Sabtu, 04 Agustus 2018

Panorama Anjasmoro via Good View Mendiro


Good View Wonosalam merupakan salah satu lokasi untuk melihat panorama kemegahan Pegunungan Anjasmoro dari sudut Dusun Mendiro. Sama halnya dengan Bulu View di Geopark Gua Sigolo-Golo yang juga menawarkan lansekap eksotis Gunung Anjasmoro dengan Puncak Kukusannya tetapi dari sisi Dusun Sranten. Good View dan Bulu View memang berada berdekatan dan masih dalam satu kawasan Desa Panglungan.


Bedanya, tak banyak wisatawan yang mengunjungi spot di Good View karena lokasinya cukup tersembunyi, bahkan belum banyak yang mengetahui eksistensinya. Good View bisa dikatakan sebuah balkon alam yang melihat panorama gugusan Anjasmoro dari sisi Dusun Mendiro. Berada di Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Good View berada dalam kompleks eduturisme Wisata Mata Air Dusun Mendiro.

Papan penunjuk jalan


Gapura menuju dusun Mendiro dari Jalan Joko Mujung

Lokasi Good View berada di dekat gerbang masuk Cuban Selo Lapis. Dari Jalan Joko Mujung Panglungan, masuk ke gapura yang ada spanduk Eduturisme Coban Selo Lapis. kemudian lurus naik ke atas hingga bertemu penunjuk jalan Wisata Mata Air Dusun Mendiro yang berwarna hijau. Di sepanjang perjalanan, banyak penunjuk jalan warna hijau ini sehingga pengunjung tak kesulitan menemukan arah.

Mobil gak bisa masuk


Untuk mencapai Good View, terlebih dahulu harus sampai di gapura Coban Selo Lapis. Di samping Coban Selo Lapis ada jalanan menurun dengan medan jalan tanah berkerikil tanpa polesan aspal apalagi beton. Jalur urban legend ini bisa ditempuh dengan jalan kaki atau mengendarai sepeda motor, mobil gak bisa lewat. Sekitar 200 meter dari turunan jalan, kita sudah sampai di Good View. Memasuki lokasi, tidak dipungut biaya.

Wonosalam Treasure Village

Sepanjang mata memandang

Saat Jombang City guide mampir, tak ada satu pun pengelola yang terlihat batang hidungnya.  Tak ada tanda-tanda kehidupan selain warga setempat yang sedang mencangkul di balik pepohonan bambu dan anak-anak yang bermain di sekitar gerbang. Tak ada warung yang menjual makanan pengisi perut yang mulai glodakan. Hanya kebetulan Jombang City Guide berpapasan dengan seorang penjual gorengan yang melintas. Lumayanlah buat ganjel weteng.

Ganjel weteng

Akses makadam
Untungnya, Mas Udin Sewu Siji yang merupakan penggerak #salamwanarimba #explorewonosalam datang dan mengatasi kebingungan kami. Menyusuri akses jalan makadam bin urban legend jadi lebih mudah. Mungkin lain kali sensasi keliling Wonosalam naik Gowes Motor buatan Mas Udin juga harus dicoba.

Jalur Urban Legend

Menyusuri hutan
Medan
Good View mungkin kurang menawarkan sensasi adrenalin maupun gairah konservasi yang identik dengan Dusun Mendiro sebagai desa Wisata Mata Air. Sebagai kawasan wisata edukasi, konservasi alam, dan pengembalian mata air, Good View mungkin agak sedikit terlupakan oleh para pengunjung yang sudah terpesona dengan fitur wisata lain yang ada di dalam destinasi di Dusun Mendiro.


Dalam kompleks Wisata Mata Air Dusun Mendiro dan Selo Lapis Ecotourism, banyak sekali destinasi yang bisa dinikmati para pelancong dari segala segmentasi. Bagi yang suka kesegaran air terjun bisa mengunjungi Cuban Selo Lapis yang diduga bagian dari kompleks candi pemandian para raja era Majapahit. Sedangkan para pecinta alam biasanya melakukan pendakian ke Bukit Selo Ringgit melalui paket wisata dengan guide yang kemudian dilanjutkan wisata kuliner Nasi Bumbung.






Para penggiat lingkungan dan pemerhati mata air Wonosalam yang sudah sangat kritis juga sering melakukan reboisasi hutan dengan penanaman Kemiri di banyak titik yang diawali dari Dusun Mendiro, termasuk yang berminat ingin melihat Mata Air Sumber Beji. Sedangkan para peneliti unggas bisa mengunjungi Bird Watching yang merupakan lokasi konservasi dan pengamatan burung hutan yang ada di samping Good View.

Pepohonan tinggi menjulang

Good View melengkapi kompleks wisata mata air dan edukasi konservasi alam di segmentasi pengunjung yang peduli lingkungan. Selain itu, Good View menawarkan ketenangan bagi pelancong yang ingin mencari keheningan dalam nuansa alam dengan menikmati pemandangan hijaunya hutan dan indahnya gugusan Pegunungan Anjasmoro.


Hutan Hijau Wonosalam

Memandangi panorama ciptaan Yang Maha Kuasa yang begitu memukau di Pegunungan Anjasmoro, para pengunjung juga tak boleh lupa mengucap doa melihat pemandangan indah yaitu :
رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka" (QS. Ali Imran : 191)

Eksotisme Anjasmoro dengan Puncak Kukusan yang ikonik

Balkon alam sederhana ini belum dilengkapi pagar sehingga belum ada pengaman untuk para pengunjung, jadi yang mau bunuh diri bisa langsung lompat aja wes. Meski fasilitasnya masih minim, lokasi sudah dilengkapi dengan toilet sederhana dan kursi bambu yang disediakan pengelola untuk para pengunjung.

Kursi bambu

Hamparan hijau


Kursi bambu di Good View bisa digunakan untuk duduk dan menghanyutkan diri dalam keheningan sambil memandangi indahnya panorama Pegunungan Anjasmoro.. Satu yang harus diperhatikan, jangan terlalu dalam hanyutnya karena awas kesambet.

Jangan melamun


Menghadap kemegahan Anjasmoro

Karena letak Good View dan Bulu View masih masuk satu kawasan desa Panglungan dan menghadap pegunungan yang sama, ada kemiripan pemandangan yang didapat. Meski demikian, Good View menawarkan ketenangan suasana dan ketenangan lokasi yang jauh dari hiruk pikuk wisatawan hedon nan alay. Meski saat weekend, Good View tetapi hening, serasa berada di lokasi wisata pribadi.  

Seperti wisata pribadi

Langit biru awan putih, terbentang indah lukisan Yang Kuasa

Tentunya, panorama paling indah hanya didapat ketika cuaca cerah dan langit tanpa awan, sehingga Puncak Kukusan yang ikonik bisa terlihat. Kebetulan Jombang City Guide berkunjung saat musim kemarau, sehingga sinar matahari bersinar begitu terangnya. Beberapa awan tampak menggantung di langit, namun momen yang pas didapat ketika puncak kukusan sedang tak tertutup kabut. Anjasmoro memang sangat istimewa.


Lokasi Good View yang tenang dan sesekali terdengar suara merdu kicauan burung hutan menentramkan hati. Tak jauh dari Good View di belakang kursi bambu terdapat semacam rumah bambu yang menyerupai menara pantau dan bisa dipakai berteduh di bawahnya. Rumah bambu ini digunakan sebagai sarana pengamatan burung hutan untuk kepentingan konservasi yang disebut Bird Watching.



Rumah Bambu
Ini apa sih


Memang, Wonosalam sudah terkenal sebagai kawasan dengan burung liar yang langka termasuk Burung Rangkong dan Merak Hutan. Tak heran, ilmuwan dunia sekelas Pak Alfred Russel Wallace yang mampir ke Lereng Anjasmoro sebelum tahun 1900an begitu terseksima selama kunjungannya. Dari kunjungannya dalam rangka pengumpulan spesimen flora dan fauna Wonosalam, burung merak tak luput dari pengamatan Sang Ilmuwan.


Pak Udin, ini apa ya?

Di dalam Bird Watching

Kini, pengunjung bisa meniru melakukan pengamatan burung langka ala Pak Russel Wallace di Bird Watching yang ada di dekat Good View. Tentunya, burung-burung liar itu tak melulu berdiam di satu tempat. Mereka pasti bebas berterbangan kesana kemari sehingga tak selalu pengunjung mendapatkan momen yang pas saat burung hutan itu lewat. Memang perlu kesabaran tingkat dewa dalam penantian dengan posisi standby dan mata melotot jika ingin melihat mereka di alam bebas.


Bagian dalam


Good View dan Bird Watching adalah bagian dari Wisata Mata Air Dusun Mendiro yang digagas oleh KEPUH dan ECOTON yang bekerja sama dengan Universitas Ciputra dan banyak pihak lain yang peduli konservasi hutan dan kelestarian lingkungan.




Entah kenapa dan siapa yang memberi nama spot ini sebagai Good View dan membangun Bird Watching, yang pasti pengunjung akan dimanjakan dengan panorama yang begitu menawan, sesuai dengan namanya yang berarti ‘bagus’ dalam bahasa Indonesia. Mungkin dengan pembenahan yang dilakukan Desa Panglungan di berbagai lini, tak heran akan muncul tempat wisata lain dan titik-titik view yang lain. Pretty View mungkin??? Hehehehhe……



Bird Watching & Good View
Kawasan Wisata Mata Air
Dusun Mendiro, Desa Panglungan
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...