Selasa, 01 Mei 2018

Sambel Durian Spesial di Warung Ijo Wonosalam


Warung Ijo Wonosalam yang berada di Dusun Sumberjo, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, adalah warung yang menyajikan makanan khas Lereng Anjasmoro seperti nasi jagung dan kolak ketan seperti di kedai-kedai khas Wonosalam lainnya. Berkonsep sebagau rest area, warung ijo membuat sebuah terobosan baru yaitu lalapan sambel durian. Sambel durian???!!! Piyeee rasaneee?!!?!!??




Lalapannya mirip seperti di Warung Bambu Asri dan Pecel Lele perak atau seperti lalapan pada umumnya, dengan pilihan nasi jagung atau nasi putih sesuai selera. Sayur lalapan yang dilengkapi dengan pete (bila ada stok), dengan bebek atau ayam goreng yang disajikan dalam cobek. Semua mirip dengan sego sambel lalapan pada umumnya. Tapi ada satu yang unik yaitu sambalnya yang ditambahkan durian segar saat pengulegannya.




Aneka elemen sambal sebelum diuleg

Pengulegan sambal

Menu aru : Ayam Sambal Durian

Mula-mula, elemen pembuat sambal dikumpulkan, seperti bawang-brambang, cabe merah, terasi, tomat, garam dan gula. Dalam fase inilah kita bisa request tanpa tambahan micin seperti yang biasa Jombang City Guide lakukan ketika andok.

Pembubuhan durian segar


Durian segar

Sambal  yang ada diuleg dalam masing-masing cobek sampai halus. Selesai diuleg, lalu ditambahkan durian segar di atasnya. Durian yang digunakan bukan durian kupas, melainkan durian segar,  yang fresh baru dibelah. Durian itu kemudian diuleg bersama sambal yang sudah jadi, dan voila! Sambel durian yang unik pun siap disajikan bersama lalapan.

Durian segar dalam sambal

Durian Segar diuleg dalam sambal

Sambal durian


Kebetulan pete dan bebek sedang tidak tersedia hari itu, sehingga Jombang City Guide hanya makan lalapan ayam sambel durian. Sambal duriannya agak tak terlihat karena tertutub ayam goreng dan aneka lalapan di atasnya. Tapi ketika dibuka, terlihat unik, karena di tengah sambal merahnya, ada putih ulegan daging durian.


Putih di tengah


Woooohhh bikin ngilerrr

Saat pertama kali mencobanya, rasanya unik. Seperti sambel lalapan pada umumnya tapi ada manis wangi durian ketika dimakan. Jadi aroma sambel dan durian berpadu menjadi satu. Agak aneh awalnya tapi enak juga karena Jombang City Guide pertama kali merasakan sensasi unik citarasa sambel durian.

Tadaaa.... Sambal Durian ala Warung Ijo Wonosalam 

Monggo dipun cobi

Nasi Jagung Lalapan Sambal Durian

Bila Bakso Durian ala Bu Marta memanjakan lidah penggemar bakso dan pecinta durian salam satu hidangan, maka sama juga dengan kreasi kuliner di Desa Panglungan ini. Lalapan Sambel Durian Warung Ijo Wonosalam seakan memanjakan lidah penggemar lalapan sambel dan penggila durian dalam satu sajian. Kalau istilah marketingnya, ini produk hybrid, yang multicitarasa xixixixi....

Lalapan Sambal Durian

Pedas

Mejanya Hijau, Gelasnya hijau juga

Namanya sambel pastilah pedas membakar lidah. Jombang City Guide memesan minuman berupa es teh yang begitu segar yang disajikan dalam sebuah gelas hijau. Oo… baru sadar rupanya warung ijo ini menggunakan hampir semua atribut warungnya dengan warna hijau. Sepertinya Pak Dwi dan istrinya menyukai warna hijau, dan menggunakannya untuk merek dagang warungnya untuk menimbulkan kesan di benak pelanggannya.


The Owner : Pak Dwi dan Istri

Warung Asri

Warung yang awalnya bernama Warung Asri, yang buka sejak tahun 1993 kemudian ‘menghijau’ menjadi Warung Ijo. Hijaunya warung ini terlihat dari beras ketan dalam kolak ketannya juga diwarnai hijau seperti tape ketan hijau. Termasuk catnya, piring, gelas, meja, alas vinylnya, hingga sepeda motor yang digunakan pemiliknya juga berwarna hijau! By the way, harusnya sambelnya juga jenis sambel ijo ‘kan ya?? Xixixi….. tehnya juga harus hijau ya??

Kolak Ketan Hijau Durian

Sepedanya hijau juga

Warung ijo ini awalnya sama seperti warung-warung penyaji makanan khas wonosalam pada umumnya. Inovasi sambel durian baru dilakukan tahun 2017, dan mendapat respon positif dari para pelancong yang berkunjung. Wajarlah, lokasi warung ijo tak jauh dari Agrowisata PDP Panglungan dan berada di km 12 Jalan Raya Wonosalam-Mojokerto yang merupakan jalur penghubung dua lokasi dataran tinggi wisata yaitu Pacet Mojokerto dan Wonosalam Jombang.

Rest Area Warung Ijo Wonosalam


Menu Kotokan Daun Racun


Konsep warung yang digabung dengan rest area juga berada dalam rute para pelancong, dan siap ‘menjebak’ mereka untuk mampir. Wisata kuliner sambil nunut sembujung dan isi bensin di Pertamini. Jadi rest area ini semacam one stop shopping bagi penggila durian yang melintas.






Jadi tak heran ketika kita andok di warung ijo, banyak kendaraan yang bersliweran memandangi kami yang sedang enak-enaknya melahap lalapan sambel durian yang unik ini, dan akhirnya mereka ketularan andok juga! Mwahahahahhaa…..

Bikin ngiler orang lewat

Nasinya ambil sendiri


Warung Ijo Wonosalam juga menjual hidangan lain yang disajikan secara prasmanan dalam etalase khusus. Misalnya ayam panggang, sate kambing, gule kambing, sayur lodeh, sayur rebung, sambel teri, urap-urap dan masih banyak lagi.

Etalase Makanan



Menu banner : Kotokan Daun Racun

Tentu saja Jombang City Guide tak ketinggalan mencoba nasi jagung yang nikmat dipadu dengan kotokan daun racun. Kotokan daun racun ini juga kuliner yang unik yang mungkin kerabat dari keong racun.

Kotokan Daun Racun


Hijau


Ada juga jenang durian dan jenang salak asli Wonosalam dan Peyek Bunga made in Wonosalam. Selain lalapan sambel durian dan hidangan lainnya ada pula durian segar dan pancake durian. Durian kupas juga tersedia dalam dua varians yaitu durian lokal dan Si Oranye Durian Simas yang katanya rendah kolesterol. Warung Ijo pun sering menerima order durian, durian kupas, bahkan nasi kotak dalam jumlah besar.

Jual Buah Durian


Tampaknya, kecenderungan sajian kuliner di Jombang condong ke segala hal berupa durian makin menjadi-jadi. Tak hanya minuman yang identik dengan manis, tapi juga berbentuk makanan yang menggandeng rasa gurih. Olahan Si Raja Buah ini diantaranya bakso durian, durian bakar dan kebab durian. Kelihatannya,kita bisa masukkan lalapan Sambal Durian ini ke dalam daftar sebagai sajian kuliner unik bernafaskan durian di Jombang.


Eits, Jombang City Guide bajunya pas ijo semua juga!

Setelah mampir di Agrowisata Panglungan, sebagai penggila durian yang tak pernah kenyang dengan durian beserta makanan olahannya, sensasi lain berupa lalapan sambel durian di warung ijo juga tak kalah uniknya patut dicoba. Warung Ijo bilang, “Jangan pernah cerita Wonosalam kalau belum makan di warung ini”. Jadi, tunggu apalagi????????


Warung Ijo Wonosalam
Jalan Raya Wonosalam-Mojokerto Km.12
Dusun Sumberjo, Desa Panglungan
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Buka Setiap Hari
Menerima Pesanan
081 235 480 885
IG : @warungijowonosalam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...