Minggu, 07 Januari 2018

Asyiknya Main di Playground Kebon Rojo


Kebon Rojo Jombang kini punya wahana permainan baru berupa playground untuk anak-anak dengan rumput sintetis. Selain food court dan berbagai kelengkapan taman kota bergaya alat-alat kebugaran, Kebon Rojo Jombang yang merupakan taman kota paling strategis di Jombang ini memang sedang giat-giatnya berhias.


Pemerintah Kabupaten Jombang agaknya mulai sadar pentingnya ruang terbuka yang bisa digunakan untuk semua kalangan. Kebon Rojo, yang dulunya gersang dan malah digunakan untuk sarana kencan remang-remang, kini sudah dipercantik di banyak lini. Lapangan tenis dipangkas, lalu dijadikan arena bermain, playground dan foodcourt.


Aneka fasilitas juga tersedia, yang tergabung dengan infrastruktur yang ada di Kebon Rojo seperti toilet berbentuk buah-buahan, bahkan wahana permainan lain yang tersedia di Kebon Rojo seperti pemandian air mancur dan alat-alat kebugaran yang tersebar di seluruh penjuru lokasi. Para pedagang kaki lima yang menjual aneka jajanan juga melengkapi ‘wisata’ murah dan santai ini.

Pengunjung dan Pedagang kaki lima

Playground berumput sintetis

Playground Kebon Rojo kini menjelma menjadi wahana paling menarik di Rajanya Taman Jombang ini, setelah bukit kerucut ikonik yang sudah diubah tampilannya dengan berpoles pelangi. Playgorund ini dilengkapi perosotan, ayunan, jungkat jungkit, rumah-rumahan dan permainan gendang dari plastik layaknya arena bermain berbayar di mal-mal ibukota.

Ketepong Plastik

Perosotan

Rumah Plastik

Rumput sintetis sebagai alas, mempercantik tampilannya hingga menimbulkan kesan berada di lapangan rumput hijau. Rumput buatan ini juga hal baru bagi warga Jombang yang ndeso, gak ngerti gemerlap dan hedonnya ibukota. Termasuk Jombang City Guide yang hebring karena baru pertama kali mencoba sensasinya saat permukaannya menyentuh telapak kaki.

Hey, jangan ketiduran Mas...
Cah Ndeso
Pepohonan di sekitar playground cukup rimbun, sehingga sinar mentari hanya bisa menembus sedikit ke permukaan rumput buatan. Rindangnya pohon juga membuat angin semilir nan sepoi-sepoi di lokasi, membuat suasana pengunjung betah berlama-lama.


Betah : Santai tapi juga mengawasi

Serunya, permainan ini bisa digunakan oleh siapa saja, kapan saja, gratis tanpa dipungut biaya.  Dengan bermain di sini, anak-anak mendapat permainan outdoor yang seru, dan orang tua mengawasi anak-anaknya dari kejauhan.



Sayangnya, ada beberapa hal yang kurang sip dari tempat ini. Sesuatu yang wajar seperti anak-anak berebut bermain wahana dan mainan, maupun anak yang lebih besar menjahati anak yang lebih kecil seperti penindasan yang dialami bayi Jombang City Guide dari anak-anak yang tidak diawasi orang tuanya.


Tentunya orang tua harus berperan di sini untuk menjaga anak-anaknya, maupun mengawasi anaknya supaya tidak menindas anak lain. Jadi para orang tua jangan main hape sendiri atau malah ketiduran saat bersantai di playground, karena walau bagaimanapun anak-anak tetap butuh pengawasan.




Selain itu orang tua yang menjaga anaknya di playground ini, bukan berarti lepas tangan dan punya kesempatan bersantai sebebas-bebasnya. Beberapa orang tua yang menunggu anaknya bermain malah bersantai sendiri sambil rempon dengan yang lain. Memang, playgorund Kebon Rojo ini begitu menyenangkan mata sehingga banyak yang tak sabar untuk segera berselfie ria.



Bahkan ada orang tua yang merokok di arena ini, padahal asap rokoknya sangat positif mencemari udara yang dihirup anaknya dan anak orang lain yang juga bermain di playground. Sebuah aktivitas dan contoh yang tak patut ditiru dan tak pantas dilanjutkan generasi selanjutnya.



Mungkin perlu adanya larangan yang tegas di playground ini, untuk tidak merokok di dekat lokasi. Larangan ini perlu dimunculkan seperti adanya larangan sebelumnya berupa larangan membawa makanan dan makan di atas rumput sintetis. Mengingat pemerintah dan pengelola Kebon Rojo juga sudah punya inisiatif untuk larangan makanan, hendaknya larangan merokok untuk para penunggu anak bermain juga harus ditegakkan.


Harus diawasi


Bisa dikatakan playground Kebon Rojo ini adalah wisata hemat dan murah untuk pengunjung dan warga Jombang khususnya. Ketersediaan lahan terbuka dan arena taman kota yang merangkap sebagai taman bermain juga harus diperbanyak, mengingat tren wisata low budget juga sedang menjangkiti dunia pariwisata. Ayo, sudah pernah mampir dan mencoba semua permainan di Playground Kebon Rojo, 'kah??


Playground Kebon Rojo
Taman Kebon Rojo
Jalan Wahid Hasyim, Jombang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...