Selasa, 30 Juli 2013

Durian Bido von Jombang


Durian, adalah buah tropis yang bentuknya khas dengan duri-duri pada kulitnya. Wajarlah dinamai ‘Durian’, karena mengandung banyak duri, seperti halnya rambut-rambut pada ‘Rambutan’.






Jika Manggis terkenal sebagai Ratu Buah-Buahan, mana Durianlah Rajanya. Sebagian orang yang menggilainya (Jombang City Guide termasuk dalam kubu ini), katanya baunya benar-benar wangi, harum semerbak kemana-mana. Sedangkan bagi sebagian yang lain (yang anti-durian), katanya baunya sangat menjijikkan, seperti ‘basin’. Heh???? Kok bisa ya??? Allahuakbar.



Durian memang membagi dengan jelas tipe manusia menjadi dua kubu yang sangat berseberangan, antara manusia yang sangat tidak suka durian, dan manusia yang sangat menggilai durian. Heheheh....


Indonesia adalah salah satu negara penghasil buah berduri ini, bersama Thailand. Berbagai daerah di Indonesia memang terkenal dengan komoditas Duriannya, termasuk Wonosalam, Jombang. Tiap daerah punya ‘spesies’ duriannya masing-masing dan Jombang punya ‘SiBido’. Durian Bido dari Jombang ini punya ciri khas tersendiri. Menurut para pelahapnya, Durian Bido ini punya ciri khas diantaranya :
1.      Wanginya tidak terlalu menyengat
2.      Buahnya berwarna sangat kuning (bahkan cenderung oranye)
3.      Dagingnya tidak ‘mbletrek’ alias lembek
4.      Rasanya manis (Yang ini pastilaaah...)

Video Durian Bido bisa Anda simak disini,

Nah, setiap tahun, ada Festival Kendurenan yang diadakan di Wonosalam (Anda bisa bergabung di Facebooknya), dimana panen Durian jadi acara adat yang membuat Wonosalam yang ada di puncak gunung, penuh sesak dengan wisatawan. Lebih jelasnya bisa disimak disini, semoga Jombang City Guide bisa segera bergabung untuk memberi liputannya untuk para pembaca, AMIN.


Wahai Para Penggemar Durian, mupeng ‘kan?!?!?!?!?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...