Kamis, 09 Juni 2016

Eksotisme Lansekap Bulu View Wonosalam


Bulu View merupakan sebuah ‘balkon’ alam untuk melihat seluruh pemandangan pegunungan yang mengelilingi lokasi. Bulu View bertempat di area Pegunungan Anjasmoro yang tergabung dalam kompleks Wisata Gua Sigolo-Golo, tentunya masih masuk di Kabupaten Jombang. Terletak di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam yang agak mendekati daerah Pacet Mojokerto.

Terletak tepat di atas Gua Sigolo-Golo, Bulu View juga berada cukup dekat dengan Pacet sehingga memungkinkan para wisatawan bisa melihat puncak Gunung Kukusan atau Gunung Kukus yang masuk dalam wilayah Mojokerto. Diantara gugus pegunungan selain Puncak Anjasmoro yang megah, dalam lansekap Bulu View tersaji pula panorama Gunung Arjuno, Gunung Wilis, Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan.


Entah darimana penamaan Bulu View ini berasal, namanya sama dengan kosakata dalam Bahasa Indonesia ‘bulu’ yang tumbuh di kulit hewan. Meskipun diyakini, nama ini diambil dari tanaman Bulu atau semacam Bambu yang banyak tumbuh di lokasi ini.

Nama ‘bulu’ kemudian dipasangkan dengan kata ‘view’ dari Bahasa Inggris yang memang sesuai dengan konsepnya sebagai penyaji view lansekap pegunungan yang begitu megah. Belum diketahui siapa pelopor pertama yang menggunakan nama ini. Kuat dugaan pengguna nama Bulu View pertama berasal dari generasi muda penggila traveling, hingga akhirnya balkon alam ini terdengar begitu keminggris, ya..


Nama-nama unik juga tersemat di Sungai Boro yang sampai sekarang Jombang City Guide belum tahu artinya, maupun Gua Sigolo-Golo yang terdengar seperti nama orang Batak. Mungkin perlu penelusuran dan penjelajahan lebih lanjut mengenai asal muasal nama ini.


Bertempat di sebuah dataran yang tak terlalu luas, Bulu View kini sudah dibatasi oleh pagar yang dicat merah sebagai pengaman untuk mencegah kebreset maupun bunuh diri, hehehehe. Pagar merah ini memungkinkan wisatawan bisa melihat dari jauh titik Bulu View diantara megahnya pegunungan hijau yang kadang berselimut kabut.

Bulu View dari kejauhan

Bulu View paling mudah dicapai dalam kompleks Wisata Sigolo-Golo karena dekat dengan loket masuk yang bertarif Rp. 5.000,- per orang. Dengan menyusuri jalan setapak menanjak sekitar lima menit, kita sudah bisa mencapai tebing alam ini. Lokasi ini menyajikan pemandangan alam yang begitu memuaskan bagi pecinta selfie maupun cuci mata.

Terimakasih Kevin Alfian Ketiper Kemana-Mana

Jombang City Guide masih meminjam foto milik Ketiper Kemana-Mana yang merupakan kawan kelompok saat menempuh pendidikan tinggi di sebuah universitas yang namanya diambil dari Sang Prabu yang pernah mendiami kawasan Sendang Made di Kudu. Jadi, mungkin saat kamera sudah agak layak, Jombang City Guide akan memberikan liputan yang lebih lengkap, meski fotonya mungkin masih kalah artistik dibanding karya Ketiper Kemana-Mana.

Sebagai sebuah spot khusus untuk menikmati megahnya pegunungan, Bulu View merupakan titik tengah untuk wisatawan yang menyajikan dua pilihan ; antara yang akan memanjat akar pepohonan untuk mencapai Gua Sigolo-Golo, atau menuruni seribu tangga untuk menikmati segarnya aliran Sungai Boro.


Bulu View sebagai balkon alam yang bertepi jurang, dari ketinggian tebing ini kita bisa melihat derasnya aliran Sungai Boro yang membangkitkan naluri ingin rafting, sayangnya provider Boro Rafting sudah kukut.


Jadi bagi yang tidak terlalu suka tantangan dan pembawa anak kecil seperti Jombang City Guide, mungkin wisata ini hanya berhenti di Bulu View. Meski demikian, Bulu View sudah menyajikan keindahan alam yang tiada duanya, dimana destinasi ini seakan mengingatkan kita betapa kecilnya eksistensi manusia di hadapan Sang Maha Pencipta. Maka, apa lagi yang mau kau sombongkan???

Bulu View
Kompleks Wisata Gua Sigolo-Golo
Dusun Kraten, Desa Panglungan
Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...