Rabu, 19 Oktober 2016

Warung MiTro : Mie Pak Potro Mojoagung


Sreng... sreng.. sreng... bunyi spatula beradu dengan kompor yang tangkas dipegang oleh Sang Koki. Asap penggorengan membahana, aromanya sedap membuat yang sudah makan pun jadi ingin makan lagi...

Asapnya Kebul-Kebul

Ya, itu adalah suasana di depan Depot Mitra Mojoagung. Depot Mitra adalah Warung Mie milik Pak Potro yang ada di Jalan Raya Mojoagung, di samping Alun-Alun Taman Mojoagung. Apabila Anda ada di perjalanan Jombang arah Surabaya, sebelum Taman Mojoagung kiri jalan, depan Kantor Cabang BRI Mojoagung, kita akan temukan warung yang ramai oleh pelanggan-pelanggan yang lapar duduk manis mengantre di Warung Pak Potro.




Duduk Manis menanti pesanan

Buka mulai maghrib hingga sekitar pukul satu dinihari, warung ini tak pernah sepi andokers setianya. Warung ini rupanya diisi shift pagi yang menjual aneka makanan lain seperti rawon dan sayur asem. Jombang City Guide belum pernah mencobanya, tapi kami memang langganannya sama Pak Potro yang malam sih….



Selalu Ramai


Nama beliau adalah Pak Potro, yang membuka warung mie ini sejak tahun 1950. Mungkin masyarakat sudah sangat mengenal warung Pak Potro ini akhirnya menyingkat namanya menjadi Warung Mitra, Warung Mie-nya Pak Potro.



Jombang City Guide ingat, dulunya warung ini berada di deretan terdepan pasar Mojoagung yang kini sudah diubah menjadi taman kota karena mengalami kebakaran berkali-kali. Karena pasar Mojoagung sudah dipindah, dan ex-pasar sudah dialihfungsikan, warung ini kini buka di sebuah ruko tak jauh dari lokasinya terdahulu.



Ayah dan Kakek Jombang City Guide adalah penggandrung makan yang dijual di warung Patra ini. Bahkan Kakek Jombang City Guide yang rumahnya Brangkal Mojokerto sering sekali mengutus seseorang naik bis hanya untuk membungkus mie buatan Pak Potro ini. Jaman dulu gak ada Gojek sih, eh di Jombang sampe sekarang belum ada juga yey. Biasanya selain membeli Mie Pak Potro ini, Kakek Jombang City Guide juga membeli Rawon Rosobo. Wajarlah karena lokasinya berdekatan. Mesisan. Xixixi...


 

Mie Goreng yang dijual di sini adalah kuliner legendaris Jombang regional Mojoagung. Sebenarnya di shift malam warung ini tidak hanya dijual mie goreng saja, tapi juga makanan seperti nasi goreng dan mie godhog alias mie rebus yang juga tak kalah enaknya.




Stok Arang

Masih menjaga konsistensi dengan memasak diatas bara arang Mie Pak Potro ini tak pernah sepi. Kibasan kipas para kru bergantian menjaga arang tetap membara. Ketika ditanya, kenapa masih eksis dengan arangnya, mereka dengan mantap menjawab untuk menjaga citarasa dan warisan tradisi dari Abah (Pak Potro). 

Bergantian Mengibas Arang

Spesial Pakai Telor



Yang Jombang City Guide paling suka saat andok di sini adalah Anda bisa mengambil acar ketimun sepuasnya karena disajikan dalam mangkuk besar yang diletakkan di setiap meja, seperti layaknya kita bisa menikmati sambal dan kecap sepuasnya di tempat andok lain.

Acar Sepuasnya

Sabar Menanti

Bila andok di sini maka Anda sebaiknya sabar mengantre, karena banyaknya pengunjung lain meski makanan diolah dengan sangat terampil. Pelayanan lumayan cepat dengan para kru yang sangat sigap, santun dan ramah.



Kru yang santun

Makan sambil merokok

Selain itu harus sabar juga karena pengunjung lain terkadang terlalu asyik sendiri menghisap batangan racun yang dibakar, tanpa peduli pembeli lain seperti bayi dan anak-anak maupun orang-orang seperti Jombang City Guide yang kelagepen.

Berdiri aja wes
Kalau di dalam kelagepen rokok...
Selain itu Jombang City Guide selalu memesan makanan tanpa vetsin di sini, sehingga saat pengolahannya, Sang Koki tak membubuhkan bubuk MSG ke dalam hidangan kami.


Warung Pak Potro ini kini dikelola oleh Yodi Sang Cucu karena Pak Potro dan anaknya yang didapuk melanjutkan dinasti Mitro pun sudah meninggal dunia. Mengenai segi rasa, memang sedikit berbeda di masa Pak Potro, tapi itu sedikit sekali, tidak usah khawatir akan merasakan mie atau nasi goreng yang tidak lagi enak karena konsistensi rasa masih terjaga.

Yodi The Grandson

Lebih dari usia platinum perjalanan bisnis kuliner legendarisnya, kini banyak warung yang menjual menu sejenis di sekitar warung Pak Potro. Bahkan seorang mantan pegawai Pak Potro kini membuka warung yang sama di seberang jalan tempat Warung Pak Potro ini berdiri. Warung pegawai ini juga memiliki citarasa yang mirip dengan milik Pak Potro.




Tapi kalau ada yang asli kenapa pilih yang tiruan. Heheheh.... Hingga kini, warung Mitro Pak Potro yang legendaris ini, tetap berjaya dan yang paling dituju pelanggan. Oiya Pak, Jombang CIty Guide pesan tanpa micin lho ya!!!

 

Mas mas mas... aku pesen nggak pake micin lho ya....

Depot Mitra Pak Potro
Jl. Raya Mojoagung
Buka setiap hari
Pukul 17.30-01.30 WIB
085719226665


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...