Sabtu, 06 Februari 2016

Singgah ke Villa Al-Faried



Sebagai kawasan destinasi wisata yang makin ramai, sayangnya Wonosalam belum punya banyak penginapan maupun hotel. Meski demikian, buka berarti di Wonosalam sama sekali tidak ada penginapan. Masih ada beberapa penginapan yang bisa didatangi seperti Padepokan Wonosalam Lestari, Kampoeng Djawi, Villa Kampoeng City, dan Villa Al-Faried.



Kebanyakan, penginapan yang ada di Wonosalam memang berkonsep untuk rombongan yang cocok untuk gathering maupun upgrading. Beberapa bahkan memang diperuntukkan sebagai bumi perkemahan. Jadi umumnya, penginapan di Wonosalam memang diperuntukkan untuk rame-rame, jarang ada yang untuk pribadi. Baguslah.


Minimnya penginapan di Wonosalam tentu saja menyulitkan para wisatawan, apalagi ketika diadakan Kendurenan atau Festival Durian Wonosalam yang rutin diadakan setiap tahun. Karena padatnya jalan utama desa akibat volume dan peralihan jalur, sehingga menimbulkan kemacetan parah. Para wisatawan biasanya menyiasatinya dengan datang sehari sebelumnya dan menginap di Wonosalam.


Villa Al-Faried adalah salah satu villa yang ada di Wonosalam. Lokasinya cukup mudah dicapai karena berada di jalan utama Wonosalam, tepatnya Jalan Arjuno di Desa Tukum. Berseberangan dengan Kebun Salak Pak Faried. Villa dan Kebun Salak Al-Faried sama-sama dimiliki oleh Pak Mohammad Faried, yang kemudian namanya dijadikan nama dua lokasi yang berhadapan ini.


Kebun Salak Al Faried di Seberang Villa




Manggis Hijau yang Gembel
    
Pak Faried sendiri, dulunya adalah Bupati Lamongan perode akhir orde baru yang memiliki villa pribadi di Wonosalam. Awalnya villa ini digunakan untuk keluarga dan kerabat. beberapa teman Pak Faried yang kadang juga meminjam villa dengan booking sebelumnya. Melihat potensi ini, akhirnya rumah santai di pegunungan Wonosalam ini pun disewakan untuk umum.

Rame-Rame

Kapasitasnya cukup besar, bisa menampung hingga 100 orang meski mungkin agak pindhang-pindhang dikit saat tidur. Karena kapasitasnya yang besar, Villa AL-Faried sering disewa untuk rombongan bisa pula digunakan untuk upgrading mahasiswa atau acara gathering wisata kantor.

Mahasiswa

Dua Lantai
Ada dua lantai di Villa Al-Faried. Terdapat dua kamar mandi, di atas dan di bawah dan kamarnya banyak dengan double bed. Suasana rumah singgah yang terasa sejuk dengan ornamen kayu yang mendominasi desain bangunannya.

Kamar


Kolam Ikan




Ada kolam ikan yang mungkin bisa digunakan untuk merenung di tepinya. Heheheh....... Terdapat pula pool di samping villa yang bisa digunakan untuk berenang. Kondisinya kosong tanpa air ketika Jombang City Guide datang, mungkin bisa request untuk diisi kepada Pak Zainal, bapak yang bertugas merawat villa.

Swimming Pool


Halaman Villa juga sangat asri. Tampak pepohonan dengan aneka jenis buah. Ada kelengkeng, manggis, mangga, kopi, dan masih banyak lagi. View pengunungan Wonosalam, tampak sejuk memanjakan mata.  Bila bosan pun, kita bisa menyeberang untuk tour dan belanja salak di kebun salakPak Faried.

View Wonosalam



  
Menyeberang ke kebun salak

Tarif untuk menyewa Villa Al-Faried tergolong tak terlalu mahal. Dengan sejuta rupiah net per malam kita bisa menggunakan villa untuk satu hari satu malam. Bila pengunjung malas keluar dan ingin menikmati hidangan di dalam villa, bisa menambah ongkos dan request pada Pak Zainal yang bertugas.









  
Pak Zainal dan istri tinggal di rumah kecil di samping Villa. Hebatnya, Pak Zainal selain sebagai petugas yang menjaga villa, beliau juga bisa menjadi tour guide keliling Wonosalam. Beliau bahkan salah satu orang yang memiliki ide untuk mengadakan Kendurenan Wonosalam yang kini insyaallah rutin diadakan setiap tahun.

Rumah Pak Zainal
Eh, ada Spiderman!!!!!!!

Lho, itu ada ipus...
Pus, pus, sini pus....

Villa Al-Faried bisa dijadikan pilihan untuk menginap di Wonosalam. Berkeliling Wonosalam sambil menikmati suasana lereng Pegunungan Anjasmoro yang sejuk dan tenang bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan keluarga. Mampir ke Kebun Salak Pak Faried juga bisa dijadikan wisata kebun maupun belanja oleh-oleh salak Wonosalam. Ayo tunggu apalagi, kapan mampir ke sini??????


Villa Al-Faried Wonosalam
Jalan Arjuno 80
Desa Tukum, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Booking : Pak Zainal - 085731433620


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...