Minggu, 04 Maret 2018

Uniknya Bakso Durian dan Durian Bakar Bu Iis Marta Bareng


Kuliner ‘bernafaskan’ durian sepertinya makin merajalela di Jombang. Si Buah Berduri ini umumnya diolah menjadi minuman seperti Sup Durian, Es Degurian, Jus Durian, Kolak Ketan Durian, maupun Es Kopi Durian (asal jangan es kopi Vietnam deh). Lalu bila durian yang legit diolah menjadi makanan berupa Bakso Durian, seperti apa rasanya???



Sebagai kota yang makin optimis dengan duriannya, warga Kota Santri makin kreatif menciptakan aneka olahan Si Raja Buah dengan segala modifikasinya. Adalah Si Cantik Bu Iis Marta yang membuka Café Love Gym di Bareng yang melakukan inovasi pengolahan Si Raja Buah ini dengan mengkreasikan buah berkulit duri ini menjadi bakso durian.

Bu Iis Marta : Cantik seperti bule
Pembuatan Bakso Durian terinspirasi dari melimpahnya stok durian di Jombang ditambah lagi seluruh keluarga Bu Iis Marta adalah penggila durian. Karena ingin berbeda dan menciptakan keunikan kuliner, Bu Iis Marta mulai melakukan eksperimen  pengolahan bakso durian. Dari hasil trial Bakso Durian yang unik, akhirnya mendapat respon positif pengunjung. Varian menu yang berbeda dari bakso lain ini kemudian favorit pelanggan.

Cafe Love Gym
Berada di ‘balik’ Pasar Bareng, Café Love Gym penyedian Bakso Durian Bu Iis Marta tak sulit untuk ditemukan. Dari Pasar Bareng lali masuk Jalan LetJend Siswondo Parman depan Alfamart Pasar Bareng. Lurus saja hingga aneka banner café terlihat. Bu Iis Marta mengelola cafenya bersama seorang asisten, sedangkan suaminya yang menggeluti dunia body building membuka Aldiraga Gym di samping Café Love Gym.


Bersama suami mengelola bisnis
Cafe Love Gym yang menyediakan Bakso Durian Bu Iis Marta ini tak pernah sepi pengunjung. Penggila Si Raja Buah yang penasaran dengan bakso durian berasal dari berbagai kota seperti Kediri, Malang, Nganjuk, Surabaya, bahkan ada pula yang dari Palembang. Kedai bakso unik yang masih pertama ada di Jombang ini pun makin ramai karena banyak media lokal yang meliput sehingga Café Love Gym cukup terkenal di channel Youtube.

Bersebelahan dengan pusat kebugaran Aldiraga




Saat semangkuk bakso durian dihidangkan, sekilas penampilannya sama dengan bakso pada umumnya. Bedanya, tercium sedikit aroma durian dari asapnya. Ketika bakso dibelah, duriannya seakan muprul terlepas dari baksonya.

Duriannya muprul
Durian yang manis dan daging sapi yang gurih menciptakan citarasa yang aneh di lidah, tapi tak mengurangi keunikan dan kenikmatannya. Penggemar bakso dan penggila durian seakan dimanjakan dalam satu hidangan berupa olahan bola daging yang berisi durian asli di dalamnya.

Isi duriannya muprul




Pembuatan Bakso Durian ini dilakukan sendiri oleh Bu Iis Marta dan prosesnya sama seperti produksi bakso pada umumnya. Adonan Bakso dibuat dari daging sapi yang digiling lembut lalu dicetak dengan memberikan sebuah cekungan menggunakan kantong plastik. Cekungan yang dibuat saat pencetakan dimaksudkan sebagai tempat adonan daging durian sebagai isi bakso. Karena proses pencetakan ini, bakso durian tampak memiliki ruas-ruas di salah satu sisinya.

Ada guratan berupa ruas-ruas sisa cetakan

Si Raja Buah yang digunakan adalah durian segar yang dibelah lalu diambil dagingnya. Daging durian ditumis tanpa bumbu kemudian diolah menjadi adonan durian. Untuk untuk menjaga rasa durian asli, adonan diolah tanpa tambahan pemanis buatan, pengawet atau perisa makanan. Adonan durian dimasak dalam wajan yang sudah dipanaskan, supaya rasa durian tetap terjaga. Adonan inilah  nantinya dimasukkan ke dalam cekungan cetakan bakso yang sudah disiapkan sebelumnya.


Bakso siap disajikan

Setelah adonan bakso cekung diisi adonan durian kemudian ditutup kembali dan dibentuk seperti bola, lalu dikukus hingga masak. Setelah matang, bakso ‘dikumpulkan bersama rekan-rekannya’ di dalam panci bakso pada umumnya.


Bakso durian warnanya agak kekuningan

Penasaran dengan rasa Bakso Durian Bareng
Bakso Durian pun siap dihidangkan bersama mie, bumbu, kuah, sedikit seledri, keripik goreng, bakso kecil dan dua butir cilok. Semangkuk bola daging langka nan unik berupa bakso durian ini dibaderol seharga selembar sepuluh ribu rupiah, dan kini menjadi makanan andalan Kedai Bu Iis Marta.


Menu

Rupanya, Bu Iis Marta tak hanya menyediakan bakso durian saja di Cafenya. Olahan bakso original, bakso beranak, dan bakso selimut juga tersedia di kedai ini. Namun memang magnet pengunjung masih dipegang Bakso Durian, karena masih menjadi kuliner langka nan unik di Kota Santri. Keunikan Bakso Durian Bu Iis Marta masih satu-satunya di Jombang.

Banner

Di sisi minuman, sajian olahan durian juga tak kalah variatifnya. Selain kolak ketan khas Wonosalam, ada juga jus durian, durian siram dan durian bakar. Kolak ketan durian berupa ketan dan durian disajikan bersama dengan kuah santan. Kolak ketan sendiri, banyak dijual di berbagai kedai di Wonosalam.

Ketan Durian Bareng

Ketan Durian ala Bu Iis Marta

Kolak Ketan juga makin populer di Jombang terutama di Wonosalam setelah menjadi kuliner andalan yang menjuarai Kontes Kuliner Regional Jawa TimurMeski bukan di Wonosalam dan masih di Bareng, kita bisa menikmati makanan andalan lereng Anjasmoro ini di Kedai Bu Iis Marta. 

Smoothies Durian

Sedangkan jus durian yang sebenarnya smoothies yang terbuat dari durian segar yang diblender. Smoothies merupakan istilah yang digunakan untuk minuman yang terbuat dari buah yang diblender bersama air. Minuman berupa smoothies durian ini masih jarang di Jombang dan bisa dinikmati di Warung Tombo Luwe Wonosalam dan Keda Bu Iis Marta Bareng.

'Jus' Durian
Durian Siram



Durian siram juga salah satu menu langka dari warung ini. Durian siram merupakan potongan durian bersama ketan yang disajikan dengan dibubuhi keju dan susu kental manis coklat. Bisa dikatakan durian siram adalah ketan durian dengan topping keju-kental manis dengan sedikit atau tanpa kuah santan.

Dengan disiram keju dan susu kental manis coklat

Durian Topping Keju dan Coklat

Menikmati Durian : Enak ya dik????
Durian bakar juga tak kalah unik dan langka. Bahkan bisa dikatakan, inovasi durian bakar Jombang dimulai di Bareng. Terbukti Bareng kini mulai merangkak untuk makin populer sebagai jujugan wisata kuliner durian bakar karena ada dua penjual durian bakar di kecamatan tetangga Wonosalam ini. Dua penjual penyaji Durian Bakar itu adalah Bu Berta dan Bu Iis Marta.


Di Café Bu Iis Marta juga tersedia durian segar yang bisa dibeli, maupun dipilih untuk dibakar. Kita bisa memilih durian yang akan dibakar, antara durian utuh atau durian yang sudah dikupas, karena nantinya akan terkait besaran porsi. Jadi harganya akan tergantung dengan besar buah durian yang dipilih.

Durian bakar : Tergantung durian yang dipilih

Pastinya durian bakar di café bu Iis Marta adalah durian yang dibakar kemudian disajikan dengan beberapa buah lain seperti avokad, buah naga dan apel, lalu dibubuhi susu kental manis coklat di atasnya. Durian bakar ini bisa dikatakan mirip dengan salad buah durian.

Durian bakar siap saji

Durian bakar

Bayi Super : Penggila durian

Bertempat di Jalan Let.Jend. Siswondo Parman, Dusun Mojoanyar, Desa Mojotengah, Kecamatan Bareng, lokasi yang strategis mendukung Café Love Gym makin ramai karena berada tak jauh pula dari Bale Tani sebagai salah satu magnet pariwisata Jombang dan Wonosalam yang merupakan penghasil durian di kota yang menggunakan BERIMAN sebagai jargonnya.




Saat berwisata kuliner yang unik ini, kita bisa duduk di gazebo yang ada di depan Café Love Gym. Tampak mas-mas yang berbadan kekar berlalu lalang di pusat kebugaran yang dikelola oleh suami Bu Iis Marta. Menikmati aneka olahan durian dengan sambil menikmati pemandangan sawah yang hijau dan kendaraan yang berlalu lalang, merupakan kemewahan yang mungkin susah didapatkan karena target kerja di weekdays 😢.

Dik, bilang bapakmu jangan merokok terus. Yang terpaksa ngisep asapnya ini megap-megap!

Sayangnya, kadang ada penggila durian lain yang merusak suasana dengan menciptakan polusi udara yang meracuni pernapasan 😠. Untuk mengamankan diri dan bayi, Jombang City Guide pun mengungsi di bale-bale seberang kedai.

Pengungsi Korban Asap Beracun


Bu Iis Marta yang cantiknya seperti orang bule ini rupanya seorang business woman. Di bidang perkulineran ternyata Café Love Gym adalah cabang dari Warung Tombo Luwe Pucangrejo Wonosalam. Tak heran, menu yang disajikan ada kemiripan, seperti kolak ketan durian, jus durian dan durian bakar. Selain itu, di samping kesibukannya di kedai-kedainya, Bu Iis Marta juga melayani rias pengantin dan karnaval.

Langsung Kebanting nih : Jelas Kalah Cantik, Kalah Mancung 😆


Bagi yang kemalaman, tak sempat atau tak bisa menjangkau Wonosalam karena terlalu jauh, bisa mampir ke Café Love Gym untuk mengobati kerinduan makan Si Raja Buah atau membasmi penasaran dengan Bakso Durian sambil mencicipi sajian aneka olahan Si Buah Berduri ini di Café Love Gym.




Bapak vs Anak : Rebutan makan bakso durian

Masih penasaran??? Monggo mampir ke café Love Gym. Kalau andok di sini, ada wifi gratisnya juga lhow…. Sambil menikmati durian, mungkin mau body building sekalian di Aldiraga Gym??? Hehhehehe…..

Gimana, masih penasaran????
Bakso Durian by Bu Iis Marta
Café Love Gym
Samping Aldiraga Gym and Fitness
Jl. Siswondo Parman, Bareng
Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang
Buka Pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB
085607151155


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...