Sabtu, 02 Januari 2016

Soto Dhog Kuali Ringin Conthong


Kota Santri Jombang BERIMAN, memang terkenal dengan Soto Dhognya. Tak heran memang di setiap sudut kota yang ayem tentrem ini banyak warung dan kedai yang menjual Soto Dhog kebanggaan warga kota Santri. Ada banyak penjual Soto Dhog di Jombang, sebut saja diantaranya Soto Dhog Stadion by Pak Mas'ud, Soto Dhog Pak Karman Pahlawan, Soto Dhog Pasar Senggol Bhayangkara dan Soto Dhog Ringin Conthong yang kali ini Jombang City Guide bahas.

Soto Dhog Kuali Ringin Conthong

Sebelum membahas mengenai soto legendaris ini, Jombang City Guide membahas mengenai soto doknya dulu. Soto Dhog, yang cara penyajiannya dengan menggebrak botol kecap asin di meja saji penjualnya sering mengagetkan para andokers yang belum paham ‘esensi’ keunikan makan di lokasi.
Para Kru yang selalu Siap Sedia

Sebenarnya Soto Dhog adalah soto daging yang mirip dengan Soto Lamongan, namun gebrakan botol kecap asin di meja saji-nya yang merupakan ciri khas dari soto ini. Seperti Tahu Bumbu yang sering dijual berkeliling dengan membunyikan panci dan berbunyi “Tek…. Tek.. tek…”, Soto Dhog merupakan representasi dari bunyi “Dok… dok… dok…” meja saji yang digebrak penjualnya saat menyajikan seporsi soto kebanggaannya. Tapi dengan logat Jawa Timuran, penulisan "dok" dirasa masih kurang mantabm, sehingga suapaya lebih menggelegar sering ditulis Soto Dhog. Biar mak bleger gitu rasanya. penambahan huruf "H" di tengah kata "Dhog" memang merupakan ciri khas logat Jawa dan untuk menghindari penulisan lain yang mengakibatkan salah arti karena mirip dengan bahasa inggris dengan makna yang jauh berbeda. heheheh.....




Karena dengan menggebrak itu, orang yang tinggal di Pulau Jawa bagian barat banyak menyebut makanan ini sebagai Soto Gebrak, yang memang sesuai dengan karakteristiknya, menggebrak meja saji dengan kecap asin.


Salah satu penjual Soto Dhog Legendaris di Jombang adalah Soto Dhog Ringin Conthong yang sudah berdiri sejak 1951. Dulunya, Soto ini digawangi oleh Abah Paemin dan bertempat di Taman belakang Pos Pantau KTL dekat Ringin Conthong. Karena adanya pembangunan taman kota, sehingga Soto Abah Paemin ini pun pindah di lokasi yang sekarang yang tidak jauh dari taman belakang pos pantau KTL, dimana Soto ini masih buka setiap hari sejak pukul 17.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Kecrutan Jeruk Nipis Penambah Selera
Meski Sedang Hujan Tapi Tetap Nikmat

Jombang City Guide pun masih ingat, setiap sore Bapak Jombang City Guide sering mengajak kami waktu kecil untuk makan di sini. Namun sejak jalannya menjadi satu arah karena pengaturan ulang lalu lintas, frekuensi mampir menjadi sedikit berkurang. Jadi bila Anda ingin menikmati soto ini, maka Anda harus menunggu jam lewat yang ada di rambu lalu lintas supaya tyida ditilang polisi, atau Anda perlu memutar lewat ke Jalan Flamboyan di samping Panti Werdha supaya bisa mencapainya.

Kuali Tradisional

Selain legendaris, soto ini juga masih mempertahankan keunikan yang patut diacungi jempol, yaitu menempatkan soto dhog-nya dalam kuali tradisional. Kuali ini memang tidak berukuran raksasa, namun cukup untuk menampung kebutuhan soto para andokers sekalian yang menjadi pelanggan setia Soto Dhog Ringin Conthong ini. Setiap Soto dalam kuali habis, maka akan diisi ulang kembali oleh para kru yang sepertinya adalah anak dan keturunan Abah Paemin.


Pak Adi yang Kalem dan Murah Senyum

Ya, memang kini Abah Paemin sudah meninggal dunia, dan soto ini kemudian dilanjutkan oleh putra-putrinya yang dipimpin oleh Pak Adi sebagai penyaji utama soto yang duduk di balik kuali tradisional. Dijual seharga Rp.12.000,- per porsinya, soto ini sama seperti Soto Dhog Jombang pada umumnya, dengan memberikan opsi tambahan aneka jerohan di tiap meja saji panjang.



Di samping soto ini terdapat meja kecil kedai minuman yang bisa melengkapi pilihan minuman para pelanggan setia untuk menutup acara makan di tempat. Meski Jombang City Guide belum sempat mencicipi, tampak kedai minuman ini menyajikan semacam minuman tradisional seperti jamu atau STMJ. Rasanya memang sangat tepat untuk menikmati aneka minuman ini, terutama Jombang City Guide yang sedang berkunjung saat hujan lebat.

Kedai Jamu

Namun karena kondisi adik Jombang City Guide yang tidak memungkinkan untuk berlama-lama di lokasi, mungkin perlu kesempatan lanjutan untuk menikmatinya. Mongga yang belum pernah mampirlah kemari, yang sudah pernah mampir lagi.... Hehhehehe........

Adik Kami Kedinginan karena Kehujanan

Soto Dhog Kuali Ringin Conthong
Jl. Seroja
Buka Setiap Hari
Pukul 17.00-22.00 WIB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...