Selasa, 02 Oktober 2018

Wisata Batu Pelangi Wonosalam



Sesuai namanya, Wisata Batu Pelangi memang dihiasi batu yang dicat warna-warni ibarat pelangi di sepanjang mata memandang.Baru saja dibuka tahun Juni 2018, destinasi baru di Wonosalam ini menawarkan wisatakeluarga dan menyajikan kolam renang sebagai fitur utamannya. 



Bebatuan bercat warna-warni


Ada banyak destinasi wisata yang menggunakan nama Batu Pelangi, dan Wonosalam memiliki salah satunya. Berada di Dusun Ganten yang kerap disebut Jarak Tegal oleh penduduk setempat, Wisata Batu Pelangi masuk dalam kawasan Desa Jarak yang ada di wilayah Wonosalam Selatan. Lokasinya bertetangga desa dengan Sumber Banyu Biru di Ngembag, Wonomerto.



Wisata Batu Pelangi Wonosalam

Jangan sampai kesasar ke Malang, Cikao Park Purwakarta, Lombok Timur, atau ke Polewali Mandar karena di luar sana ada seabrek destinasi wisata dengan nama yang sama dan menawarkan fitur serupa berupa bebatuan yang dicat ala pelangi. Bahkan di kota sebelah, ada pula wisata bertema pelangi pula, namun lebih cenderung ke potensi perbukitannya. Jadi jangan sampai salah, Wisata Batu Pelangi Wonosalam ala Dusun Gantenlah yang merupakan milik Jombang yey


Batu-batu dicat aneka warna

Take me to Wonosalam : Kebalik kaosnya mas

Cat pelangi

Selamat datang di Wisata Batu Pelangi

Akses jalan sebagian masih terjal meski sudah bisa dilalui mobil. Sebagian sudah diaspal, meski jalan sempit dan cukup berkelok di samping tebing. Di sisi lain, jalan berupa batu berjajar masih sedang dalam pengerjaan dan pembangunan. Semoga akses jalan segera selesai ya…




Karcis fotokopian

Untuk berwisata di Wisata Batu Pelangi, pengunjung dikenakan tarif sebesar lima ribu rupiah per orang. Sedangkan lokasi parkir berada di samping luar area wisata dengan tarif di luar tiket masuk. Tarif per orang ini dibayarkan di meja karcis yang berfungsi sebagai loket di depan gerbang masuk. Memasuki gerbang, ada tangga menurun lalu disambut dengan ‘monumen’ Tugu Pelangi.

Lokasi Parkir Motor

Loket

Gate

Tangga menurun dari gerbang



Mirip Taman Pelangi Surabaya

Tugu Pelangi ini didesan mirip Taman Pelangi yang ada di Surabaya. Bedanya, bila di Surabaya tugu bermodel hampir roboh ini berwarna pelangi karena efek lampu LED yang berpendar di malam hari, Tugu Pelangi di Wisata Batu Pelangi memang berwarna pelangi. Selain itu tugunya bukan terbuat dari batu atau semen.

Taman Pelangi ala Wonosalam


Monumen Pelangi


Tiap-tiap tugu yang dicat berwarna-warni yang sebenarnya bukan terbuat dari batu ini mengucurkan air ke kolam ikan di bawahnya. Ikan mas berwarna merah dan oranye menghiasi kolam dan menjadi daya tarik bagi anak-anak. Sebuah hiburan tersendiri, melihat ikan sambil memandangi air yang mengucur di tiap tugunya.

Mengucurkan air

Ada ikannya

Hiburan kecil untuk anak-anak


Wosata keluarga

Nuansa alam

Suasana Wisata Batu Pelangi memang benar-benar asri dan menyejukkan. Lokasinya yang berada tepat di samping sungai dengan batu-batuan yang besar di sepanjang sungai, sehingga selain bisa berenang-renang di kolam renang, para pengunjung juga bisa bermain air di sungai kecil di sampingnya.


Jalan setapak bebatuan menuju Sungai Berbatu

Sungainya sangat dangkal, aliran airnya lembut dan banyak bebatuan besar di sepanjang mata memandang. Jadi berfoto ria dengan latar batu-batuan raksasa pasti sangat keren dan bisa mendulang like yang melimpah. xixixixi…

Sungai Berbatu


Iki Wonosalam rek, gitu kali ya captionnya…



Batuan besar

Ada dua kolam renang di Wisata Batu Pelangi, keduanya tak terlalu dalam dan relatif dangkal untuk ukuran kolam renang. Anak-anak bisa bermain di kolam dangkal sedangkan orang tuanya bisa menikmati kolam renang untuk dewasa. Saat Jombang City Guide berkunjung ke Wisata Batu Pelangi, tampak beberapa orang tua yang tak ikut berbasah-basah ria sedang menunggui anaknya berenang di tepian kolam dan di sekitar kolam.


Dua kolam renang

Menunggui Si Buah Hati


Penantian para orang tua

Wisata Batu Pelangi juga menyajikan wahana lain yang bisa dinikmati pengunjung. Ada deretan aquarium berisi aneka ikan hias dan beberapa lobster dan udang. Aquarium ini cukup menarik untuk anak-anak dan bisa menjadi sarana edukasi untuk mengenal jenis-jenis ikan dan makhluk perairan. Area aquarium berada di samping kios yang menjual aneka jajanan dan menyediakan persewaan otopet kayuh.

Area akuarium


Dialog antar ikan : Kita tetanggaan yey

Lobster


Udang




Kios jajan dan persewaan otopet

Armada Otopet Kayuh

Memang, wahana otopet disewakan oleh pengelola sebagai fitur lain yang bisa dipilih oleh pengunjung segmentasi anak-anak. Mereka bisa memainkan skuter kegemaran Po dalam serial Teletubbies ini dengan berkeliling di sekitar air mancur yang menghiasi taman kecil di tengah lokasi Wisata Batu Pelangi.

Sedang berotopet






Berkendara dengan otopet

Taman bunga di sekitar air mancur tampak begitu indah, bahkan karena saking elok kembangnya terlihat seperti dari plastik. Sungguh, Jombang City Guide awalnya mengira ini bunga bohongan. Tapi setelah menyentuhnya langsung, wuaaaah.... ternyata asli. Ndeso banget ya, baru kali ini melihat bunga secantik ini secara live!


Taman bunga

Seperti plastik

Gilaaa ini bunga betulan lho,

Masyaallah cantiknyaaaa

Beberapa pohon serut dibentuk menyerupai aneka hewan seperti gajah, jerapah, kancil, dan masih banyak lagi. Para orang tua yang bersantai juga bisa menikmati suasana di taman ini karena pengelola juga menyediakan tikar untuk pengunjung di bawah pohon rindang.

Berbentuk aneka hewan


Coba tebak ini hewan apa??

Selain tikar-tikar untuk bersantai, payung-payung berwarna-warni yang bisa digunakan para pengunjung, juga menghiasi beberapa sudut lokasi. Tampak matching dengan aneka bebatuan yang dicat berwarna-warni sesuai dengan nama tempat wisatanya.

Payung Warna-Warni




Taman membentuk busur pelangi

Wisata Batu Pelangi juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang pengunjung untuk menikmati lokasi. Seperti beberapa gazebo, toilet dan kamar mandi bagi para pengunjunga yang ingin membersihkan diri setelah mentas dari bermain air, musholla, dan beberapa kios yang menjual aneka makanan. Menu yang ditawarkan berkisar nasi jagung dan penyetan wader ala Wonosalam, disamping aneka snack dan minuman dalam kemasan ala kios-kios pada umumnya.


Gazebo

Mini Musholla


Musholla inside

Kamar Mandi

Sayang gak bisa lihat dalamnya soalnya lagi full


Warung makan dan Menunya


Pengelola memilih membangun lokasi wisata Batu Pelangi di sebuah lembah yang dekat dengan sungai dan mata air. Air kolam di Wisata Batu Pelangi mengalir langsung dari mata air yang tak jauh dari lokasi. Mata air itu, dipompa lalu dialirkan ke kolam melalui pipa. Sedangkan, lokasinya yang tak jauh dari jembatan beserta sungainya, memungkinkan para pengendara yang melintas bisa melihat suasana Wisata Batu Pelangi dari kejauhan.

Spanduk panjang membentang

Dari kejauhan

Sungai penuh bebatuan








Para pelancong

Bagi para pelancong yang mungkin ingin menambah centang dalam koleksi daftar kunjungan wisatanya di Wonosalam Wisata Batu Pelangi harus menjadi destinasi selanjutnya. Wisata Batu Pelangi, bisa jadi alternatif untuk para pengunjung yang mungkin kehabisan tempat duduk di Wisata Sumber Banyu Biru karena saking crowdednya. Lumayan ‘kan, sebagai pelipur lara. Tak rugi sekalian mampir karena jarak kedua destinasi ini tak terlalu jauh dan berada dalam satu jalur.


Alternatif pelipur lara


   
    

  

Hayooo…. Sudah punya koleksi foto di Wisata Batu Pelangi atau belum?? Kalau adek bayi sih sudah…



Wisata Batu Pelangi
Dusun Ganten / Jarak Tegal, Desa Jarak
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Buka Setiap Hari
Pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB

2 komentar:

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...