Minggu, 08 November 2015

Sate Kambing dan Gule Pak Tolabi Tugu


“Kamu tau Masjid Tugu? Kamu lihat di seberang selatannya, tepat di depan masjid ada  warung sate di pojok tikungan. Memang tempatnya kecil dan terkesan kurang nyaman, tapi soal rasa gak pernah bohong. Di situ warung Sate Pak Tolabi. Daging satenya besar dan gulenya paling cocok dengan seleraku,”- Sandy Tabah Setiawan -


Kalimat diatas adalah untaian kata yang diucapkan kawan Jombang City Guide saat membahas tentang beberapa legenda kuliner unggulan kebanggaan Jombang yang salah satunya tentang Sate dan Gule Kambing Pak Tolabi di Perempatan Tugu.



Kaos Sego Kikil by Kaos Abangidjio

Ya, memang Sate Kambing Pak Tolabi di perempatan tugu merupakan salah satu legenda kuliner Jombang yang sudah berdiri sejak tahun 1945. Dulunya Pak Tolabi-lah yang menggawangi warung Sate ini. Seiring dengan perkembangan zaman, usaha makanan ini kemudian diwariskan anak dan cucunya, dan kini dikelola oleh cucu Pak Tolabi.


Tawa Bu Titin Bersama Sate Kambing Pak Tolabi Kebanggaan Jombang

Bu Titin, yang setiap harinya melayani pelanggan setia Pak Tolabi merupakan istri dari cucu Pak Tolabi yang kini membantu mengelola warung sate dan gule ini. Dengan ramah, Bu Titin meramu dan menyajikan porsi demi porsi sate dan gule yang dipesan para andokers setia. Berada di perempatan tugu, tepatnya di seberang Masjid Tugu tepat di pojok tikungan Jalan Urip Sumoharjo dan jalan Wahid Hasyim, warung ini buka setiap hari mulai pukul 14.00 sampai habis.

Mengipas Sate

Selalu Ramai
Bu Titin mengisahkan, bahwa dulunya warung sate ini memiliki lokasi yang lebar, namun karena adanya pelebaran jalan, sehingga ruangan yang tersedia dalam warung sate ini makin sempit. Namun, meski tempatnya sangat sempit dan berada di tikungan yang sangat ramai, tempat ini tidak pernah sepi dan selalu ramai dikunjungi para Andokers setia.


Jangan kaget bila belum petang namun warung ini sudah tutup karena sold out, sebab Sate dan Gule Kambing Pak Tolabi ini memang selalu ramai dikunjungi pelanggan setianya, meski pasokan sate dan gule sudah ditambah sedemikian rupa. Berkali-kali Jombang City Guide mampir kemari, namun keberuntungan yang diberikan Allah masih sebatas menikmati Sate Kambingnya, belum sempat menikmati gulenya. Gulenya masih ada, tapi sisa kuahnya thok… T______T Datangnya kurang siang sih…..


Warung Sate dan Gule ini buka setiap hari, namun bila kelelahan atau kehabisan stok karena ada pesanan, biasanya warung ini rehat tidak buka dulu. Sate dan Gule Kambing Pak Tolabi ini memang menerima order untuk berbagai acara, termasuk aqiqah yang biasanya menggunakan kambing sebagai menu makanan. Jadi bila Anda melintas di depan warung ini pukul 03.00 sore tapi belum juga buka, mungkin Anda harus mengurungkan niat untuk menikmati Sate dan Gule kambing ini hingga esok. Hehehhe…….


Warung Sate dan Gule Kambing ini, melengkapi khazanah kuliner Kota Santri Jombang BERIMAN yang juga memiliki legenda kuliner Sate dan Gule Kambing sejenis yaitu Sate dan Gule Kambing Pak Slamet Ringin Conthong yang telah Jombang City Guide bahas sebelumnya.

Harus Tetap Bersyukur Meski Kehabisan Gule *nangismbatin*
Ayo-ayo, monggo mampir ke sini.
Jangan kemaleman ya, nanti kehabisan kayak Jombang City Guide yang selalu kehabisan gule….. T_______T


Warung Sate dan Gule Kambing Pak Tolabi Perempatan Tugu
Seberang Masjid Tugu
Pojok Tikungan Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Wahid Hasyim
0321-862005
081-332 7572 95
Buka setiap hari
Pukul 14.00 - Habis

Menerima pesanan untuk acara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...