Kamis, 09 Agustus 2018

Kala Musim Panen Cengkih Wonosalam


Di tengah panen kopi, Wonosalam juga sedang berlangsung musim cengkih. Cengkih memang menjadi salah satu komoditas yang dihasilkan kawasan Lereng Anjasmoro selain salak, manggis, kopi dan durian.




Cengkih, yang merupakan bahasa Indonesia baku dari sejenis tanaman yang bunga dan tangkai bunganya menjadi salah satu bahan campuran untuk rokok selain tembakau. Cengkih yang sering dilafalkan cengkeh oleh logat manusia Indonesia, adalah memberikan bau harum yang membuat aroma batang rokok seperti mewangi, meski racun nikotinnya jelas mematikan saat dihisap.




Panen cengkih sedang berlangsung di Bumi Wonosalam, dimana pohon cengkih banyak tumbuh di setiap sudut Lereng Anjasmoro. Tampak hampir setiap halaman rumah menjemur cengkih hasil petiknya. Para wanita, duduk bersama sambil menyortir bunga cengkih yang sebelumnya telah dipetik oleh kaum adam.





Mereka tampak telaten menyortir satu demi satu batang dan bunga cengkih, yang nantinya  dikeringkan dahulu dengan cara dijemur. Setelah benar-benar kering, kemudian dikumpulkan ke pengepul setempat untuk dikirimkan ke produsen rokok nasional. Meski menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat, sumbangsih cengkih sebagai campuran bahan rokok yang mematikan masih belum disadari masyarakat.







Cengkih, jelas harus diolah dalam bentuk lain selain rokok, supaya masyarakat tak lagi menghisap barang haram yang merusak kesehatan diri dan keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...