Jumat, 16 Oktober 2015

Save PSID dJombang


Masih sangat melekat di ingatan Jombang City Guide, salah satu sahabat terdekat bercerita bahwa ayahnya (yang kini sudah almarhum) adalah salah seorang pemain PSID kebanggaan Jombang. Dulunya, setiap pulang bertanding maupun berlatih, bau balsem untuk otot semerbak memenuhi seluruh ruangan di rumahnya di Jalan Sam Ratulangi. Ini disebabkan, kaki dan sekujur tubuh Sang Ayah yang memar-memar akibat bertanding. Ibu, kawan saya dan saudara-saudaranya 'bahu-membahu' membalsem badan Sang Ayah. Woow… memang benar-benar atlet ya..



 

PSID adalah PERSEBAYA-nya Jombang, kebanggaan dan milik Jombang. Namanya PSID, mungkin kepanjangannya adalah Persatuan Sepakbola Indonesia – Djombang, dimana ejaan lama masih digunakan.

Di era 1970-'80an, Laskar Kebo Kicak termasuk papan atas di Jawa Timur. Masa keemasan Sang Kerbau ini juga tak lepas dari campur tangan Bupati Jombang di masa itu yaitu Bapak R. Soedirman, karena beliau banyak concern di bidang olahraga dan kesenian terutama seni musik. PSID pun sempat menjadi tim favorit di Jawa Timur dan disegani di tingkat nasional, dan mendampingi Persebaya dan tim papan atas lainnya di Jawa Timur dalam divisi satu.

PSID kini memiliki pendukung fanatik, seperti halnya tetangga Surabaya yang bernama Bonekmania. Suporter Laskar Kebo Kicak ada dua. Yang pertama adalah JOMBER, yang merupakan singkatan dari JOMbang BERsatu. Dan yang kedua dinamakan JEX MAN, atau Jombang Extreme yang didirikan 12 Januari 2012. Tentunya, impian para JEX MAN ini bisa segera menembus divisi satu, namun tetap mendukung timnya dengan menjadi suporter yang santun. Sehingga aroma permusuhan dan anarkis sama sekali bukanlah merupakan bagian dari JEX MAN

Laskar Kebo Kicak
By Kaos Abang Idjo

Bila Persebaya disebut Laskar Bajul Ijo, PSID menahbiskan dirinya sebagai Laskar Kebo Kicak. Nama Laskar Kebo Kicak ini memang dipilih karena ketokohan Kebo Kicak sebagai pahlawan dari Jombang di era kerajaan Mojopahit dulu. Selain konon wajahnya mirip kerbau, wajarlah nama tokoh ini seperti nama hewan, karena hampir semua orang di masa itu namanya seperti nama hewan, seperti misalnya Gajah Mada, Lembu Tal, Kebo Iwa, Lembu Sora, dan lain sebagainya.

Mungkin Begini Penggambaran Kebo Kicak
Seperti Kai dalam KungFu Panda 3

Tentunya, latihan dan arena pertandingan Laskar Kebo Kicak bermarkas dan diselenggarakan di Lapangan Stadion Merdeka kebanggaan Jombang. Pernah Jombang City Guide pernah mengintip latihan disana, namun karena laki-laki semua jadi isin-isin gimana gitu untuk mendekat, karena pasti jadi pusat perhatian. -____________- Wajarlah wedok dewe, lapo kesasar nang lapangan… Hehehhehe….

Kai Si Kebo Kicak, Hehhehe

Sementara ini Jombang City Guide belum punya kenalan sama sekali dengan dunia PSID, namun mencari kontak dan situs resminya saja belum ada. Hanya akun facebooknya yang ada, tapi sudah lama tidak update. Jangankan situs resmi, blog gratisan yang mirip dengan Jombang City Guide punya saja belum ada. Hix……………


Sepak bola di Jombang mungkin belum sedigdaya Persebaya atau sekeren Persik Kediri yang mulai bangkit dari keterpurukan. PSID ini sepertinya kurang mendapat perhatian dari pemerintah, selain itu juga kepengurusan yang masih belum jelas. Diharapkan makin banyak loyalis PSID yang benar-benar ikhlas memajukan prestasi PSID segera muncul dan mengajak teman-temannya yang jujur, supaya preman-preman pengambil kesempatan seperti di atmosfer PSSI tidak melanda Jombang, sehingga impian Jombang untuk masuk divisi satu bisa menjadi kenyataan. Aamiin…


Yang Lain Silakan Anarkis, Laskar Kebo Kicak Cinta Damai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...