumah lama yang kondisinya meski sudah sangat mengenaskan, tapi masih terpakai. Biasanya digunakan penjual balon untuk menyimpan dagangannya. Mungkin rumah ini sepantaran dengan rumah seberangnya. 

Rumah Kuno Lainnya di seberang rumah pertama.
mungkin kisahnya bisa dugali dari sini

Semoga Pemerinta Kabupaten Jombang lebih aware dengan keberadaan rumah-rumah kuno ini ya. Kalau memang belum mampu menjadikannya lokasi wisata saksi-saksi bisu sejarah kota Jombang, setidaknya, rumah ini jangan dihancurkan.....

Rumah Kuno, Hendaknya pemerintah ikut membantu menjaga kelestariannya sebagai saksi sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...