Kamis, 07 Maret 2019

Partisipasi Manik-Manik Kaca Jombang dalam Koleksi Terbaru Rancangan Irna Mutiara



Secara ajaib berkat ridho Allah, Jombang City Guide punya kesempatan untuk bersua langsung dengan Bu Irna Mutiara dan Bu Hannie Hananto, dua perancang busana kenamaan di tanah air yang namanya sudah bergaung di panggung busana internasional.


Saat berjumpa pertama kali dengan kedua desainer kondang
Sebagai manusia dengan ide brilian dalam dunia mode, tentunya para perancang busana ternama ini sangat tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan pernik-pernik dan aksesoris. Kebetulan, Jombang adalah produsen manik-manik kaca yang unik dan bisa dijadikan penunjang karya-karya fesyen kedua desainer.


Singkat cerita, Jombang City Guide berhasil mengantar Bu Irna Mutiara untuk kunjungan kilatnya ke Sentra Manik-Manik Kaca Jombang dan melihat langsung proses produksi monte-monte dari beling kebanggaan Kota Santri.


Niqab kuning yang sangat cantik ❤
Griya Manik dipilih sebagai jujugan pengamatan produksi karena selain sudah kenal dengan pemiliknya, lokasinya yang mudah dijangkau dan proses pembuatan yang (boleh) bisa disaksikan secara live dengan aman dan nyaman. Nyaman menjadi salah satu pertimbangan karena masih ada penjual di sentra manik-manik kaca Gudo yang tidak memperbolehkan mengambil gambar produknya di lokasi.

Bersama Pak Loso pemilik Griya Manik

Bu Irna Mutiara yang ketika berkunjung mengenakan niqab dengan cadar kuning, datang ke Griya Manik dan langsung mengambil gambar untuk ditampilkan di instagram pribadinya. Dengan ditampilkannya produksi manik-manik kaca Jombang di instagram story Bu Irna Mutiara, seketika memunculkan rasa penasaran dan sambutan meriah oleh rekan-rekan desainer kenamaan tanah air yang lain.

Bu Irna memilih manik-manik kaca

Bu Irna kemudian mencoba membeli beberapa manik kaca berwana pastel untuk lini produknya seperti Irna La Perle yang memang identik dengan tampilan lembut nan elegan. Bu Irna Mutiara langsung mendapat inspirasi saat melihat kerajinan manik-manik kaca Jombang yang cocok disandingkan dengan salah satu lini merek Ina’s Scarf miliknya yang bernuansa etnik.

Bernuansa etnik, cocok untuk Ina's Scarf

Oleh-oleh cantik dari Jombang ini sudah melanglang buana ke berbagai penjuru Indonesia seperti Kalimantan dan Bali, serta menjadi komoditas cinderamata di sana. Bahkan, manik-manik kaca Jombang ini sudah melayani pesanan dari mancanegara seperti Jepang, Jerman, Swiss, dan banyak negara lain di Eropa. Sayangnya, tak banyak yang tahu bahwa produsen pernik-pernik cantik itu dari Kota Santri Jombang, Jawa Timur.

Cinderamata dari Jombang

Manik-manik kaca Jombang yang murni terbuat dari kaca, bisa dipesan secara custom dengan desain dan warna sesuai request dalam jumlah besar. Jadi para penggila aksesoris dan desainer pasti bisa berkolaborasi dengan para pengrajin untuk menghasilkan produk yang unik dan menarik.


Setelah kunjungan singkatnya di Kota Santri, Bu Irna Mutiara kemudian kembali mendesain berbagai ide uniknya yang dituangkan dalam karya-karya ajaibnya di berbagai merek naungan IM Co. miliknya.


IM Syari X Dhini Aminarti adalah salah satu koleksi terbaru karya Bu Irna Mutiara dari lini IM Syari yang launchingnya digelar di Hotel Aviary Bintaro, Tangerang Selatan. Dari namanya saja, terlihat Bu Irna menggandeng Dhini Aminarti sebagai ikon yang karakternya paling sesuai dengan produk IM Syari yang lembut, klasik dan natural.


Ternyata dalam launching panggung busana itu, Dhini Aminarti mengajak serta rekan-rekan selebritis papan atas Indonesia yang juga telah berhijrah dan mengenakan hijab seperti Cut Meyriska, Fairuz Rafiq, Zeezee Shahab, dan Mulan Jameela untuk memperagakan koleksi gaun cantik Bu Irna Mutiara.


Para selebritis cantik itu menjadi model yang menampilkan busana syari rancangan Bu Irna Mutiara yang begitu menawan. Dengan warna pastel dipadu hijab multikhimar yang bisa dikenakan menjadi lebih dari 20 gaya, artis-artis ayu itu terlihat makin mempesona. 



Hijab Multikhimar

Tak disangka, manik-manik kaca pastel buatan Jombang dijadikan salah satu ornamen dalam aplikasi payet di koleksi terbaru dalam launching IM Syar’I X Dhini Aminarti. Manik-manik kaca Jombang ternyata hadir menghiasi lengan baju yang jelas terlihat di gaun cantik Cut Meyriska dan Mulan Jameela, dan payet di busana Zeezee Shahab. 
Koleksi terbaru bernuansa warna blewah itu tampak begitu cantik dan lembut, dan ornamen dari manik-manik kaca itu terlihat unik.

Ornamen manik-manik kaca asal Jombang dalam payet di gaun rancangan Irna Mutiara

Detail payet dari manik-manik kaca Jombang
Manik-manik kaca Jombang yang awalnya terlihat begitu sederhana, disulap oleh tangan dingin Bu Irna Mutiara menjadi ornamen yang mengiasi gaun cantik karyanya. Sentuhan ajaib dari desainer kenamaan tanah air ini, menjadikan manik-manik kaca Jombang naik kelas karena berkesempatan tampil dalam peragaan busana yang disaksikan oleh deretan orang penting di tanah air.


Memang, dalam launching IM Syari X Dhini Aminarti ketika itu, hadir pula Nur Asia Uno, Zaskia Mecca, Tasya Nur Medina, Dewi Sandra, Lidswell Kwok, Ria Miranda, dan nama-nama beken lainnya yang tentunya ikut menyaksikan peragaan busana koleksi terbaru Bu Irna. Meski ikut andil sebagai detail kecil, tapi pastinya kerajinan manik-manik kaca Jombang sudah ‘ikut nampang’ hingga dapat kesempatan turut disaksikan oleh para pakar bergelut dalam dunia fashion busana muslim tanah air berkat gaun cantik rancangan Bu Irna Mutiara.




Dengan ambil bagiannya manik-manik kaca Jombang dalam koleksi terbaru rancangan Bu Irna Mutiara, tentunya kerajinan ini bisa unjuk gigi karena turut menjadi salah satu ornamen yang digunakan dalam rancangan desainer kondang tanah air. Kedepannya, diharapkan monte-monte beling karya Kota Santri ini bisa menjadi rujukan pemanis desain dan aksesoris untuk melengkapi tampilan fashion designer kenamaan Indonesia lainnya.


Terlihat detail payet dari manik-manik kaca Jombang di lengan Mbak Mulan Jameela

Satu misi tercapai : memperkenalkan manik-manik kaca Jombang pada desainer papan atas negeri ini. Selain itu, satu mimpi Jombang City Guide mengajak desainer papan atas tanah air untuk menggunakan manik-manik kaca dalam koleksinya sudah digapai. Semoga kerjasama antara desainer dan pengrajin ini berlanjut dan merambah ke perancang lainnya.


Masih ada satu harapan lagi, yaitu manik-manik kaca Jombang dapat dikenal oleh dunia fashion mancanegara sehingga bisa tampil dalam runway internasional. Semoga segera terwujud, doakan.

Detail payet manik-manik kaca Jombang tampak di lengan Mulan Jameela
Bu Hannie Hananto dan desainer kondang lainnya, hayuk kapan mampir juga ke Jombang???

Cantiknya Mbak Mulan Jameela : Orangnya cantik, gaunnya juga cantik

Manik-Manik Kaca Jombang
dalam gaun rancangan Irna Mutiara
IM Syari X Dhini Aminarti

1 komentar:

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...