Senin, 01 Oktober 2018

Republik Coffee : Jujugan Pecinta Kopi di Wonosalam


Tentunya sebagai kawasan penghasil kopi langka, Wonosalam juga tak melulu menyajikan kopi mentah untuk para penikmatnya. Selain menjamurnya rumah penggilingan dan pemrosesan kopi, ada pula tempat ngopi yang asyik dan menjadi jujugan para penikmat kopi ala Wonosalam. Jombang City Guide pun mengunjungi salah satunya yaitu Café Republik Coffee Wonosalam.


Tempat cangkrukan para pemuda di Wonosalam ini berada tepat di seberang Agrowisata PDP Panglungan setelah pindah dari lokasi sebelumnya di sebuah kafetaria yang dekat dengan  pertigaan Sumberjo. Lokasi lama yang berhubungan dengan Jalan Joko Mujung tak jauh dari tempat baru, dan masih berada dalam satu dusun yaitu Dusun Sumberjo, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Part of Wonosalam Treasure Village

White Wall

Untuk mencapai tempat cangkruk remaja Wonosalam yang paling hits ini, kita bisa menggunakan jalur paling dekat lewat Alas Gedangan. Dari arah Jombang Kota, bisa menuju pertigaan terminal Mojoagung. Belok kanan ke selatan, lurus saja. Sebelum jembatan Mojolegi, belok kiri mengikuti papan petunjuk arah menuju Agrowisata Panglungan. Ikuti jalur menuju Wonosalam dengan menyusuri Alas Gedangan. Saat melalui Alas Gedangan, kita akan melalui destinasi yang juga patut dikunjungi yaitu Wana Wisata Gua Jepang.

Seberang Agrowisata PDP Panglungan


Dari pertigaan Sumberjo, ambil belok kanan menuju Agrowisata Panglungan. Republik Coffee Wonosalam berada tepat di seberang pintu gerbang PDP Panglungan, di sebuah rumah dengan warna kelabu.

Rumah Kelabu


Banyak sepeda motor terparkir


Di depannya banyak motor pengunjung yang terparkir, dan taman kecil yang dilengkapi dengan sebuah hammock. Rombongan Jombang City Guide dengan penuh kegembiraan menggunakan hammock itu sebagai arena bermain.

Hammock berlatar Gerbang PDP Panglungan


Arena bermain

Karena baru saja pindah pasca lebaran idul fitri, Republik Coffee Wonosalam juga masih melakukan banyak pembenahan dan penyesuaian di tempat baru. Warung kopi yang dirintis oleh Dian Uyut ini belum kembali normal seperti sebelumnya. Lembaran menu belum tersedia, dan semua masih melanjutkan fase beres-beres. Mungkin semuanya akan kembali seperti sedia kala dalam beberapa waktu ke depan.



Meski masih berberes lokasi, beberapa atribut yang ada di kafe lama juga diusung dan dipasang di lokasi baru. Beberapa gambar dan karya maupun testimoni juga dipajang di dinding, semacam wall of fame gitu maksudnya mungkin ya. Xixixi.... Dengan mengusung gaya anak muda gaul pecinta kopi, Republik Cofee memang memposisikan diri sebagai jujugan utama para pemuda untuk hangout dan minum kopi di Wonosalam.











Jejak Kopi

Sebagai tempat ngopi di kawasan penghasil kopi, Republik Coffee pastinya menyajikan aneka minuman berkafein. Semua bisa dinikmati sesuai selera, baik kopi ekselsa khas Wonosalam maupun kopi robusta dan arabika yang juga tumbuh di beberapa daerah di Lereng Anjasmoro. Bahkan, varian kopi liberika yang sama langkanya dengan kopi ekselsa juga disajikan di kafetaria ini.

Kopi ekselsa

Kopi Ekselsa Wonosalam

Si Langka Liberika

Mau kopi arabika yang strong, oke. Pilih kopi robusta yang asam, bisa. Seruput kopi liberika, boleh. Incip kopi ekselsa khas wonosalam yang citarasanya tengah-tengah malah dianjurkan. Tapi dengan catatan harus siap segala resiko dan menerima akibatnya bila kecanduan kopi ekselsa karena rasanya yang unik.  Xixixixi….


Bapak, aku mau kopi jugakk...
Adek gak boleh ya, masih keciiil....
Ya wes aku tak maem yang banyak biar cepat besar jadi boleh minum kopi ya
Adek kalau minum ini boleh, ini namanya Jus Mangga. Enak 'kaaan...
Hu'um... glek glek glek,,,,

Modifikasi menu kopi juga bisa diorder di Republik Coffee. Misalnya kopi jahe, kopi susu, campuran arabika-ekselsa, dan berbagai bentuk modifikasi lainnya. Es kopi maupun kopi susu juga siap diorder. Es kopi Vietnam?? atau Es Kopi Vonosalam??? Hehehehhe....



Seruput...


Di Republik Coffee Wonosalam, meski menu unggulannya adalah kopi asli Wonosalam, para pengunjung lain yang tak menggandrungi kafein hitam juga tetap bisa seruput minuman lain. Tak hanya aneka kopi yag ditawarkan, tapi juga beragam minuman non-kopi seperti es coklat, teh tarik, es taro ungu, es milo, smoothies yang kerap disebut jus oleh orang Indonesia, dan minuman berwarna lainnya.

Disandingkan dengan Non-kopi


Es Taro Ungu


Ada satu yang begitu unik, dimana tiap meja diberi botol berisi gula yang bisa digunakan oleh para pengunjung sesuai selera. Selain itu, tiap menja juga dilengkapi dengan gelas air untuk tanaman sebagai bagian dari dekorasi penambah nuansa hijau diantara ruangan yang berwarna kelabu.

Botol Gula


Uniknya, tiap gelas 'mengandung' ikan 'gatul' kecil di dalamnya. Jadi kalau nggak sengaja nyenggol gelas tanaman mungkin ikannya juga kaget ya. Xixixixi... Kalau itu mah biasa, yang gawat itu kalau salah minum. Seperti mau minum dan ambil gelas es taro tapi meleset ambil gelas tanamannya yang berisi ikan. Wooh seru pastinya. Mwahahahahaha....

Awas salah ambil ya

Awas salah minum lho ya,

Selain minuman, kadang juga tersedia varian makanan seperti nasi goreng, mie goreng, maupun mie pedas yang begitu judes sesuai ketersediaan menu. Memang, setiap hari menu makanan bisa jadi berbeda-beda, ‘sesuai menu hari ini’. Jadi kadang hari ini tersedia nasi goreng saja, sedangkan di hari lain tersedia mie judes yang pedasnya luar binasa. Sorry gak sempat motret Mie Judes karena mulut nyonyor tingkat dewa.

wonosalam.id


Para pengunjung yang andok di lokasi kebanyakan adalah pemuda-pemudi setempat yang butuh tempat hangout karena sudah terlalu bosan dengan semua destinasi yang ada di desanya. Kafetaria ini juga sudah dilengkapi dengan wifi terbatas sehingga para pemuda bisa menggunakannya untuk bertarung dalam dunia game online dengan kawannya.



Busy Couple

Dua orang barista dengan amunisi yang cukup lengkap siap sedia melayani pengunjung. Ada alat penyeduh kopi, penyaring ampas, pengocok krim, maupun blender untuk orderan smoothies. Semua diracik di tempat denga penuh ketelitian untuk menjaga citarasa.

Meramu kopi







Karena ketelitian proses penyeduhan ini, mungkin pengunjung harus menunggu lebih lama untuk penyajian. Bagi para pelanggan yang didominasi remaja setempat, penantian ini bukan masalah karena tujuan mereka ke Republik Coffee memang untuk cangkruk dan berlama-lama di kedai kopi ini.




Selain menjual kopi siap seruput, di Rebublik Coffee ini juga dijual kopi bubuk dalam kemasan yang murni hasil dari produksi warga setempat dan penggilingan kopi lokal. Tersedia pula varian roasted bean dan green bean untuk para penggila kopi yang sudah punya alat giling sendiri di rumah.




Kopi-kopi lokal Wonosalam ini dijamin murni full kopi, dan membuat para peminum kopi sachetan melupakan kopi yang penuh tipu daya itu. Kopi khas Wonosalam, dijamin mengakibatkan para  penggila kopi terbius karena keunikannya.




Republik Coffee juga sering bergabung dalam even-even perkopian yang ada di Wonosalam untuk mengenalkan eksistensi kopi unik khas Wonosalam. Selain itu, kru Republik Coffee Wonosalam juga merupakan admin dari page Aigoo Wonosalam di instagram yang mempromosikan destinasi-destinasi yang ada di Wonosalam dan mengambil banyak bahan dari artikel di Jombang City Guide.



Tak hanya surga durian, Wonosalam juga destinasi bagi para pecinta kopi. Sebagai penghasil Kopi Ekselsa yang langka dan warisan kolonial, Wonosalam akan selalu dirindukan oleh penggila kopi asisa yang kecut-kecut nikmat ini. Warung kopi ini juga salah satu destinasi kuliner utamanya bagi penikmat kopi saat berkunjung ke Wonosalam.




Di seberang Republik Coffee juga ada destinasi Agrowisata PDP Panglungan yang penuh dengan hamparan pepohonan hijau dan sebuah telaga yang disebut Danau Kepluk Oleh Penduduk setempat. Ada kebun buah naga dan Taman Kehati untuk melihat spesies tanaman langka. Bila musim durian tiba, ada banyak lapak pedagang durian yang menggelar dagangannya, tak jauh dari gerbang PDP Panglungan.




Jadi saat berkunjung ke Wonosalam ketika musim durian, bisa mencoba sensasi tolet durian ke kopi ala Pak Sujiwo Tejo. Tertarik mencobanya? Atau incip durian yang dimasukkan ke dalam secangkir kopi?? Eh serius lho, kopinya jadi creamy dan aroma duriannya tak kalah sama kafeinnya. Walah, aneh-aneh ae… tapi penasaran, ‘kan???


Republik Coffee Wonosalam
Dusun Sumberjo, Desa Panglungan,
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Buka Setiap hari : Pukul 09.00 WIB – 24.00 WIB
085745241673 / 085257751273


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...