Kamis, 05 April 2018

Klentheng Boo Hway Bio Mojoagung


Meski Jombang terkenal sebagai Kota Santri yang didominasi oleh penganut agama Islam, bukan berarti di Jombang tidak ada wisata religi agama lain. Ada banyak wisata religi non-masjid di Jombang, contohnya Gereja Kuno Mojowarno dan Gereja Kuno Bongsorejo, maupun Klenteng Hok Liong Kiong, Klenteng Gudo, dan Klenteng Mojoagung. Bahkan di Wonosalam, ada pemukiman yang didominasi oleh penganut agama Hindu yang rutin menyelenggarakan pawai ogoh-ogohnya yang begitu memukau.

Kali ini Jombang City Guide berkunjung ke sebuah peribadatan Tri Dharma yang berada di Mojoagung. Klentheng Boo Hway Bio namanya, lokasinya berada di Jalan Belakang Alun-Alun Mojoagung dan bersebelahan dengan warung rawon yang kemudian juga menggunakan nama ‘klenteng’ sebagai nama mereknya.


Untuk sebuah klenteng, Klentheng Boo Hway Bio termasuk berukuran kecil. Posisinya menghadap ke selatan yang juga menghadap alun-alun Mojoagung dekat pertigaan atau persimpangan jalan. Dalam ilmu Feng Shui, lokasi yang demikian memiliki banyak aura negatif, sehingga untuk menghilangkannya perlu dibangun rumah peribadatan.


Selain memang sengaja dibangun untuk memusnahkan aura negatif yang ada di persimpangan jalan, berdirinya klenteng ini juga berdasarkan kepercayaan para biksu, dimana pemilihan lokasi yang berada di dekat pertigaan jalan juga bertujuan untuk membantu kelancaran dalam upaya mengamalkan ajaran Tri Dharma.

Klenteng ini berdiri sejak 6 Juni 1928, yang didirikan oleh komunitas Tionghoa yang tinggal di Mojoagung. Kunonya bangunan ini, membuatnya menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang dimiliki Jombang karena usianya yang sudah melebihi 50 tahun.


Memasuki gerbang klentheng, tampak warna merah mendominasi berbagai sudut bangunan ini. Di halaman depan klentheng ini terdapat dua bangunan mirip botol yang digunakan untuk membakar kertas doa. Bangunan mirip botol ini tampak makin indah karena berhiaskan ornamen burung phoenix.


Bangunan utama di depannya diberi pagar, yang terbuat dari besi yang dicat merah, berhiaskan gambar naga berwarna emas. Tedapat pula patung singa berwarna emas yang ditempatkan di atas ornamen berbentuk bujur sangkar.


Ada tulisan kaligrafi horizontal dalam aksara tionghoa, yang jelasnya Jombang City Guide nggak bisa baca. Jelasnya, tempat ini merupakan rumah doa yang dianggap keramat oleh para pemeluk Tri Dharma yang terdiri dari penganut Budha, Kong Hu Cu, dan Taoisme. Meski berbeda ritual ibadah memanjatkan doa di klenteng ini, namun konsepnya sama orang islam yang berdoa dan beribadah sholat jamaah di Masjid.


Klenteng Boo Hway Bio dipercaya bisa mendatangkan berkah bila sering mengunjunginya dan berdoa di dalamnya. Bahkan ada yang meyakini bahwa klenteng ini memiliki kekuatan gaib yang dipercaya bisa membantu orang yang tengah dirundung persoalan kehidupan.

Memang, klenteng Mojoagung ini menjadikan San Ci Kung Sang Dewa Penolong sebagai tuan rumah sesembahan. Sang Dewa Penolong ini dipercaya akan menolong orang sedang tertimpa masalah, yang berdoa di dalam klenteng ini.


Saat mengunjungi lokasi, terlihat kesibukan para pekerja yang sepertinya sedang melakukan perbaikan dan pembangunan di beberapa sisi klenteng. Jombang City Guide kebetulan tidak berhasil menemui orang yang berwenang di sini. Jadi akhirnya Jombang City Guide hanya melihat pesona klenteng ini dari luarnya saja dan belum sempat melihat keunikan klenteng ini yang masih menggunakan Sumur Langit di bagian atapnya.


Hari semakin siang dan mentari bersinar makin percaya diri. Belum masuk tengah ahri tapi perut sudah lapar. Jadi Jombang City Guide langsung saja andok di Rawon Klentheng yang bersebelahan dengan Klentheng Boo Hway Bio ini.

Cus.. andok di Rawon Klenteng deh

HHmmm.... mungkin memang kami belum berjodoh untuk nonton wayang cici di sini ya. Setelah berkunjung ke Klenteng Hok Liong Kiong di Jombang Kota dan Klenteng Boo Hway Bio di Mojoagung, mungkin Klenteng Hong San Kiong di Gudo bisa dijadikan jujugan selanjutnya.

Klenteng Boo Hway Bio
Tempat Ibadah Tri Dharma
Jalan Belakang Alun-Alun Mojoagung no. 16
Samping Rawon Klenteng
Kademangan, Mojoagung, Jombang
0321-495142


Klenteng Boo Hway Bio Mojoagung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...