Sabtu, 05 Mei 2012

Kebo Kicak Sang Minotaur


Tokoh Besut rupanya tak sendiri sebagai maskot Kota Santri. Adalah Kebo Kicak, sosok tokoh utama dalam legenda Kebo Kicak Karang Kejambon yang mendampingi Besut. Bila Besut merupakan tokoh dalam panggung seni pementasan, Kebo Kicak merupakan sosok legendaris yang dikenal dari pertarungannya bersama Surontanu dan Kebo Ireng.



Membaca kisah tentang Kebo Kicak tak akan ada habisnya karena ada begitu banyak versi. Mulai ulasan yang sudah dikemas dalam sebuah buku, kisah-kisah yang mengiringinya, maupun ribuan artikel kopasan yang tak terhitung jumlahnya. Mau nulis ulang kok lalar gawe. Tiap ingin mencari sudut lain dari kisah ini, selalu bertemu dengan tulisan yang sama persis, asal kopas yang seringnya tak mencantumkan nama penulis aslinya. Jadi rasanya tak perlulah Jombang City Guide ikut-ikutan kopas di sini.



Kebo Kicak
By Kaos Abang Idjo
Nama Kebo Kicak terdengar agak aneh, karena mengandung unsur sebutan hewan. Kebo, berasal dari bahasa Jawa yang artinya Kerbau, termasuk nama kicak yang lincah nan gesit dan kedengarannya seperti pose jingkrak ala mustang. Kalau dibayangkan lebih lanjut, rupanya tak hanya Kuda Ferrari yang bisa jingkrak, tapi Kebo Kicak ala Jombang yang bisa bergaya mustang.



Tentunya, sebutan ini pasti tak muncul begitu saja. Salah satu kisah menyebutkan dia durhaka kepada kedua orang tuanya, sehingga dikutuk hingga kepalanya berubah menjadi berbentuk kerbau.  Sedangkan kisah lain mempercayai, sosok Kebo Kicak memang seorang manusia yang tampangnya mirip dengan kerbau.



Dua hipotesis diatas bisa jadi benar. Namun bila ditelisik lebih lanjut, kebo Kicak tak sendirian sebagai tokoh yang menyandang nama berunsur kerbau. Ada Kebo Iwa yang merupakan panglima kebanggaan Bali, dan Kebo Ireng yang dipercaya sebagai rival Kebo Kicak dalam perseteruannya di Tebuireng, Cukir.



Nama-nama tokoh di masa lalu pun banyak yang mengandung unsur  sebutan hewan. Memang, di masa lalu banyak yang menggunakan nama berunsur hewan untuk menggambarkan keperkasaan sosok tokoh tersebut seperti gagahnya hewan yang diusung. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di timur tengah ketika zaman Rasulullah.



Di nusantara, tak hanya nama berunsur kerbau yang kerap digunakan, tapi juga lembu, banteng, buaya, kijang, bahkan gajah. Sebut saja Bajul Ijo yang kini jadi maskot Persebaya, Gajah Biru yang terkait kisah pertarungan Sungai Brantas di Tembelang, Gajah Mada yang begitu fenomenal akan kiprahnya menyatukan nusantara, Lembu Sora Sang Patih pemberontak, hingga Lembu Tal yang merupakan ayahanda Raden Wijaya pendiri Wilwatikta. Nama terakhir agaknya berunsur lembu, rupanya terkait gelar kebangsawanan yang begitu prestisius di masanya. Entah kebetulan atau tidak, tapi kedengarannya seperti nama hewan, ya???

Hewan kerbau, atau banteng saudaranya bahkan menjadi salam satu elemen dalam lambang Pancasila  dalam sila keempat. Kepala banteng ini melambangkan sosok hewan yang suka berkumpul. Dari 'perkumpulan' ini mereka berdiskusi dan melakukan permusyawaratan untuk mencapai tujuan terbaik. Sebuah perlambang kebaikan yang didapat dari sosialisasi masyarakat. 



Jombang City Guide sedikit membayangkan mengenai tokoh Kebo Kicak, dan bagaimana penampilannya. Digambarkan sebagai sosok yang hampir selalu dalam bentuk kerbau di tiap aksinya, mulai dari kaos hingga logo yang dipakai di kalangan muda di Jombang. Ikon kerbau ini sedikit mengingatkan tentang makhluk mitologi Yunani dan Romawi yang juga berbentuk kerbau atau banteng yaitu Minotaur.


Kerbau sama banteng sodara lah ya,

Minotaur adalah sejenis makhluk yang monster berbentuk manusia dan berkepala banteng, sebuah penggambaran yang sangat mirip dengan sosok Kebo Kicak dalam bayangan. Dalam mitologi Yunani, memang banyak hewan yang digambarkan setengah manusia-setengah hewan seperti Centaur yang setengah kuda, Satyr yang setengah kambing dan Minotaur yang setengah banteng.



Kisahnya berawal juga dari kutukan yang berasal dari Raja Kreta bernama Minos, yang tak kunjung mempersembahkan banteng pada Poseidon Sang Dewa Penguasan Lautan. Alih-alih mempersembahkan kurbannya, Sang Raja malah menyembunyikannya hingga Sang Dewa murka. Dikutuklah Pasifae istri Minos, yang singkat ceritanya melahirkan manusia berkepala banteng. Karena menjadi monster yang mengerikan dan suka memangsa manusia, Minotaur kemudian dikurung dalam labirin.


Jreeeeeng : Deng deng tak deng deng.....

Karakter Minotaur kerap muncul dalam kisah petualangan, terutama yang berkaitan dengan penelusuran dalam labirin. Jadi jangan heran saat bermain game, ketika masuk ke dalam stage yang ada hubungannya dengan labirin biasanya akan muncul sosok Minotaur sebagai lawan.


Percy Jackson melawan Minotaur

Manusia berkepala kerbau/banteng ini juga sering muncul dalam pertempuran besar dalam film-film kolosal dengan makhluk fantasi, seperti dalam pertempuran Narnia. Minotaur juga tamnpil dalam pertempuran melawan Percy Jackson, film dewa-dewa ala modern. Sedangkan penampilannya juga mempesona di Kung Fu Panda 3 sebagai Kai, Ksatria Giok yang sangat hebat.

Kai, Sang Ksatria Giok

Generasi penggemar kartun '90an pasti ingat serial Kera Sakti yang punya kawan seorang Siluman Kerbau. Dalam cerita itu, Siluman Kerbau digambarkan sebagai sosok yang kuat, meski takut sama istrinya. Kini, ada pula tokoh kartun bernama Tavros yang merupakan gambaran Minotaur muda yang keren dan super gaul pastinya. Tokoh ini bahkan kadang diperankan dalam bentuk perempuan yang penampilannya juga kerap diwujudkan dalam acara-acara cosplay.


Kebo Kicak ala Tiongkok : Siluman Kerbau dalam serial Kera Sakti

Tavros The Minotaur

Mbak Tavros saat cosplay

Meski Minotaur dan Kebo Kicak punya kisah yang berbeda, namun dari cerita yang beredar tentang keduanya punya banyak kesamaan. Mulai sosok yang lahir dari kutukan, hingga bayangan tampilannya yang berkepala kerbau, atau malah seutuhnya bertubuh banteng dalam tubuh perkasa.


Badan tegap dan perkasa

Penggambaran Kebo Kicak, akhirnya cenderung menjadi sosok yang memang mirip kerbau. Kini, sosok kerap digunakan sebagai maskot Jombang dalam event olahraga seperti sepakbola. Tak heran, julukan Laskar Kebo Kicak menjadi identitas yang melekat pada skuad PSID kebanggaan Jombang. Logo fans dan kostum maskot sering menggunakan sosok kerbau dalam penampilannya. Kebo Kicak dan Besut pun berdampingan menjadi dua maskot Jombang yang menemani Ringin Conthong sebagai ikon Kota Santri.



Jadi kalau membayangkan sosok Kebo Kicak yang gagah perkasa dengan segala pertempuran yang dilaluinya, Jombang City Guide sering membayangkan sosok Minotaur yang juga punya penggambaran yang serupa. Keperkasaannya meski bengis bisa menciptakan bayangan kengerian bila berhadapan dengannya. Hhmmmm…. Bisa jadi julukan baru untuk PSID Jombang lho. Laskar Kebo Kicak, The Minotaur! Keren ‘kan?!?!?

Bengis

LEGENDA KEBO KICAK
 The Minotaur van JOMBANG
Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur

Kai Si Kebo Kicak, Hehhehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...