Minggu, 22 Juni 2014

Tantangan Makan Pedas Berhadiah di Warung Doa Ibu Cak Tofa


Seperti di kota-kota besar di Jawa Timur, Jombang mulai menggandrungi makan makanan yang pedasnya melebihi tingkat kewajaran. Adalah Warung Doa Ibu Cak Tofa yang ada di Jl. KH. Mimbar, yang sedang digandrungi anak muda penggila mulut nyonyor yang ada di Kota Santri.





Pak Tofa Junior
Cak Tofa, adalah pentolan sekaligus koki utama Warung Makan Doa Ibu, dengan dibantu para kru yang mungkin adalah keluarganya. Mulai yang nyateti pesanan, maupun yang menghandel kasir. Bila Pak Tofa sedang istirahat, biasanya digantikan putranya yang penampilannya seperti kopi-paste-nya Pak Tofa

Pak Tofa


Kasir

Muda-Mudi Bertandang di Warung Doa Ibu Cak Topa
Warung Doa Ibu Cak Tofa ini setiap malam selalu dipenuhi para pengunjung yang lapar dan ingin makan sajian yang pedas. Bumbu pedas ini akan mengepulkan asap yang membahana di seluruh warung saat menggoreng, sehingga pemandangan pun bisa seperti kabut asap pascakebakaran hutan. 

Pelarian ke teras

Asapnya beraroma pedas, menusuk hidung dan membuat mata perih. Suara manusia terbatuk-batuk membahana, bergantian dari setiap sudut ruangan, dari satu manusia ke manusia yang lain. Karena itu biasanya pengunjung lebih sering mengungsi ke teras luar warung.


Minum dulu karena batuk-batuk

Mengungsi ke teras karena batuk-batuk

Dan apabila kita lewat di depannya, Cak Tofa sendiri malah sengaja dengan usilnya mengibas-kibaskan asapnya itu ke arah kita. Bef... bef.... Alhasil Jombang City Guide kabur dan girap-girap karena kelagepen. Tak hanya itu, pelanggan lainnya pun terbatuk-batuk dan Cak Tofanya malah tertawa terbahak-bahak. Allahuakbar…. Xixixi……

Lihat sendiri asapnya, ini masih belum seberapa
Bahkan saat dipotret pun, Cak Tofa malah berpose dengan girang … Allahuakbar..



Warung Makan Doa Ibu ini, berada tepat di gang samping Kuburan Jl. KH. Mimbar, sehingga apabila malam tiba, mungkin para penghuni kuburan cukup gelisah karena ramainya Warung Cak Tofa ini. Xixixixi…. Kuliner Pedas Jombang yang sedang digandrungi ini sering didatangi sekelompok anak muda Kota Santri, maupun sepasang sejoli yang memadu kasih, atau bahkan sebuah keluarga kecil dan anak-anaknya.




Saat Jombang City guide mampir, pengunjung sudah begitu ramai sehingga harus bersabar menunggu antrian. Terutama Jombang City Guide juga request makanan tanpa micin. Menunggu begitu lama, jangan kaget melihat para andokers yang batuk-batuk bergantian tiada henti seperti paduan suara acapella.




Antrian begitu lama terutama untuk sajian spesial tanpa micin. Akhirnya Jombang City Guide menyambar makanan milik keluarga lain untuk diambil potretnya. Mereka tampak bercucuran keringat dan kehabisan tenaga untuk menghabiskan makanan yang luar biasa pedasnya ini. Sehingga trio menu nasi goreng-mie goreng-krengsengan ayam pun masih tersisa.



Momen sebelum batuk karena terkena asap yang pedas menusuk

Btw... sayangnya setelah memotret makanan ini, Jombang City Guide terbatuk-batuk tiada henti sehingga lupa berterima kasih pada keluarga ini. Mungkin bagi para pembaca yang budiman dan yang kenal keluarga yang super baik ini, Jombang City Guide nitip salam dan ucapan terima kasih tak terhingga. Semoga njenengan sekeluarga diberi rezeki yang melimpah dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin, aamiin yaa robbal alamin. 

Keluarga baik hati : Nitip terimakasih dan doa semoga dimudahkan rezekinya

Tentang lokasi parkir, tidak usah khawatir. Gang Masuk depan Warung Cak Tofa ini cukup dilalui oleh mobil, dan ada lapangan barongan sebelah masjid untuk memarkir kendaraan. Ajaibnya, di lokasi segelap itu, sudah ada tukang parkirnya lhow.... :'( 




Menu yang ditawarkan disini adalah krengsengan ayam kecap, capcay, mie goreng dan nasi goreng, yang tentunya bisa direquest dengan rasa pedas sesuai permintaan. Sepiring porsi disini cukup besar untuk dimakan sendirian, sehingga pada Andokers bisa berbagi dengan partnernya.



Tentang citarasa, cukup enak untuk nasi goreng pada umumnya, mereka bahkan memberi jaminan, garansi pedas membara. Jangan lupa request sajian tanpa micin untuk menjaga konsistensi kesehatan. Mottonya adalah  ‘Kalau sajian tidak berasa pedas, panas, dan berasa mantap, maka bisa nambah sambel’.

Jaminan


Bahkan, dengan mottonya ; “Tambah pedas tambah ganteng, Tambah pedas tambah cantik”. Padahal siapapun sudah tahu, kalau kepedasan pasti nggak ganteng dan cantik karena wajah kemringet, keluar ingus dari hidung dan mulut pun nyonyor karena lidah terbakar. Karena disinilah tantangannya, siapa yang mampu melahap makanan yang makin pedas, meski kemringet klocor-klocor maka pengakuan akan kerupawanannya bertambah. Gitchu ceritanyah.




Ya, di Warung Doa Ibu Cak Tofa ini ada tantangan khusus berhadiah. Bagi yang mampu melewati rekor tantangannya, berhak untuk mendapatkan hadiah sebesar dua juta rupiah. Barang siapa yang menerima tantangan ini, bisa menyatakan langsung pada Cak Tofa untuk dibuatkan menu khusus pedas tantangan dengan takaran per satu centung sayur bumbu sambal. Rekor yang telah dipecahkan adalah dua puluh empat centung untuk mie goreng dan delapan belas centung untuk nasi goreng.

Photo by Pungkas Ari Lutfi
Ternyata Jual Bir Soda Halal Khas Jombang juga ya


Krengsengan


Tentunya para penantang harus menyatakan diri dengan menandatangani surat pernyataan kesediaan apabila setelah mampu memenuhi tantangan ini akan berhak menerima uang sebesar Rp. 2.000.000,- dan setelah makan tantangan, resiko ditanggung pemenang.


Cak Topa, akiknya gak nahaaann...... *gagalfokus*

Surat pernyataan ini dibuat karena pernah ada seorang Santri yang desas-desusnya dari Pondok Pesantren Madrasatul Quran yang mampu memenuhi tantangan ini dan memecahkan rekor sehingga berhak menerima hadiah sebesar Rp. 500.000,- dimana kala itu hadiah tantangannya belum sebesar sekarang.


Dari berita yang dimuat surat kabar, santri tersebut memang memenangkan hadiah sejumlah uang dan makan gratis di sini, namun keesokan harinya Sang Pemenang rupanya harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami infeksi perut dan kemudian menghabiskan biaya perawatan sebesar sepuluh juta rupiah.

Mie Goreng

Nasi Goreng

Krengsengan ayam kecap

Bukannya nggak tanggung jawab ya, tapi konsekuensi sendiri juga, karena itu dalam artikel ini dikatakan Nasi Goreng Cak Tofa ini sebagai Nasi Goreng Termahal di Dunia, karena ongkos berobat akibat usus terbakar pedasnya. Xixixixi……






Memang, Cak Tofa sendiri mengakui kepedasan bumbunya, dimana Sang Koki sendiri pernah mencoba setengah centung dan rasa nyonyor di lidah masih terasa panas hingga dua hari. Wah wah…..


Oke, siapa mau mencoba tantangannya??? Kalau gue sih ogah. Takuuut... Pesan yang nggak pedes blas aja wes..

Adik bayi masih kecil ya, gak usah coba-coba
Warung Makan Doa Ibu - Cak Tofa
Jl. KH. Mimbar (Samping Makam KH. Mimbar)
Buka : 17.00 - 21.00 WIB
085855481000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...