Jumat, 19 Juli 2013

Bazaar Ramadhan Jombang : Awas Kalap


Ramadhan datang, semaraknya pun terjadi di Jombang. Salah satunya ada Ramadhan Bazaar, dimana para penjual kaki lima dadakan menjual aneka makanan, mulai makanan berat, sayur dan sop, bahkan aneka jajanan dan minuman segar untuk takjil pelengkap buka puasa.
     

Seperti Kampung Ramadhan, bazaar dadakan ini hanya ada di bulan Ramadhan. Bertempat di Jalan Gus Dur mulai depan Stadion dan GOR Merdeka, setiap sore sebelum buka puasa para penjual ini menggelar dagangannya di pinggir jalan sehingga cukup memacetkan jalan. Warga Jombang juga sangat menyambut baik adanya bazaar ini, sehingga bagi yang malas memasak untuk buka puasa bisa mencari makanan Indonesia apapun yang Anda inginkan disini.



Ada nasi bungkus siap makan, gurame goreng, kepiting, aneka sayur, aneka sop, kerupuk, bahkan jajanan Indonesia untuk takjil juga dijual dengan harga yang terjangkau. Kadang kita bisa temukan makanan yang unik disini, asal kita teliti mencarinya.










Makanan yang populer dan menjamur disini adalah bakso dan tahu bakar, dimana baksonya ditusuk seperti sate yang dibakar di tempat.






Selain itu es degan duren avokad juga masih eksis. Es Kopyor dan Es Garbis (Es Blewah) khas Ramadhan juga tak ketinggalan.




Aneka makanan dan takjil, mupeng banget, 'kan????





Berhubung sedang puasa, kita tidak bisa mencoba makanan mana yang enak. Kita hanya bisa asal tunjuk dan 'menerima akibatnya' ketika berbuka puasa nanti. Ada baiknya Anda 'mengendalikan diri' supaya tidak kalap membeli semua makanan, karena toh nanti perut kita hanya bisa memuat makanan dengan jumlah yang tidak berlebihan.


 


Selain itu, untuk menghindari salah beli makanan yang tidak enak, Anda sebaiknya membeli dalam jumlah secukupnya saja, dan bila enak ketika dimakan saat buka puasa, Anda bisa membeli kembali esok hari. Dengan catatan, Anda harus ingat penjual mana yang menjual makanan enak yang citarasanya cocok tadi. 







Saat asik memilih makanan untuk buka puasa, ada yang suka jawil-jawil dengan maksud tertentu yang kadang membuat kita sangat tidak nyaman.



Ada saja pihak-pihak yang mencari kesempatan dan memanfaatkan situasi keramaian ini, sehingga waspadalah dengan barang bawaan Anda, dan kebijaksanaan Anda untuk menyalurkan zakat Anda ke tempat yang tepat harus diutamakan.







Apapun itu, Bazaar Ramadhan inilah yang paling ditunggu-tunggu warga Jombang ketika Ramadhan, memang seru sekali, Anda sudah pernah bergabung di kerumunan orang ini????

4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...