Selasa, 09 Juli 2013

JNS : Jombang Night Silentcular


Setelah dipugar, Pasar Buah dan Pujasera Hayamwuruk Jombang pun bertansformasi. Dengan pemotongan lahan stadion yang dijadikan lahan parkir dan taman, Pasar Buah dan Pujasera Hayamwuruk Jombang pun serasa lebih nyaman, dan mari kita sebut tempat lama tapi bar ini dengan JNS. Jombang Night Silentcular.


















Rupanya, taman buah malam alias JNS ini, dibangun dengan Corporate Social Responsibility dari beberapa bisnis di Jombang. Ini tampak dari nama-nama perusahaan mereka yang dituliskan di bebatuan yang ada di dekat buah-buahan yang bertebaran di JNS.












Ada berbagai macam buah yang ‘tampil’ disini. Mulai Semangka, apel, jeruk, salak, bahkan ada durian. Sayangnya belum ada anggur di JNS, karena mungkin membuatnya agak sulit untuk tiap butirnya. Buah-buah tersebut ‘ditemani’ oleh kelinci-kelinci putih yang diantaranya ada yang memegang wortel.




Sayangnya meski masih baru, ada satu relief nama STIKES PEMKAB yang sudah rusak,


"Kelinciku, kelinciku, kau manis sekali..."


Selain kelinci ada seorang pria berpeci merah, yang kemudian mengingatkan kita pada dengan Peci Turki yang disebut Fez di Tarian Sema Jalaludin Rumi. Pria itu memakai rok (atau sarung) dengan celana hijau dan memegang panah seperti Cupid. Mungkin peci merah dan Celana Hijau menggambarkan Ijo-Abang-nya Jombang. Apapun itu maksudnya, jelasnya pria ini adalah ‘Maskot Selamat Datang’ karena diletakkan tepat di depan pintu masuk stadion yang bertuliskan “Selamat Datang di Stadion Merdeka Jombang”.



Javanese Cupid



Selamat Datang di Stadion Merdeka Jombang


Mengapa kita sebut JNS???? Karena konsep tamannya yang mirip dengan BNS – Batu Night Spectacular di Batu, Malang. Dengan lampu berwujud tertentu dan menyala di malam hari. Bedanya dengan BNS, JNS ada di Jombang. Karena berada di pasar buah, JNS dikonsep dengan bentuk buah-buahan yang banyak dijual di Pasar Buah di belakangnya. Bila BNS berisi banyak permainan yang spektakuler, maka marilah kita sebut JNS dengan nuansa yang sunyi, silentcular (yang terakhir ini hasil keisengan Jombang City Guide saja, hehehehe...). Karena Jombang adalah kota yang terlalu damai, sangat tenang sehingga kadang agak sunyi. Namun memang demikianlah masyarakat Jombang, menikmati kedamaian dan ketenangan kotanya.

Keluarga Kecil


Dua Insan Manusia

Bumil yang menikmati suasana JNS


Keluarga yang sedang berpiknik



Klub yang sedang nongkrong


Dekat Buah Durian, ada ayah yang bersenda gurau dengan anaknya


Bila datang hari libur, maka tempat ini akan menjadi sangat ramai dan dipenuhi warga Jombang maupun luar Jombang yang mampir dan berpiknik. Misalnya keluarga kecil yang ingin mendapat wisata murah, gratis tapi tetap menyenangkan, para pemuda thenguk-thenguk, sejoli yang berkencan, dan anggota perkumpulan klub tertentu, misalnya vespa antik serta berbagai kelompok warga lainnya. Atau mungkin seorang wanita yang (mungkin saja dilihat dari plat motornya) dari Malang ini???


Salah satu penjual di Pujasera Hayam Wuruk ini menyediakan persewaan sepeda elektrik untuk anak-anak. Asyik juga mengendarainya, tampak kakak beradik yang sedang mengendarainya sangat bahagia mengelilingi lapangan parkir JNS.


Sayangnya, entah antara petugas yang kurang tanggap dipadu dengan kesadaran pengunjung masih kurang. Lengkaplah dan mengakibatkan banyak sampah bertebaran diatas rumput di sebelah buah-buah yang digunakan oleh pengunjung yang berpiknik. Jumlah tempat sampah yang terlalu sedikit memperparah keadaan, sehingga tempat sampah yang ada tampak mangkrak tidak dipergunakan karena saking malasnya pengunjung membuang ‘limbah’ yang mereka ciptakan.


Tempat sampah mangkrak : Jumlahnya sedikit


Bibit Sampah



Ciri khas lampu Kota Santri Jombang Beriman


Semoga makin banyak tempat wisata sederhana tapi menyenangkan seperti ini di Kota Santri Jombang BERIMAN, yang dibarengi dengan peningkatan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kebersihan kotanya...


4 komentar:

  1. Terimakasih atas kepercayaanya kepada Kampoeng Lampion Malang untuk pengerjaan semua lampion taman di stadion Merdeka Jombang
    081252265758
    03419987211
    Pin BB 2A965FF8

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekarang kondisinya sudah rusak pak... memprihatinkan sekali. banyak yang bolong2 dan warnanya mulai mangkak.
      bisakah bikin yang tahan hujan panas dan badai gitu???

      Hapus
    2. Perawatan kan sdh bukan tanggungjawab vendor lagi
      Perawatan sdh menjadi tanggungjawab DPU Jombang

      Hapus
  2. mirip kayak di batu~ alun - alun kota batu juga kayak gini :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...