Jumat, 03 Mei 2019

Es Krim Delyka : Nikmatnya Es Krim Citarasa Buah Lokal Wonosalam


Jalan-jalan ke Wonosalam memang tak melulu tamasya menikmati aneka destinasi alamnya, tapi juga wajib mencicipi aneka kulinernya. Sebagai kawasan yang subur, warga Wonosalam seakan diberkahi dengan aneka hasil bumi yang melimpah. Memang, Wonosalam identik dengan duriannya, tapi kopi, manggis, salak dan buah naga juga menjadi ‘kuda hitam’ yang diburu para wisatawan yang berkunjung ke Lereng Anjasmoro.


Makan durian telah jelas masuk jadwal, minum kopi ekselsa juga patut dicoba, belanja aneka buah-buahan dari para petani sudah pasti. Minum susu segar dari peternakan maupun seruput susu sehat nikmat, oke. Makan aneka olahan durian, boleh juga. Lalu kalau menikmati segarnya es krim buah asli dari pegunungan Anjasmoro??? Sudah pernah???

Dad, take me to Wonosalam

Adalah Warung Delyka Jaya, yang menyediakan es krim dengan aneka rasa buah asli dari bumi Wonosalam. Bahan dasar berasal dari buah-buahan asli yang tumbuh dari pohon di kawasan Lereng Anjasmoro. Bu Katiyam, merupakan orang yang menggagas pembuatan es krim home made ala Wonosalam ini.


Berawal dari pembangunan De Durian Park, Bu Katiyam bekerja sama dengan Pak Yusron pemilik Wisata Kebun Durian pertama di Wonosalam. Kolak ketan durian rasanya sudah terlalu banyak pesaingnya. Warung kopi ekselsa pun telah memiliki pangsa pasar tersendiri. Dari sini mulai dilakukan inovasi dengan membuat jajanan yang unik dan berbeda dari santapan lain yang ada di Wonosalam.

Bu Katiyam


Akhirnya didapatlah ide membuat es krim aneka buah-buahan khas Wonosalam. Selain pertama dan berbeda dari yang lain, inisiatif pembuatan es krim buah ini didapat dari inspirasi pemanfaatan panen buah-buahan bumi lereng Anjasmoro.

Wonosalam : Lereng Anjasmoro

Delika's Mom

Merek Es Krim Delyka, diambil dari nama putri Bu Katiyam yang bernama Delika. Sebuah nama yang cantik dan tak pasaran, sekaligus cocok dijadikan nama merek yang unik. Selain itu nama Delika dekat pula dengan kata ‘delicious’ yang artinya nikmat, dan diharapkan bisa mewakili citarasa industri es krim rumahan buatan Bu Katiyam dalam pembangunan brand image-nya.

Peti Beku Delyka : Ada empat rasa

Sementara ada empat jenis varian rasa es krim yang tersedia di peti beku Es Krim Delika yaitu durian, buah naga, pisang dan avokad. Bu Katiyam mungkin tak perlu khawatir tentang suplai buah-buahan untuk bahan baku es krimnya. Buah-buahan di Wonosalam cukup melimpah, sehingga bisa dikreasikan dalam berbagai jenis varian rasa buah. Pun jika salah satu jenis buah habis musimnya, bisa dicoba pembuatan es krim dengan varian rasa buah baru. Bu Katiyam pun sudah punya ide untuk membuat rasa kelengkeng, salak dan aneka buah lain.


Resep pembuatan didapat dari tutorial membuat es krim di youtube, kemudian dikembangkan dan dilakukan trial sendiri. Bahan-bahan didapat dari pasar setempat, banyak pula yang dari petani lokal yang langsung dari kebunnya. Tentunya, karena banyak yang langsung dari kebunnya, bahan dasar buah-buahannya jelas fresh dan pilihan pertama. Susu yang digunakan masih dari susu bubuk yang beredar di pasaran. Ke depannya, mungkin akan dicoba menggunakan susu murni dari peternak setempat.

Es krim Delyka rasa buah naga

Es krim Delyka rasa pisang

Es krim Delyka rasa Durian

Es krim Delyka rasa avokad

Yang jelas, saat pertama kali mencicipinya Jombang City Guide begitu menikmatinya. Rasanya seperti es krim-es krim pada umumnya, dan aroma buah cukup kental. Bisa jadi, karena home made dan asli dari buah-buahan lokal, es krimnya lebih cepat leleh. Saat leleh dan diminum, adonan es krim pun terasa seperti menyeruput jus buah. Benar-benar es krim buah sesungguhnya. Adik Jombang City Guide pun begitu menikmatinya.

Enak - Seger

Tampilan kemasan Es Krim Delyka pun sudah cukup menarik. Kemasannya berupa cup plastik dan kertas yang ditutup dengan cover plastik berstiker gambar buah dan keterangan rasa. Es Krim Delyka sudah ditempeli merek yang tampak modern. Peti Beku-nya pun sudah mirip dengan freezer es krim seperti yang ada di perkotaan, sesuatu yang sangat hebat untuk ukuran Wonosalam dari sebuah warung kopi sederhana.


Freezer es krim

Sementara ini, respon pelanggan cukup postif. Terutama dari para pengunjung De Durian Park yang sekedar mampir mencari jajanan di sekitar wisata kebun durian pertama di Wonosalam ini. Meski belum rampung seutuhnya, De Durian Park sudah banyak didatangi wisatawan selain untuk sekedar berfoto ria, banyak pula yang menghadiri acara yang dihelat di Kebun Pak Yusron. Dari situlah kebanyakan penikmat Es Krim Delyka bermula.

Sanbutan positif

Nikmatnya rasa buah asli

Beberapa distributor sudah mulai tertarik untuk menjadi agen es krim ala Lereng Anjasmoro ini, termasuk penjual es krim dari daerah Bareng yang rutin memperbarui stoknya. Bagi yang minat menjadi agen pun, sangat dipersilakan. Nantinya, Es Krim Delyka akan menjadi salah satu jajanan pengisi varian makanan yang ada di bale-bale De Durian Park. Freezer Delyka akan meramaikan petualangan kuliner para pengunjung De Durian Park.


Tepat di samping gerbang De Durian Park

Bagi yang ngiler menikmati es krim ini, bisa langsung datang ke Warung Delyka Jaya milik Bu Katiyam yang ada di samping gerbang De Durian Park di Jalan Cemorosewu, Dusun Segunung, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam. Akses jalan sudah berupa aspal, meski medan agak menanjak karena memang rute ini merupakan jalur menuju markas pendakian Anjasmoro puncak Cemorosewu via Pos Kancil.

Warung Delyka Jaya

Warung Delyka Jaya milik Bu Katiyam sangat mudah ditemukan, apalagi saat sampai di gerbang De Durian Park. Bagi yang malas bertanya ke penduduk setempat, bisa menggunakan panduan Gmaps menuju De Durian Park. Warung Bu Katiyam juga sudah dikenal penduduk setempat, apalagi nama Bu Katiyam yang agak tak umum karena nama sejenis biasanya tak diakhiri dengan ‘yam’, melainkan dengan ‘yem’. Hmm… Jadi Bu Katiyam ini mendingan dipanggil Bu Kati saja ya??? Katiy. Katie. Kathy. Katy. Katy Perry. Waity Katie – Kate Middleton. Bu Katy Perry. Bu Kate Middleton. Hehehhe… apaan sih.

Bersama Bu Katiyam Katy Perry Kate Middleton


Ketika foto-foto di De Durian Park, bisa sambil menikmati es krim Delika milik Bu Katiyam. Bisa menjadi alternatif ‘wisata’ kuliner tipis-tipis, yang sementara ini masih menjadi satu-satunya es krim asli dari dan buatan Wonosalam. Selain itu pengunjung juga bisa juga sekedar mencari mengganjal perut dengan andok bakso yang juga dijual di Warung Delika milik Bu Katiyam.

Ada baksonya

Andok


Tak perlu merogoh kantong terlalu dalam, se-cup Es Krim Delyka home made ala Bu Katiyam hanya dibanderol seharga selembar lima ribu rupiah. Sepadan dengan kemurnian buahnya yang tanpa tambahan perasa sama sekali. Jombang City Guide sudah incip semua rasa dan semuanya enak, makannya malah nambah-nambah. Es Krim Kelengkeng ala Kebun Kelengkeng Suwarno jadi ada saingannya nih.

Kamu lak mau es krim lagi se?

Senyum-senyum sendiri saking nikmatnya maem es krim


Makan es krim di pegunungan bukan masalah, makin nikmat dengan suasana sejuk ditemani suara cenggeret bersahut-sahutan. Malah pengen bawa buat oleh-oleh ala Wonosalam untuk orang rumah. Hmmm… mungkin jadi cair ya?? Wah-wah…… Apa perlu bawa igloo kecil ya???

 
Es Krim Delyka
Warung Delyka Jaya – Bu Katiyam
Jalan Cemorosewu, Dusun Segunung,
Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam
Buka setiap hari,
 Bu Katiyam - 0822 32 8999 11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...