Jumat, 04 November 2016

Sensasi Dingin Makan Es Grem Mangkok Batok Kelapa


Yang suka makan es krim, hayo ngacuuung???!!?? Sebagai penggemar es krim, belum lengkap rasanya kalau tidak mencoba varian baru yang unik berupa ice cream yang disajikan dalam mangkuk batok kelapa segar. Tak hanya makanan saja yang bisa berevolusi, kini makanan penutup pun bisa menjadi lebih inovatif. Sesuai namanya, Es Grem Mangkok Batok memang disajikan dalam batok kelapa segar yang dibelah dan disajikan bersama dua scoop es krim yang dilengkapi topping. Wuih segarnyaaa…..



Cara penyajian dessert ini sebenarnya sangatlah mudah, miriplah dengan penyajian es degan bersama batok kelapanya. Kelapa yang digunakan adalah kelapa pilihan yang muda dan segar. Sebutir kelapa dibelah untuk jadi dua mangkuk porsi es krim. Daging kelapa muda dalam tiap mangkuk dikeruk, lalu diberi dua scoop es krim sesuai pilihan rasa pelanggan.

Kelapa Muda dibelah dan dikeruk dagingnya
Pemberian dua scoop es krim di masing-masing mangkuk


Diberi topping berupa bubur mutiara, dan astor

Pemberian nata de coco

Dikasih kacang kalau mau

Diuwur-uwuri susu kental manis coklat
Kita pun bisa memilih rasa mix scoop dalam satu mangkuk. Setelah itu dua scoop es krim dibubuhi topping berupa susu kental manis coklat, kacang bagi yang suka, nata de coco, dan butiran bubur mutiara. Tak lupa dua batang astor menghiasi pinggirannya hingga dari kejauhan tampak seperti sedotan. Hehehehhe…..

Kayak sedotan ya, xixixixi...



Awalnya ada sebelas rasa es krim yang ada di Kedai yang dinamai Frosty Eleven. Namun melihat animo penggemar, akhirnya lima rasa dieliminasi dan tersisa tujuh rasa unggulan. Tujuh rasa pilihan yang tersisa adalah Durian, Oreo, Strawberry, Mocca, Vanilla, Coklat dan Matcha Green Tea. Karena tujuh rasa tersisa, mungkin namanya harusnya berubah jadi Frosty Seven ya. Hehhehe… Favorit Jombang City Guide sih jelas rasa durian dan oreo, tapi tanpa topping kacang.


Frosty Seven : Tujuh varian rasa es krim

Semua es krim ini bukan es krim produksi massal skala nasional, tetapi dibuat sendiri oleh penjualnya. Rasa manis es krim tak terasa eneg karena disegarkan oleh irisan daging kelapa yang berasal dari dalam buah kelapa. Air kelapa yang berasal dari kelapanya pun disajikan dalam mangkuk kecil dan bisa menjadi minuman penyegar setelah menyantap es krim. Sudah segar, makin segar deh.

Air kelapa


Penjualnya kemudian memutuskan mengganti namanya dengan nuansa yang lebih ‘Indonesiawi’ kejowo-jowoan. Dipilih nama ‘Es Grem Mangkok Batok’, yang kemudian menjadi lebih hoki dibandingkan nama sebelumnya. Setelah berganti dengan nama yang lebih mudah diingat oleh manusia Indonesia spesies Jawa Timuran, akhirnya es krim ini makin populer di kalangan penikmat kuliner dan benak pecinta es krim di Jombang.


Penulisannya namanya pun bukan ‘es krim’, tapi ‘es grem’ untuk menyesuaikan pronounciation lidah Jawa Timuran yang kental ala nJombangan. Sedangkan ‘Mangkok Batok’ memang disesuaikan dengan mangkuk yang digunakan dalam penyajiannya. Nama ‘mangkok’ yang digunakan, sebenarnya lebih tepat disebut ‘mangkuk’ dalam bahasa Indonesia baku. Penulisan kata ‘mangkok’ juga mengikuti logat manusia Indonesia seperti pengucapan kata ‘kampung’ dan ‘Rabu’.




Kedai es krim ini sebenarnya mulai buka tahun 2014, dan kemunculannya bebarengan dengan es krim dalam pot. Saat es krim pot mulai meredup pamornya hingga punah tanpa jejak, es krim mangkok batok ini tetap bertahan dengan konsistensi keunikan dan gaya tropisnya.

Mangkok Batok Kelapa



Beberapa penjual sejenis, hanya menggunakan mangkuk batok yang bisa digunakan ulang. Sedangkan di Kedai Es Grem Mangkok Batok, mangkuk yang yang digunakan memang benar asli dari kelapa segar yang baru saja dibelah. 




Jangan khawatir akan penyajian batok kelapa ini karena setiap batok kelapa menggunakan kelapa segar yang baru dibelah saat pemesanan. Sebelumnya, kelapamuda tersebut Disimpan dalam lemari pendingin yang higienis dan selalu dijaga kebersihannya. Setelah dikonsumsi langsung buang.


Di kota lain, es krim mangkok batok menggunakan topping yang lebih beragam seperti choco chips warna-warni, marshmellow, pudding, pearl, maupun sereal. Di Kedai Es Grem Mangkok Batok, digunakan topping yang lebih sederhana seperti kacang, mutiara, susu kental manis dan nata de coco lengkap dengan dua astornya.


Kesederhanaan topping ini selain pertimbangan kemudahan untuk mendapatkan bahan baku, juga karena menyesuaikan selera warga Jombang yang kadang tidak terlalu suka tambahan makanan yang terlalu modern. Meski dengan topping sederhana, terbukti tidak mengurangi kemeriahan makan es krim bermangkuk batok ini.



Banderol harga yang ditetapkan di Es Grem Mangkok Batok juga tak terlalu mahal bila dibandingkan di kota lain. Sebuah kesegaran es krim unik bermangkuk kelapa dihargai mulai dua belas ribu rupiah, tergantung tipe dan mix rasanya.


Selain es krim, di Kedai Es Grem Mangkok Batok juga dijual bakso, mie ayam dan pisang crispy. Uniknya, bakso dan mie ayam disajikan juga dalam mangkuk batok, meski bukan dari batok kelapa segar. Mungkin pemilihan penggunaan mangkuk batok untuk wadah varian makanan supaya tidak menghilangkan unsur 'kedai bermangkuk batok'-nya.







Sedangkan Nugget Pisang crispy seukuran jari ini dinamai Pisang Jari Mbois dan menjadi favorit Jombang City Guide. Bahkan Bapak Jombang City Guide pun menggandrunginya karena rasanya yang enak dan renyah.







Berada sebuah rumah yang sudah dimodifikasi jadi kedai kecil di Jalan Brigjend Katamso nomor 11 A, lokasi Es Grem Mangkok Batok tak jauh dari lapangan Pulo dan KUA Jombang. Buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga malam pukul 19.00 WIB, café kecil ini lumayan menjadi jujugan warga Jombang yang ingin mencari jajanan unik yang menyegarkan.









Adik bayiiii

Es krim ini seakan memadukan kemodernan es krim yang berpadu dengan nuansa etnik tropis kelapa muda yang disajikan dalam mangkuk batok kelapa segar. Rasa manis yang menyegarkan memang sangat enak di tenggorokan, apalagi dinikmati saat matahari bersinar sangat terik.


Gak ngurus gigi sensitif wes, pokokE Sikat!!!

Penampilan yang cantik es krim tropis yang mengadopsi gaya es krim ala Thailand ini tentu sangat memikat. Jangan lupa dipotret dulu sebelum dimakan ya, lumayanlah buat ngiming-ngiming yang di rumah supaya yang lihat jadi ngiler semua. Kurang ajar temenan. Hyahahahahhaa….


Es Grem Mangkok Batok
Jalan BrigJend Katamso 11A
Pulo Lor – Jombang
081 231 9690 63

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...