Sabtu, 02 Mei 2015

Pethulo Klanting Stadion Merdeka


Menurut Wikipedia, Klanting adalah salah satu cemilan tradisional Jawa. Klanting terbuat dari tepung jagung, menjadikan tekstur makanan ini seperti karet mirip agar-agar. Warna klanting dapat bermacam-macam, termasuk merah dan hijau. Makanan ini sebenarnya hambar namun menjadi nikmat dan manis karena ditaburi bubuhan parutan kelapa dan siraman gula merah. Makanan ini sering dijumpai di pasar-pasar tradisional.



Makanan yang namanya menjadi inspirasi nama grup musik juara ajang pencarian bakat ini sudah jarang ditemui di masa kini, kecuali Anda begitu mengukuhkan minat untuk menyisir pasar tradisional di pagi buta untuk mendapatkannya. Namun beruntunglah warga Jombang, yang bisa dengan mudah menyantap klanting dengan mudah.

Pak Yadi
Dengan bangga, Jombang memiliki klanting andalan yang berjualan setiap malam mulai magrib hingga pukul 09.00 atau 10.00 malam. Klanting Stadion namanya, karena rombong klanting ini buka di perempatan lampu merah dekat Stadion Merdeka kebanggaan Jombang. Adalah Pak Yadi yang  di siang hari bekerja di salah satu toko bangunan di jalan merdeka ini, membuka bisnis jualan klanting berpethulo ini. Bersama anak-anaknya, Pak Yadi saat malam hari setia menjajakan klanting spesialnya.


Rupanya, Pak Yadi dan anak-anaknya sudah melayani para pelanggannya sejak tahun 1997 di era krisis moneter. Kini, di tahun 2015 mereka masih melayani pesanan dan pelanggan yang datang ke rombong klanting dekat Stadion Merdeka.

Memarut Kelapa untuk Topping Klanting

Jombang City Guide yang sedang makan on the spot
Pak Yadi CS membanderol makanan tradisional buatannya seharga Rp.4.000,- untuk tiap piring mungilnya. Anda bisa membungkusnya untuk dibawa pulang ke rumah, atau menyantapnya di tempat yang sudah disediakan para Kru Klanting Stadion.





Pethulo Ajaib

Sepiring klanting, umumnya terdiri dari klanting, lupis, ijo-ijo, cenil dan taburan kelapa serta siraman gula merah cair diatasnya. Pak Yadi menyajikannya diatas piring mungil dan kertas minyak kecil. Namun yang membuat Klanting Stadion ala Pak Yadi lebih spesial ini adalah tambahan varians menu Pethulo yang sudah sangat jarang kita temui. Pethulo ini seperti mie hun warna-warni yang dibentuk bundar untuk melengkapi varians klanting. Hmmmm..... Huenakkkk................


Ayo, ayo... monggo mampir ke klanting Pak Yadi malam-malam... 


Klanting Pethulo Stadion Merdeka ala Pak Yadi
Perempatan Lampu Merah Stadion Merdeka Jombang
Jl. Merdeka (Jalan Gus Dur)
Menerima Pesanan untuk acara
081515405153

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...