Kamis, 12 Maret 2015

Beringin Kunthing : Adik Kecil Ringin Conthong


Tak banyak yang tahu bila Ringin Conthong punya adik kecil. Ceritanya, saat menanam Ringin Conthong di Bundaran Titik Nol Jombang, Kanjeng Sepuh Sang Bupati Pertama Jombang juga memiliki bibit pohon beringin yang lain yang ukurannya lebih kecil. Si Beringin Kecil ini kemudian ditanam sesaat setelah menanam kakaknya, di depan Pendopo Kabupaten, tempat yang sampai sekarang menjadi kediaman orang nomor satu di Kabupaten Jombang.


Penanaman pohon beringin kecil ini juga bersamaan dengan diletakkannya batu pertama pembangunan Pendopo Kabupaten Jombang pada tanggal 22 Februari 1910. Setelah memisahkan diri dari Mojokerto dan berdiri sebagai afdeeling sendiri, Jombang mulai membangun berbagai sarana dan prasarana untuk fasilitas mandirinya. Sebelumnya, semuanya masih ‘ikut’ afdeeling Mojokerto, sehingga Jombang belum punya banyak infrastruktur sendiri, termasuk belum memiliki Pendopo Kabupaten. Kala itu, dengan dibangunnya pendopo dan ditanamnya pohon beringin kecil ini, diharapkan dapat ‘mengisi’ Jombang secara bertahap.


Ditanamnya pohon beringin kecil ini juga sebagai bagian dari simbol pengayoman, sebuah harapan yang berada dalam diri Kanjeng Sepuh sebagai orang nomor satu di afedeeling Jombang kala itu. Kanjeng Sepuh berharap beliau dapat menjadi pelindung untuk warga Jombang yang dicintainya. Sehingga dua pohon beringin yang ditanam beliau, melambangkan harapan dan cita-citanya.


Setelah menanam Ringin Conthong yang besar, tersisa satu bibit pohon beringin yang kecil. Bibit pohon beringin kecil yang berada di tangan Raden Adipati Arya Suradiningrat V, Sang Bupati pertama Jombang itu sering disebut Beringin Kunthing. Penyebutan istilah kunthing untuk Si Adik Kecil ini entah karena jenisnya yang bernama ‘Kunthing’ atau mungkin disebabkan ukurannya yang kecil. Memang, dalam bahasa Jawa kunthing artinya kurus kecil atau ceking sesuai dengan karakteristik Si Adik Kecil Ringin Conthong ini.


Saat Jombang City Guide mengunjungi Pendopo Kabupaten, di halamannya ada beberapa pohon beringin. Namun entah kenapa, mata kami tertuju pada satu pohon beringin kecil yang berdiri di luar halaman pendopo, tepat di tengah jalan Alun-Alun yang memisahkan antara pendopo dan alun-alun Jombang. Posisinya juga berada tepat di depan gerbang masuk alun-alun bagian timur, seakan menyambut setiap orang yang hendak masuk maupun yang akan keluar dari gerbang.


Pohon beringin kecil ini berdiri di atas sebuah pondasi dan dikelilingi oleh pagar tali rafia. Bisa jadi esok hari ada sebuah perhelatan sehingga pohon ini ‘diamankan’ dari tangan jahil saat acara berlangsung. Tak jauh dari Beringin Kunthing ini berdiri, ada Gardu Listrik Belanda yang terdapat Sirine yang berbunyi suling sebagai penanda sahur dan buka puasa saat Ramadhan yang tak kalah tinggi nilai sejarahnya.

Sirene Seruling Legendaris

Pohon beringin di tengah jalan ini ukurannya tidak terlalu besar. Bisa jadi karena sering dipangkas supaya tidak mengganggu lalu lintas jalan. Daunnya tidak rindang sama sekali, bahkan bentuknya tak beraturan. Melihat kepala Si Beringin Kecil ini, Jombang City Guide kemudian teringat para rambut Edward Scissorhand, sama sekali tidak berbentuk brokoli seperti pohon beringin pada umumnya.


Yang menarik, pohon ini seakan dipertahankan untuk tetap berdiri meski membelah jalan, seakan posisinya sangat terhormat karena meski membelah jalan namun bebas dari penebangan Dinas Pertamanan.

Di Tengah Jalan

Bisa jadi ini adalah pohon beringin kunthing yang dimaksud. Banyak artikel yang menyatakan eksistensi Beringin Kunthing ini. Meski bukan sebagai ikon Jombang seperti Ringin Conthong kakaknya, namun eksistensinya tidak boleh dilupakan dalam sejarah Kota Santri Jombang BERIMAN. Ketiadaan lanjutan dokumentasi, data, informasi, maupun informan menyulitkan Jombang City Guide untuk memastikan apakah benar inikah Si Adik Kecil Ringin Conthong yang dimaksud.

Itu Beringin Kunthingnya kelihatan dari jauh

Namun bila melihat posisinya, yang dipertahankan membelah jalan, dan berada di depan pendopo, tebakan Jombang City Guide bisa jadi benar.

Gerbang Alun-Alun Bagian Timur
Ada yang bisa beri kami pencerahan??

Beringin Kunthing
Jalan Alun-Alun Jombang
Di Depan Gerbang Timur Alun-Alun Jombang


Bingung : Naik Odong-Odong aja ah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...