Kamis, 27 Februari 2014

Rumah Lama di Samping Ringin Conthong


Waktu Jombang City Guide masih duduk di bangku TK dan menabung TABANAS di BCA Jombang, sempat melihat penghuni rumah lama ini sedang beraktivitas di depan rumahnya. Waktu itu, beliau sedang mengeluarkan sepedanya, seperti hendak keluar dari pagar rumahnya. Seingat Jombang City Guide, penghuni rumah ini orang Tionghoa.

Lambat laun, rumah ini makin sepi, dan sepertinya makin kosong. Berbanding terbalik dengan makin ruwetnya bank tetangganya yang sudah mengkek-mengkek aktivitasnya.

Kini, saat Jombang City Guide sedang ikut Car Free Day di Jalan Wahid Hasyim di hari Minggu, Jombang City Guide masih melihat rumah ini makin suwong, tanpa penghuni.


Pohon Keres yang biasanya Liar

Rumahnya mulai ditumbuhi tanaman liar, termasuk pohon keres di sampingnya. Dan dijadikan orang-orang tak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. Jendela dan pintunya terlihat terbuka tanpa ditutup, sehingga terlihat bagian belakang rumahnya. Namun anehnya, pagarnya diperbarui menjadi pagar modern.

Pagar Modern

Bisa jadi, rumah ini adalah salah satu cagar budaya saksi sejarah perkembanganJombang. Hendaknya, pemerintah kabupaten tidak menyerah ikut andil dalam menjaga kelestarian benda bersejarah ini, meski ini mungkin masih menjadi milik perorangan. Semoga pemilknya tidak merobohkan bangunan lama saksi sejarah ini menjadi ruko atau bangunan baru seperti kecenderungan pembangunan zaman modern sebagai tuntutan ekonomi. Semoga saja....

Boleh juga kalau tempat ini digali sejarahnya, dan dijadikan salah satu tur wisata napak tilas keliling sejarah Jombang, bersama Menara Air Ringin Conthong, SD Sulung Jombang, rumah kuno di Jalan Achmad Yani dan Gardu Listrik depan Klentheng Hok Liong Kiong. Kapan ya, pemerintah mulai bertindak????

2 komentar:

  1. min itu alamatnya dimana jadi penasaran

    BalasHapus
  2. Sebelahnya BCA passss. Klo dr BCA pasti deh langsung kelihatan. Ketemu deh...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...