Kamis, 09 Mei 2019

Kebun Binatang Mini di Villa Desa Pondok Jati


Mirip berada di sebuah kebun binatang mini adalah kesan pertama saat memasuki Villa Ponti. Destinasi ini cukup menarik dimana sebuah areal peristirahatan desa yang nyaman dan asri khas Wonosalam dikemas bersamaan dengan memelihara banyak hewan lokal dari pegunungan Anjasmoro.


Villa Pondok Jati atau lebih dikenal dengan Villa Ponti-dari singkatannya-, merupakan villa sederhana yang memang beberapa bagiannya dibangun dari kayu jati. Nuansa kayu memang menjadi salah satu bahan penyusun villa untuk memberikan kesan rumah kayu ala pedesaan yang nyaman.

Pak Simon

Pondok Jati

Villa Podok Jati merupakan villa yang dimiliki oleh Pak Simon yang berasal dari Ambon yang hijrah ke pulau terpadat di Indonesia ini. Sehari-harinya, Pak Simon bahkan sudah tinggal di Villa Ponti karena saking betahnya tinggal di Wonosalam yang khas nuansa pedesaan. Meski punya rumah di Malang, Mojokerto dan Surabaya, Pak Simon merasa Wonosalam tempat yang paling nyaman untuk menikmati suasana dan menyejukkan pikiran.

Disewakan

Terdapat beberapa pondok jati yang sudah jadi, lainnya masih dalam taraf pembangunan. Sedangkan satu villa yang terbuat dari bata kombinasi jati adalah kediaman Pak Simon selama ada di Wonosalam.



Villa-villa ini disewakan per malam dan bisa dijadikan salah satu alternatif penginapan saat ada acara di Wonosalam termasuk event tahunan seperti Kendurenan Durian yang menyedot animo masyarakat. Terdapat juga semacam pendopo yang bisa difungsikan sebagai hall, sehingga Villa Ponti bisa dijadikan sebagai alternatif lokasi pertemuan atau rapat.

Pendopo

Gazebo


Suasana lereng Anjasmoro semakin lengkap rasanya karena ada semacam kebun binatang mini. Di Villa Ponti memang ada banyak satwa lokal yang didapat dari kawasan lereng Anjasmoro, seperti burung biru cantik yang Jombang City Guide nggak ngerti jenisnya tapi kayaknya jenis cekakak biru, landak, ular, tupai, monyet, biawak, dan masih banyak lagi.

Apa itu?

Ada banyak kandang

Monyet lokal



Menggonggong terus : Untung sudah dikerangkeng.....

Di sini juga dipelihara hamster, itik, tokek, ikan, ayam, kalkun, kelinci, aneka jenis burung, maupun anjing yang jenisnya juga Jombang City Guide juga nggak tau tapi yang jelas kami takut kalau nggak dikrerangkeng. Jadi Villa Ponti ini jelas merupakan wisata yang sangat menarik untuk anak-anak.

Awas disosor

Hamtaro

Kolam ikan


Ayam bekisar??


Landaknya lagi sembunyi


Yang jelas, ada beberapa hewan yang Jombang City Guide takut sehingga maaf ya fotonya sekedarnya soalnya 4G alias geli-gilo gimana gitu. Sebenarnya sempat dipelihara macan gunung lokal di sini, namun kucing besar itu tampaknya tak betah dikurung sehingga berhasil kabur pulang ke rumahnya di hutan. Padahal Jombang City Guide pengen banget ya lihat… Apalagi Si Bayek yang dalam fase sedang senang-senangnya pengenalan jenis hewan.



Selain berbagai jenis hewan lokal, rupanya di Villa Ponti juga terdapat peternakan sapi perah yang nantinya akan diprospek untuk wisata edukasi. Sapi-sapi ini masih remaja usianya, dan kira-kira akan segera memasuki masa produktif. Sapi perah memang diprospek untuk diambil air susunya, sehingga program inseminasi buatan juga sedang dilakukan.





Nantinya, peternakan sapi perah ini akan dijadikan salah satu paket wisata edukasi untuk anak-anak yang berisi kegiatan berternak sapi seperti memberi makan sapi, memerah susunya (bila memungkinkan), dan membawa pulang susu yang diperah.  Selain itu, dari feses para sapi ini akan dimanfaatkan sebagai biogas yang semuanya tergabung dalam kegiatan pengenalan peternakan sapi perah. Wah, Jombang makin lengkap jadinya karena sudah ada wisata Kampung Sapi Perah di Galengdowo nih.

Memberi makan sapi

Karena ada banyak hewan, mampir ke Villa Ponti serasa wisata edukasi ala mampir ke peternakan sekaligus ke Kebun Binatang. Makin seru saat anak-anak bisa melihat langsung dan memberi makan hewan-hewan ini. Sebuah kegiatan yang sangat menarik bagi mereka dan sudah susah dijumpai di perkotaan.


Bersama Pak Simon : Semoga nular suksesnya


Selain dikonsep sebagai wisata edukasi, nantinya juga akan dibangun taman yang bisa dijadikan arena selfie, aneka tanaman termasuk durian laaah untuk kebun buah, dan jembatan sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan lembah dari kejauhan. Memang, Villa Ponti berada di lereng sisi Panglungan yang menghadap ke Mojokerto sehingga saat malam akan tersaji kelip-kelip lampu rumah penduduk Kota Onde-Onde. Kalau Jombang, kota apa ya??? Kota Soto Dhog???

Menghadap Mojokerto


Villa Ponti berada di lahan yang cukup luas, dimana terdapat mata air yang sumbernya cukup untuk penduduk sekitar. Mungkin mata air ini adalah salah satu dari sumber mata air yang masih tersisa di Wonosalam, semoga dijaga dan dilestarikan dengan baik, ECOTON mana ya??.




Nantinya, di sebelah Villa Ponti akan dibangun semacam klinik kesehatan untuk penduduk yang berfungsi seperti layaknya puskesmas. Jadi Pak Simon selain membangun destinasi wisata juga melakukan CSR dengan membantu menyediakan fasilitas kesehatan untuk penduduk sekitar. Sejujurnya Jombang City Guide iri banget yes, pengen juga bisa hebat kayak gituh, doakan ya.


Gerbang masuk Villa Ponti : Papan nama sudah dipasang kemarin tapi pas jatuh keterak angin.....

Lokasi Villa Ponti berada di Ngebruk, Dusun Sumberjo, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Ada dua villa di kawasan ini, namun villa satunya bukan untuk umum. Sedangkan Villa Ponti yang diprospek untuk destinasi wisata, lokasinya agak lebih masuk ke dalam dengan akses lumayan gronjal-gronjal dan melintasi hutan pinus. Meski demikian, jalanan ini bisa dilalui kendaraan roda empat. Pak Simon sudah berjanji akan memberikan nama jalan untuk daerahnya supaya lebih mudah dikenali.


Untuk menuju kemari, bisa bertanya pada penduduk setempat dimana lokasi dusun berada. Ancer-ancernya dari jalan Alas Gedangan menuju arah Wonosalam. Menyusuri arah Panglungan hingga berada di depan jalan tembusan belakang ke PDP Panglungan. Bila jalan tembusan itu  belok ke kanan, maka akses ke Villa Ponti di seberangnya masuk ke kiri.


Entah sebelum atau sesudah jalan masuk ke belakang PDP Panglungan, yang jelas Jombang City Guide lupa jadi lebih baik bertanya ke penduduk setempat adalah cara paling ampuh. Bila cara ini dirasa kurang mantap, bisa menggunakan bantuan panduan dari Mas Udin Sewu Siji seperti yang Jombang City Guide lakukan.



Destinasi ini memang belum banyak diketahui, namun sudah terbuka dan bisa dikunjungi kalangan umum, baik yang mau menyewa pondok jati maupun sekedar lihat-lihat. Memang belum rampung sepenuhnya, namun tetap bisa dijadikan jujugan untuk potensi wisata di Wonosalam. Para pekerja dan Pak Simon akan memandu dengan sangat ramah dan menunjukkan banyak hal yang ada di sana.

Bapak, aku nggak mau pulang...

Tak sabar rasanya menanti rampungnya pembangunan di Villa Ponti ini!


Villa Desa Pondok Jati
Ngebruk, Dusun Sumberjo, Desa Panglungan,
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Reservasi : 081333305450
WA : 087855456565

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...