Minggu, 01 Januari 2012

Kecap Ikan Dorang Kebanggaan Jombang


Kecap adalah salah satu bumbu tambahan yang menambah selera makanan bagi manusia Indonesia. Terbuat dari kedelai yang diolah menjadi sebuah adonan hitam legam yang manis legit rasanya. Bahkan untuk makanan-makanan tertentu, rasanya kurang nendang bila tidak ditambahkan kecap di dalamnya.


Kecap sebenarnya ada dua jenis, yaitu kecap manis dan kecap asin. Namun yang lebih populer di kalangan masyarakat adalah kecap manis karena biasanya langsung ditambahkan dalam sepiring makanan. Sedangkan kecap asin sering digunakan oleh para koki maupun juru masak untuk menghasilkan makanan kaya citarasa saat pengolahannya.

Ada banyak kecap yang diproduksi di Indonesia, bahkan ada sebuah paradigm dimana setiap kota memiliki satu kecap andalan yang dijadikan top of mind masyarakat setempat.


Di Jombang, kecap yang diproduksi kebanyakan memiliki nama yang bernuansa nama ikan. Sedangkan kecap lokal terdepan mungkin masih dipegang tahtanya oleh kecap Ikan Dorang, yang merupakan kecap legendaris yang sudah turun-temurun diproduksi di Kota Santri Jombang BERIMAN.


Jombang City Guide masih ingat betul saat ibu kami membawakan oleh-oleh berupa Kecap Ikan Dorang untuk nenenuk buyut yang ada di Mojokerto. Selain itu, adik ibu kami yang sempat berdomisili di Bontang, Kalimantan Timur pun akan selalu membawa oleh-oleh berupa Kecap Ikan Dorang setelah pulang dari mudik lebaran ke Kota Santri. Kecap Ikan Dorang memang layak dijadikan oleh-oleh terutama bagi penikmatnya yang setia.


Kecap Ikan Dorang kadang bisa kita rasakan saat berkunjung di berbagai sudut warung dan depot di Kota Santri Jombang BERIMAN. Kebetulan, saat berkunjung ke Warung Lesehan Bambu Asri, Jombang City Guide sempat memotretnya untuk ditampilkan disini.


Kecap ini diproduksi oleh Ir. Tony Hermawan dari UD. Ikan Dorang. Ada pula kecap ikan dorang yang diproduksi oleh Perusahaan Kecap Sumber Sari Jombang. Entah yang mana yang orisinil namun memang nama Kecap Ikan Dorang sudah menancap di benak warga jombang dan penikmat setianya.


Kecap Ikan Dorang ini masih diproduksi hingga kini. Terdapat dua jenis kemasan kecap yaitu kecap botol besar dan kecap botol kecil, dimana keduanya masih dikemas dalam bentuk botol kaca. Monggo bagi pemburu kecap lokal bisa mencoba kecap legendaries ala Jombang ini saat mampir ke Kota Santri…

Kecap Ikan Dorang
Kantor
Jalan Acmad Yani 35,
(0321) 863303
Pabrik
Jalan Gatot Subroto 8,
(0321) 861730


Berasa ingat Dori di Finding Nemo ya…. Hehehhe…….

1 komentar:

  1. Kantor Kecap Ikan Dorang berlokasi di Jl. A. Yani no. 12, Jombang, sedangkan kantornya berlokasi di Jl. Gatot Subroto no. 37, Jombang. Jadi tolong diganti alamatnya. Kalau no telp'nya sudah tepat.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...