Kamis, 07 Juli 2016

Wisata Kampung Durian Wonosalam


Berbeda dengan wisata kampung coklat di Blitar yang memang berkonsep sebuah areal wisata yang ada dan dikelola dalam satu area khusus, wisata kampung durian wonosalam tidak berada dalam satu wilayah khusus, tetapi berada dalam wilayah desa secara keseluruhan. Jadi pengertian Kampung Durian bukan sekedar nama merek, tapi sebuah kampung dalam artian sebenarnya.


Wisata kampung durian di Wonosalam, salah satu daya tarik pariwisata dari Kota Santri Jombang BERIMAN bertempat di Desa Sumber Kecamatan Wonosalam. Sebagai penghasil durian, di seluruh Wonosalam sebenarnya banyak penjual buah durian, namun di Desa Sumber inilah paling banyak terkonsentrasi lapak pedagang yang menjual buah durian hasil kebunnya.





Wisata kampung durian ini merupakan jujugan berupa sebuah kampung dimana banyak penjual durian yang menjajakan buah berduri ini di sepanjang jalan desa. Saat musim durian tiba, dimana buah durian melimpah, maka penduduk setempat menggelar lapaknya untuk menjual hasil kebun Si Raja Buah ini.





Para wisatawan yang melintas tinggal memilih di lapak manapun dan saling tawar menawar harga. Setelah deal, wisatawan yang membeli durian bisa langsung menikmati durian di lapak penjual.


Lihat Embernya



Pesta durian biasanya bisa dilakukan langsung di toko duriannya, sehingga  penjual sudah menyiapkan berbagai peralatan untuk para wisatawan yang menikmati duriannya di lokasi. Diantaranya pisau untuk membuka durian, bahkan ember untuk menampung kulit durian yang sudah selesai dibabat habis oleh para pembeli.





Memang, Wonosalam adalah penghasil durian yang cukup terkenal di regional Jawa Timur. Para penggila Si Raja Buah yang mampir ke Wonosalam pasti bisa menyaksikan langsung banyak pohon durian yang tumbuh di sepanjang jalan, bahkan di setiap pekarangan rumah warga.


Durian menggantung di pohon

Ketika Jombang City Guide berhenti di salah satu toko durian, di atas tempat kami parkir bergelantungan buah durian dari salah satu pohon. Mungkin saat buah ini masak dan jatuh, bisa menimpa siapapun yang sedang berada di bawahnya.  

Awas Kejatuhan Durian

Buah durian yang dijual disini juga berasal dari berbagai macam varietas. Diantaranya Durian Montong, Durian Mentega, Durian Jeni, Durian Simas, Durian Bajul, Durian Landak, Durian Kunir, Durian Sus, Durian Ketan, Durian Bawor, Durian Kerikil dan masih banyak lagi. Diantara varietas-varietas tersebut, tentunya Durian Bido adalah primadonanya.


Sempat beredar kabar adanya pembukaan Agrowisata Kebun Durian Wonosalam, yang lengkap dengan wisata petik buah durian langsung dari pohonnya, belanja bibit durian, maupun belajar cara berkebun durian, lengkap dengan berbagai fasilitas yang tertera seperti layaknya tempat wisata khusus.


  


Rupanya berita itu hanya desas-desus belaka, yang juga sempat menyesatkan banyak pihak karena sempat dimuat di sebuah situs pariwisata. Bisa jadi memang ada rencana pembukaan, namun sepertinya tidak jadi dibuka sebagai agrowisata kebun durian. Penonton Kecewa.




Supaya tak terlalu kecewa, mungkin bisa digantikan dengan wisata Kebun Salak Pak Farid atau Kebun Buah Naga yang juga tak kalah menariknya. Jangan lupakan bahwa selain penghasil durian, Wonosalam juga terkenal sebagai penghasil kopi ekselsa yang langka itu dan buah salak yang manisnya membuat Thailand iri.


Bergaya ala Bakul Durian


Selain itu, Buah Durian lokal juga harus berbangga terutama durian Wonosalam dan harusnya Thailand pun iri, karena rasanya lebih manis legit daripada buah durian montong. Durian montong terasa hambar meski dagingnya begitu tebal. Sedangkan buah Durian Wonosalam, dengan berbagai varietasnya, meski dagingnya tipis tapi rasanya lebih manis.

Adik Bayi Icip Durian ya..

Detik-detik seorang manusia mencoba Durian untuk pertama kalinya


Belum adanya areal khusus wisata kampung durian mungkin bisa menjadi ceruk pasar yang bisa diambil oleh para investor yang ingin menanamkan investasinya di Jombang, mengingat dunia pariwisata di Jombang yang sedang berkembang dan larisnya destinasi wisata di berbagai tempat karena tren traveling yang sedang digandrungi anak muda generasi milenial.






Menjamurnya destinasi wisata baru di Jombang makin membuat para penikmat durian ini tak rugi untuk mampir lagi ke Wonosalam. Sembari berwisata, bisa juga mampir menikmati durian di lapak-lapak pedagang di sepanjang jalan. Pesta durian bisa dilakukan di tempat, tapi jangan lupakan bawa oleh-oleh Si Raja Buah dari Kampung Durian Wonosalam.


 

Cemot Durian

Wisata Kampung Durian Wonosalam
Belanja dan Pesta Durian On The Spot
Desa Sumber, Kecamatan Wonosalam
Selama Musim Durian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...