Selasa, 05 Januari 2016

Kaos Abang-Idjo : Kaos Khas Jombang


Jombang BERIMAN sekarang makin gaya, karena sudah ada kaos asli Jombang yang memang mengeksplorasi potensi Kota Santri. Jombang City Guide sudah pernah bahas tentang kaos ini sebelumnya di sini, namun untuk versi lengkapnya kami bahas ulang lebih detail di halaman ini.




Namanya Kaos Abang Idjo, yang memang mengusung apa yang menjadi ikon Kota Santri ini yaitu warna hijau dan merah. Dirintis sejak 17 Agustus 2012 oleh pasangan suami istri muda yang berlatar belakang arsitek yaitu Pak Erwin Sudiyanto dan Ibu Rini Octaviana Rahayu, yang tinggal di Firdaus Regency J-14 Jombang. Memang kedua orang ini menggandrungi dunia desain, mulai desain bangunan sampai desain gambar.


Banyak kaos yang beredar di Jombang, namun belum ada yang khusus mengusung ‘about Jombang’. Selain itu banyaknya produsen kaos custom juga sekedar membuat kaos dan menuliskan ‘I Love Jombang’ meski bukan dari dan tanpa mengusung kebudayaan dan potensi Jombang. 


Meski demikian, kaos abang idjo juga punya desain 'I Love Jombang' juga lho...
Mengingat kala itu sama sekali belum ada kaos Jombang yang benar-benar mengusung kebanggaan akan Kota Santri ini, akhirnya ide-ide dari sepasang suami-istri Abang-Idjo ini makin bermunculan mengenai bagaimana menggali dan mengkampanyekan potensi Kota Santri lewat desain. Selain itu kebutuhan warga Jombang mengenai sandang yang khusus beridentitas kota kelahiran tercinta ini pun belum terpenuhi. Akhirnya dibuatlah beberapa desain awal yang mengusung potensi budaya Jombang.


Beberapa desain muncul dari ide yang sedang tren, lalu dimodifikasi dengan gaya dan apa yang khas dari Jombang. Awalnya hanya sepuluh desain yang dijual lewat online di kaosabangidjo.com dan lewat facebook page : Abangidjo, namun melihat sambutan meriah dari warga Jombang, maka lanjut membuat desain berikutnya.



Harga yang dibandrol juga tergantung jenis kaos dan bahannya, lengan pendek, panjang, atau lengan 3/4. Harga dibandrol mulai kaos yang diperuntukkan bagi anak-anak Rp. 45.000,- hingga untuk dewasa sampai seharga Rp. 105.000,- sesuai bahan dan desain. Kaos-kaos yang ada di Kaos Abang Idjo terbuat dari katun yang bagus kualitasnya, yaitu cotton combed dan cotton corded, sehingga tidak panas bila dikenakan di iklim tropis seperti di Kota Santri, atau di berbagai belahan bumi Indonesia lainnya. Hehehhe….



Bahkan ini sudah lebih dari 53 desain sudah diluncurkan. Tiap desain memiliki periode, dimana kebanyakan tidak akan diproduksi lagi bila stoknya telah habis supaya tidak terasa monoton.


Setiap Kaos Abang Idjo dilengkapi ciri khas berupa logo dan dua segitiga berwarna hijau dan merah. Logo berupa huruf ‘a’ dan ‘i’ yang merupakan singkatan abang-ijo yang merupakan warna khas Jombang, lalu direpresentasikan kembali dengan dua segitiga dengan warna senada.


Selain itu, setiap desain kaos dilengkapi narasi berupa penjelasan akan gambar dan kebudayaan yang diusung, sehingga setiap orang yang melihat kaos ini bisa membaca dan mengetahui informasi dan kisah yang terkandung dari gambar terkait.


Karena permintaan konsumen yang makin meningkat, kini Kaos Abang Idjo mulai melebarkan sayapnya. Selain dijual di kediaman desainernya di Firdaus Regency, kaos Abang Idjo juga dijual di toko Dekranasda Jombang di Jalan Soeradiningrat dekat alun-alun Jombang. 



Kaos khas Jombang ini juga menjadi kaos resmi Jombang dan digunakan oleh pemerintah Kabupaten Jombang dalam berbagai acara. Termasuk Badan Lingkungan Hidup Jombang, beberapa kali menggunakan kaos Abang Idjo sebagai kaos resminya untuk berbagai acara.


Dodit Mulyanto dengan Kaos Abang Idjo-nya
Saat digelar pameran dan event di Jombang, kaos Abang Idjo juga menjadi  kaos kebanggaan Jombang yang mewakili Kota Santri, termasuk sebuah acara komedi di Gedung PSBR. Dodit Mulyanto, bintang Stand Up Comedy yang sedang naik daun datang mengisi acara, dan mengenakan kaos Abang Idjo kebanggaan Jombang.


1 Oktober 2015, dengan bangga Kaos Abang Idjo membuka store khusus pertamanya di Jalan Kusuma Bangsa 47 Jombang, di sebelah Indomaret Kusuma Bangsa dan depan Togamas. Sebuah lapak kecil namun sarat akan ciri khas Jombang karena mengusung ikon-ikon Kota Santri tetapi didesain dengan setting gaya anak muda.


Store ini dibuka untuk menampung permintaan secara offline bagi konsumen yang ingin melihat langsung kaos kebanggaan Jombang ini. Buka setiap Senin hingga Sabtu pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.



Jombang City Guide senang sekali dengan kaos ini karena bisa dijadikan oleh-oleh. Selain sebagai oleh-oleh, bisa juga digunakan untuk ‘kampanye’ mengenai potensi dan kebudayaan Jombang yang memang belum banyak diketahui dan dieksplorasi publik.



Jombang City Guide sudah punya beberapa koleksi kaos Abang Idjo yang kami beli di kediaman desainer Abang Idjo langsung dan di Kotak Kecil Abang Idjo di jalan Kusuma Bangsa.



Kaos Abang Idjo juga sempat kami kenakan saat mengunjungi beberapa tempat  untuk beberapa liputan mengenai Jombang. Jadi bila Anda ingin mengetahui real pict-nya saat dikenakan di ‘manusia hidup’ bisa dilihat di sini, Mohon abaikan ‘pengguna’ yang berwajah rata-rata. Xixixixi… Diantaranya kami kenakan saat mengunjungi :

Keren kan kaosnya… Hehhehe……………
 


Ayo-ayo, kalau suka dengan satu desain, ndang dituku.
Kan diproduksinya secara terbatas…. Jangan sampai kehabisan.
Age-age lho yow….


Kotak Kecil Abang Idjo
Jl. Kusuma Bangsa 47
08123482055
kaosabangidjo.com
fb : abangidjo


2 komentar:

  1. Naaah, ini neh... bisa buat oleh2 khas Jombang. Mantaps....
    Ada edisi besut juga ya. Saya suka :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...