Jumat, 21 Maret 2014

Ketan Merdeka : Kuliner Pagi Buta

Jombang punya legenda kuliner andalan yang buka sejak pagi buta, dan ludes saat matahari terbit. Diantara kuliner pagi buta itu adalah Nasi Bali Tersenyum dan Khetan Merdeka.



(Se)Piring Kecil Ketan Merdeka

Kedai Ketan Merdeka menyajikan ketan bubuk sebagai menu utama. Ketan yang terdiri dari ketan hitam dan ketan putih kemudian ditaburi dua macam bubuk beda warna lalu ditaburi parutan kelapa merupakan sajian makanan Indonesia yang tetap digemari masyarakat Jombang.


Duet Bubuk


Ketan Merdeka, dinamai 'Merdeka' karena lokasinya yang berada di Jalan Merdeka no.29, yang dulunya menjadi nama jalan tempat ketan merdeka ini berjualan. Kini, nama jalan merdeka telah diubah menjadi Jalan Gus Dur atau Jalan Presiden KH. Abdurrahman Wahid. Meski nama jalannya telah berubah, nama Ketan Merdeka tetap digunakan dan melegenda di benak para pelanggan. Tapi dalam penulisan, mungkin terpengaruh ejaan lama atau supaya terdengar dramatis akhirnya ditulis ‘Khetan Merdeka’.



Pagi buta sudah ramai akut
Berlokasi tepat di depan Bank Buana di Jalan Gus Dur 29, Ketan Merdeka diapit oleh Salon Modern dan agen majalah Karya Warga, dimana pemilik Karya Warga adalah orang yang sama dengan pemilik Ketan Merdeka.








Sejak kecil, Jombang City Guide sering diajak bapak kesini. Tempatnya selalu ramai, dan semua ketan biasanya sudah habis terjual pukul 06.00 atau 07.00 WIB, sehingga perlu datang sebelum matahari terbit supaya kebagian. Jadi bagi yang luar kota nitip Ketan Merdeka, jangan harap kalau nitipnya terlambat. Pasti sudah habis ya….

Sebelum Jam 5 Pagi sudah ramai


 

Kaos Harley Ringin Conthong by Kaos Abang Idjo


Saat mengunjungi ‘lokasi kejadian’, Ketan Merdeka sudah ramai dikunjungi pelanggannya. Tampak aneka jenis wajah, mulai wajah yang sudah rapi siap sarapan dan bekerja, wajah-wajah jogging pagi, wajah-wajah segar pasca jamaah subuh, maupun wajah-wajah bangun tidur yang masih lengkap dengan piyama. Semuanya mengantri dengan setia. Meski ramai, penyajiannya cepat sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama seperti rujak 20 tahun cahaya. Hehhehe….

Wajah Pasca Jamaah Subuh






Para kru yang terdiri dari anggota keluarga Ketan Merdeka terlihat sibuk melayani para penggemar Ketan Merdeka. Anda pun bisa makan di tempat, atau dibungkus untuk keluarga di rumah. Selain itu, karena selera setiap orang berbeda-beda, Anda bisa request ketan mana yang Anda inginkan dalam sebungkus ketan bubuk. Entah putihnya saja yang gurih, atau ketan hitamnya yang manis, atau keduanya dalam satu bungkus.

Ketan Hitam






Dijual seharga Rp. 3.000,- ketan merdeka masih menjadi salah satu kuliner pagi kebanggaan Jombang. Selain menjual ketan, disini juga dijual gorengan, aneka wedang dan minuman, termasuk susu kedelai. Bagi yang sudah mepet perlu sarapan nasi, disini juga tersedia pilihan nasi bungkus.





Oke, sudah siap besok bangun pagi banget buat andok Ketan Merdeka???


Khetan Merdeka
Jl. Gus Dur 29 Jombang
Depan Bank Buana
Telepon : 0321-863313





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...