Minggu, 08 Oktober 2017

Rawon Janti Mojoagung


Tak dapat disangkal, Mojoagung memang punya banyak warung rawon yang mampu memanjakan lidah para penikmatnya. Sup Daging berkuah legam ini banyak ditemui di berbagai sudut kecamatan Mojoagung, dan makin banyak pula pilihan wisata kuliner rawon untuk para pecintanya. Salah satu warung rawon yang cukup ramai adalah Warung Rawon Janti Bu Sumarni.




Warung Rawon ini bisa dicapai dengan mudah karena lokasinya yang berada di jalan raya Janti menuju Mojowarno yang cukup ramai oleh para pengendara. Bila dari Jombang kota, kita lurus ke timur arah Mojoagung hingga menemui perempatan dengan tugu bambu runcing. Belok kanan ke selatan, dan menyusuri Jalan Raya Janti. Dengan ketelitian, maka kita akan menemui warung ini di kiri jalan. Awas kebablasen ya. Hehehhe…..

Rawon Janti Tampak Depan : Tersedia lahan parkir

Tak heran, rawon ini juga menjadi jujugan para pengendara yang melintas maupun para pekerja yang mergawe di sekitar lokasi. Warung ini selalu ramai oleh para andokers yang lapar, termasuk Jombang City Guide yang mengunjungi lokasi akibat 'hasutan' sanak keluarga yang sudah mengakui keunggulan rasa Rawon Janti ini.



Pengunjung silih berganti menghembuskan asap beracun

Merokok dimanapun, kapanpun

Karena banyak pekerja yang mayoritas pria andok di sini, warung ini super bebas merokok. Asap rokok berhembus dari mulut para pengunjung yang sukses mencemari udara yang dihirup pengunjung lain. Bahkan warung ini sepertinya menjadi lokasi sponsor vapor yang namanya mirip dengan merek obat nyamuk. Karena itu, adik bayi Jombang City Guide harus diungsikan ke luar ketika andok supaya tidak terpapar asap rokok beracun.

Evakuasi


Meski menjual nama Rawon sebagai menu andalannya, warung ini sebenarnya juga menjual makanan selain sup daging berkuah legam ini. Seperti warung rawon yang ada di Mojoagung pada umumnya, Warung Rawon Janti juga menjual nasi pecel, soto, sayur asem dan masih banyak lagi. Para pengunjung bisa memilih menu sesuai selera.

Menu


Kerupuk Uyel

Rawon di Warung Janti ini, bertipe daging suwir. Nasi rawon bertopping tauge ditemani kerupuk uyel cocok dinikmati pagi, siang maupun malam. Kuah hitamnya menjadi penyegar makanan yang menjadi sajian kuliner kebanggaan nusantara ini.

Kuah Hitam


Pelayanan yang cepat dan sigap oleh para kru memungkinkan pengunjung tak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati suapan pertama menu pilihannya. Tak perlu menunggu lama pula, seporsi Rawon Janti sudah tandas berpindah ke dalam perut Jombang City Guide. Hehhehehe…….

Limun Jeruk Segar

Sembari menunggu personel Jombang City Guide menghabiskan menu sotonya, Jombang City Guide meneguk minuman segar yang tentunya adalah es jeruk. Ya, disini tersedia varian es limun jeruk kesukaan Jombang City Guide. Memang, Jombang City Guide agak anti minum teh dan kafein sesudah makan. Kalau nggak terpaksa gak minum teh sesudah makan wes.

Soto di Rawon Janti

Makan Soto jangan lupa kecapnya Ikan Dorang

Setiap andok, Jombang City Guide lebih memilih es jeruk sebagai minumannya. Selain segar, es jeruk juga mengandung vitamin C yang bagus untuk tubuh maupun membantu percepatan penyembuhan sariawan yang sedang Jombang City Guide derita saat berwisata kuliner kemari.



Ngiler kan??

Warung rawon ini buka setiap hari, sayangnya Jombang City Guide lupa bertanya buka mulai pukul berapa karena sudah kelagepen dengan asap beracun. Nanti wes kalau kesini lagi, Jombang City Guide nanya ulang. Setidaknya, warung Rawon Janti sudah bisa dijadikan rujukan untuk andok maupun alternatif wisata kuliner di Mojoagung.



Mojoagung, sepertinya mulai menjelma sebagai sentra kuliner rawon. Banyak penjual makanan yang menjadikan rawon sebagai menu andalannya di Mojoagung. Misalnya Rawon Pas, Rawon Rosobo, Rawon Klentheng, Rawon Pojok, dan ada juga Rawon Bu Ida di Selorejo dekat Mojoagung yang kisahnya penuh inspirasi.


Mungkin Sentra Rawon Mojoagung ini bisa dimasukkan dalam daftar kawasan kuliner di Jombang, setelah ada Kawasan Kuliner Pecel Lele Perak, Kawasan Kuliner Mie Goreng Bandar, Kawasan Kuliner Kikil Mojosongo, Kawasan KulinerLontong Balap dan Degan Ijo serta Kawasan Kuliner Es Degavokarian.


Dapat dikatakan, Mojoagung bisa jadi destinasi wisata kuliner Rawon lho. Rawon Janti patut dicoba juga. Monggo mampir ke warung Bu Hajjah Sumarni untuk menikmatinya.


Rawon Janti Bu Hajjah Sumarni
Jalan Raya Janti Mojoagung
Buka Setiap Hari
088217146779

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...