Kamis, 01 Maret 2018

Wisata Kebun Buah Naga Panglungan



Sebagai daerah pegunungan yang kaya akan kesuburan tanahnya, Wonosalam tak hanya sebagai penghasil durian, kopi, salak, manggis dan kakao saja. Di Agrowisata Perusahaan Daerah Perkebunan Panglungan, terdapat kebun buah naga. Dari hasil kebun buah naga di  Wonosalam, Jombang kini menambah daftar lokasi Jawa Timur sebagai salah satu penghasil buah naga yang diekspor ke Cina.



Di samping lapangan

Lokasi kebunnya ada di samping lapangan belakang, yang menjadi bagian dari Agrowisata Panglungan. Agrowisata Panglungan sendiri terletak di Dusun Sumberejo, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Ibaratnya, Agrowisata ini adalah kebun raya-nya Jombang, dan ada lokasi khusus untuk Taman Kehati dan dilengkapi dengan budidaya kebun buah naga.

Salah satu Kantor Petugas




Buah shio perlambang keberuntungan yang ditanam di sini berjenis buah naga merah, yang selain banyak khasiatnya, juga membuat mulut  penyantapnya jadi mirip vampire dalam legenda Rumania ala novel Bram Stoker’s Drakula. Hehehhe…..




Buah yang dinamai seperti salah satu shio dalam zodiak tonghoa ini merupakan salah satu tanaman yang harus banyak disinari supaya rajin berbunga. Sedangkan bunganya, mekar di malam hari. Beberapa petani menyiasati dengan menambahkan banyak lampu sebagai sinar buatan supaya pohon buah naganya makin produktif. Para pembudidaya buah naga ini biasanya sudah memperkirakan perawatan pohon supaya berbuah dengan siasat menunda pembuahan.

Bermandikan Cahaya Mentari


Si Buah Hewan Legenda Tiongkok bisa berbuah sepanjang musim hujan. Dan musim berbuahnya bisa mencapai lima bulan. Sayangnya saat berkunjung kemari, hanya ada beberapa gelintir buah naga di pohon, itu pun dalam keadaan belum matang dan masih hijau. Mungkin sudah selesai dipanen. Memang, buah naga biasanya berbuah dan dipanen menjelang perayaan imlek, dan Jombang City Guide berkunjung setelah selesainya perayaan tahun baru cina.



Buah yang berkulit mirip hewan imajiner ini dibudidayakan oleh pengelola Agrowisata PD Panglungan di lahan yang tak terlalu luas. Meski demikian, Kebun Buah Naga ini dalam sekali panen bisa mencapai satu ton. Di Wonosalam, ada pula kelompok petani pembudidaya buah naga, yang bisa memanen hingga 4,8 ton per hektare. Dari hasil panen itu bisa diraup keuntungan hingga 20juta rupiah per hektare.






Buahnya bisa dijual mulai harga delapan ribu rupiah, dan bisa mencapai Rp. 10ribu hingga 12ribu rupiah. Meningkatnya harga buah naga bisa jadi karena ukurannya yang jumbo sehingga menambah takaran beratnya. Permintaan buah naga akan melonjak saat imlek. Bahkan di pasar ada yang tembus hingga Rp 25ribu karena tempo jualnya yang bertepatan dengan perayaan tahun baru cina.






Setelah mengunjungi Kebun Manggis di Desa Jarak dan berbelanja di Kebun Salak Pak Faried, Kebun Buah Naga di Agrowisata Panglungan ini bisa menjadi alternatif jujugan para wisatawan yang ingin mencari destinasi baru dalam tema wisata kebun-kebunan. Kunjungan ke kebun buah naga tak kalah senangnya, dan juga bisa sebagai obat pelipur lara akibat terus kecewa karena berita hoax tentang Wisata Kebun Durian Wonosalam yang tak pernah ada.





Manusia yang patah hati karena tertipu berita tentang adanya wistaa kebun buah durian di Wonosalam

Untuk masuk ke Kebun Buah Naga ini, tidak dipungut biaya, sama seperti ketika masuk ke kawasan Agrowisata Panglungan karena kebun ini bagian di dalamnya. Kebun ini dibatasi oleh kawat berduri, namun gerbangnya tidak dikunci sehingga kita bisa masuk dan mengamati pohon buah naga dari dekat.

Dibatasi kawat berduri

Gerbang Kebun Buah Naga

Meski gratis, hendaknya kita sebagai manusia yang berbudi tidak memetik buah sembarangan, apalagi tanpa izin petugas. Juga jangan merusak pohon, maupun membuang sampah sembarangan di lokasi dan dimanapun juga sebenarnya karena akan merusak kelestarian lingkungan.





Jombang City Guide berharap akan ada agrowisata petik buah naga seperti di Gresik dan Jember. Semoga pengelola bisa mewujudkan harapan warga Jombang yang haus akan destinasi wisata. Mungkin Jombang City Guide akan update liputan ketika kunjungan ulang ke Kebun Buah Naga ini sesaat sebelum panen. Doakan.





Mulai Merekah
 

Kebun Buah Naga
Agrowisata PDP Panglungan
Dusun Sumberjo, Desa Panglungan
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Buka Hari Senin - Sabtu
Pukul 07.00 WIB - 14.00 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...