Minggu, 19 Mei 2013

Jombang Wooden Toys


Saat ini, sangat jarang kita temukan mainan tradisional anak-anak yang jadul. Bila adapun, kualitasnya sangat buruk. Bila diberikan pada anak-anak, beberapa ’detik’ kemudian pasti sudah rusak karena saking rapuhnya.




Mainan tradisional yang berkualitas biasanya potongannya halus, sehingga aman bila disentuh oleh tangan anak-anak. Bahannya tebal dan tahan banting. Biasanya, mainan tradisional yang berkualitas ini dijual di toko souvenir kelas atas yang harganya pun akhirnya menjulang.



Beruntungnya, ternyata saya pernah temukan mainan ini di panggulan seorang penjual keliling yang menjajakan boneka akar wangi di Surabaya. Namun setelah ’berselancar’di internet, didapat info bahwa mainan ini ternyata diproduksi di Jombang!!!!



 Woooww......


Secara pribadi saya belum pernah mampir ke workshopnya, namun saya sudah dapatkan produknya. Tokonya bernama Hanny's Craft yang memproduksi Mainan Tempo Dulu. Meski belum bisa dibilang 'khas Jombang', setidaknya warga Jombang bisa berbangga ada produsen mainan ini di kotanya.

Alamatnya Ds. Gondangmanis RT 1/RW 7 Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang yang mungkin membuat kita berkelana menuju pelosok Jombang sambil cuci mata melihat pemandangan sawah yang asri. Heheheh.... Mungkin lebih jelasnya bisa hubungi di 0818811143 atau 0817306761. Nama pemiliknya adalah seorang insinyur bernama gabungan nama presiden RI kini dengan pebulutangkis legendaris Indonesia, yaitu Pak Bambang Budi Hartono.


Intinya, mainan ini mampu mengobati kerinduan kita pada dolanan jaman biyen, dan memenuhi kebutuhan kita atas mainan yang berkualitas. Mainan tradisional, yang aman untuk anak-anak, ternyata ada lho, di Jombang. Hmm... bangga, kan???

3 komentar:

  1. cara pembuatan mainan tradisional yang berbentuk seperti palu itu bagaimana ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.... hamba juga nggak tau mbak... Mungkin bisa silaturrahmi sama pak pengrajinnya aja langsung yang lebih professional...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...