Jumat, 13 Juli 2018

Cangkruk Minum Susu Sehat di Warsuhat


Di tengah naik daunnya popularitas kopi Wonosalam dan merajalelanya kafetaria bernuansa kafein, kawasan lereng Anjasmoro kembali mengejutkan para wisatawan dengan hadirnya WarSuHat, yang merupakan kependekan dari Warung Susu Sehat.



Alih-alih turut menawarkan kopi sebagai sajian utamanya, Wasruhat malah menyediakan susu murni segar yang notabene kebalikan dari kopi. Bila kopi dianggap sebagai minuman yang bikin mata melek dengan segala efek sampingnya, susu hadir sebagai minuman yang unyu-unyu nan menyehatkan.




Seperti umumnya warung susu, Warsuhat menyajikan aneka varians susu murni dengan segala pilihan rasanya. Selain susu, juga tersedia kopi sachet dan aneka biskuit maupun snack kemasan yang terpajang di etalase warung susu yang baru saja buka pasca lebaran.



Varians susu segar dibedakan antara susu dingin dan susu hangat, yang bisa dinikmati sesuai situasi dan selera oleh para pengunjung. Semua susu murni itu bahkan diberi nama yang unik yang pada aslinya merupakan singkatan dari susu murni dengan varian rasanya. Yang membuatnya makin menarik, akronim itu akhirnya kedengaran seperti nama orang Jawa yang umumnya berawalan ‘Su’. Misalnya Sulastri, Sukaryo, Sukarmi, Sumargo sampe Sunat yang sebenarnya malah bukan nama orang.

Menu


Susu murni itu, diberi perasa sesuai request para pengunjung. Pilihan rasanya ada banyak, mulai plain, hazelnut, karamel, melon, hingga strawberry. Dari rasa-rasa tersebut, nama susu kemudian disingkat dan digabung menjadi sebuah akronim nama. Kreatif!



Kebetulan Jombang City Guide memesan hazelnut, strawberry, dan caramel, dan lupa memesan melon. Akhirnya varian warna untuk potret susu murni jadi ada yang kurang unsur sejuknya. Segelas susu murni di warung susu sehat ini, dibanderol setara selembar lima ribu rupiah.

Kurang satu : Rasa melon



Ketika pertama kali diseruput, ada sedikit rasa jahe di dalamnya. Tapi sedikiiiiiit sekali.  Jombang City Guide nggak suka jahe, tapi kali ini kami toleran terhadapnya karena rasanya samar-samar dan tidak terlalu tajam. Olala, menurut Mas Warsuhat, rupanya pembubuhan jahe di setiap susu ini untuk menghilangkan rasa amis dari citarasa susu murni. Dan benarlah adanya, karena ‘serpihan’ jahe ini rasa susunya jadi makin nikmat.




Suasana warung yang masih baru, terlihat sangat asri dengan hiasan bunga di halamannya. Kontur tanah subur ala bumi Wonosalam tampak mendukung keasrian bunga-bungaan yang tumbuh di kanan dan kiri warung. Bahkan ada sebentuk sudut taman yang ditanami membentuk kata ‘WARSUHAT’ dengan uniknya.




Lahan parkir yang luas masih belum tersedia, meski demikian halaman Warsuhat masih mencukupi untuk dimasuki satu mobil dan beberapa sepeda motor. Di halaman juga terdapat kursi kayu yang dilengkapi dengan payung warna-warni sehingga pemgunjung bisa menikmati minum susu di antara indahnya taman bunga.




Warung ini menyediakan wifi berbayar dengan tarif Rp. 2000,- sepuasnya. Seperti lokasi cangkrukan pada umumnya, pengunjung lain pun tetap merokok meski berada di warung susu. Jadi mungkin bagi yang membawa anak kecil, perlu menghindarkan para buah hati dari asapnya.






Bila menuju ke Warsuhat, bisa menuju ke Ekowisata Taman Banyumili lanjut lurus ke atas ke arah Resort Kampoeng Djawi (Warsuhat berada di antara dua tempat itu). Setelah melihat gang Jalan Palang Segoro yang menuju Wisata Grojogan Selo Gonggo, tetap lurus ke atas hingga melalui kuburan desa.



Jalan Dusun Gondang

Lokasi warung ini tak jauh dari lapangan Gondang dekat makam desa, yang biasanya digunakan karapan kambing, dan akan ada di kiri jalan, satu deretan dengan Banyumili di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam.





Dengan citarasanya, Warsuhat bisa menjadi jujugan baru bagi para pelancong yang bukan penggemar kopi tapi penggila susu seperti Jombang City Guide. Diferensiasinya cukup berani, mengingat Wonosalam identik dengan kopi dan durian.




Jombang City Guide sebagai penggemar susu murni menyambutnya dengan suka cita. Mungkin perlu ditunggu varian rasa tambahan seperti susu murni rasa blueberry, anggur, jeruk, matcha atau bahkan rasa durian. Atau mau buat varians susu biru ala stormtrooper seperti di film Star Wars????


WARSUHAT
Warung Susu Sehat
Jalan Dusun Gondang, Desa Carangwulung,
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Buka setiap hari
Pukul 08.00 WIB – 24.00 WIB
082 33 651 7828


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...