Sabtu, 22 November 2014

Tahu Bumbu Mak Saromah Seroja

Tahu Telor Bumbu ala Mak Saromah Seroja

Tahu Bumbu, merupakan makanan olahan berbahan tahu khas Jawa Timur. Tahu bumbu, adalah tahu yang digoreng kemudian dibumbui dengan bumbu kacang yang diuleg bersama petis. Karena mengandung unsur petis di dalamnya, sehingga makanan ini memang merupakan favorit warga Jawa Timur. Karena hanya warga Jawa Timurlah yang sangat menggandrungi bumbu petis. Huehehhehe.....




Tahu Bumbu ini juga bisa diolah menjadi bentuk lain seperti Tahu Lonthong dan Tahu Telor. Tahu Lonthong adalah tahu bumbu yang ditambahkan lonthong untuk asupan karbohidratnya. Sedangkan Tahu telor adalah tahu bumbu yang saat proses penggorengannya  ditambahkan telur kocok sehingga mendapat unsur tambahan protein dalam sajiannya.

Tahu digoreng bersama telur
Tahu Telor Mak Saromah Seroja
Di pulau Jawa bagian barat, makanan ini sering disebut Tahu Tek karena sering dijajakan oleh rombong keliling sambil memukul-mukul penggorengan sehingga menimbulkan bunyi “thek.. thek...”. Pada umumnya menu Tahu Tek juga sama dengan aneka modifikasi tahu bumbu, hanya penamaannya saja yang berbeda. Selain itu, dinamai tahu bumbu karena tidak dijajakan keliling, sehingga bunyi tek-teknya hilang. Xixixixi.........

Warung Tahu Bumbu Mak Saromah
Jalan Seroja





Bila di Jogoroto ada Pusat Produksi TahuPong, di Jalan Seroja tengah Jombang ada kuliner olahan tahu bumbu yang cukup legendaris. Hehhehe.... Tahu Bumbu Mak Saromah namanya. Kenapa legendaris??? Karena warung tahu bumbu ini sudah buka sejak era ’80an dimana stasiun kereta api kota Jombang yang dulunya ada di jalan seroja masih beroperasi.

Mak Saromah


Dulunya, Mak Saromah ini berjualan di dekat pohon waru dekat Pasar Senggol Bhayangkara. Namun karena modernisasi dan adanya pembangunan stan-stan lapak, Mak Saromah pun pindah ke lokasi yang sekarang, dan menggunakannya bergantian dengan penjual Rujak Cingur. Penjual Rujak Cingur menjual rujaknya di siang hari, sedangkan Mak Saromah menjual tahu bumbunya di malam hari.


Menanti pesanan

Hingga kini, Warung Tahu bumbu Mak Saromah bersama seorang asistennya buka setiap sore menjelang petang dan menjual tahu bumbu, tahu lonthong, tahu telor dan nasi pecel yang dimasak langsung di hadapan para pelanggan. Dulunya, lapak tahu bumbu Mak Saromah juga menjual nasi pecel yang pedas sekali, namun kini sudah tidak lagi. Jombang City Guide sudah langganan di sini sejak rambut Mak Saromah masih hitam, hingga mulai memutih seperti sekarang.


Mak Saromah ini duduk di tengah tengah dikelilingi oleh aneka bumbu dan bahan yang akan diolah menjadi tahu bumbu andalannya. Di hadapannya ada uleg-uleg yang besar tempat dimana beliau menguleg bumbu petis dan kacang. Karena diolah ditempat, Anda akan ditanya oleh Mak Saromah berapa berapa cabe yang ingin dibubuhkan dalam bumbu petis kacang.




Racikan bumbu inilah yang menjadi andalan warung Tahu Bumbu Mak Saromah, karena selain petisnya mantap, racikannya selalu konsisten dari dulu hingga sekarang rasanya masih sama. Memang tangan Mak Saromah ini top banget meraciknya, sehingga lapak tahu bumbunya  selalu ramai dikunjungi pelanggan setianya. Dijual seharga Rp. 8.000,- per porsi tahu telor, sungguh tak rugi untuk mampir dan andok disini.

Yang Enak itu acarnya dan bumbunya

Aneka sajian di warung tahu bumbu Mak Saromah disajikan menggunakan pincuk daun pisang yang menambah kadar sedapnya makanan. Namun bila Anda ingin makan menggunakan piring seperti Adik Jombang City Guide, maka Anda bisa merequestnya langsung pada Mak Saromah.




Di Warung Tahu Bumbu Mak Saromah ini juga menyediakan minuman berupa teh hangat dan es teh, serta Es Janggelan yang menurut Jombang City Guide enak sekali.... :3. Yang bertugas membuat aneka minuman adalah asisten Mak Saromah yang merangkap sebagai petugas penggoreng tahu dan pengocok telur untuk Tahu Telor.

The Assistant 

Es Janggelan ajaib

Sayangnya, di warung tahu bumbu ini masih sangat tradisional, sehingga bila ada pembeli yang meracuni kesegaran udara dengan menghembuskan pembakaran nikotin seenaknya, tidak bisa dihindari. Bila demikian, maka lebih baik jangan makan di tempat, tapi dibungkus saja. *JOMBANG City Guide Anti-Rokok*

Ojok Rokoan ae tala pak


Okelah, monggo bila sedang lapar icip Tahu Bumbu di Warung Mak Saromah Jalan Seroja. Jangan lupa bungkuskan untuk orang rumah ya... Huehehhehe....


Request acar yang banyak ahh.....

Lombok berapa tadi mas?

Monggo dipun sakecaaken

Warung Tahu Bumbu Mak Saromah
Jalan Seroja, Jombang

Bumbu Petisnya Mantaaaphhhh..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...