Selasa, 07 Juli 2020

Tahu Susu Jombang : Gurih di Luar, Lembut di Dalam

Kota sebelah memang identik dengan tahu, tapi bukan berarti Jombang tak punya tahu unggulan. Selain ada kampung produsen tahu di Jogoroto, Jombang juga punya varian tahu ajaib yang kini sedang naik daun. Adalah tahu susu, sebuah varian tahu dari Jombang yang punya tekstur empuk di luar dan lumer di dalam. Keberadaan varian tahu susu dari Jombang ini, jelas meramaikan dunia pertahuan.

Tampilannya pun berbeda dengan tahu-tahu yang sudah eksis sebelumnya. Meski mirip dengan tahu pong, namun Tahu Susu Jombang cenderung berwarna kekuningan setelah digoreng matang, tapi tak sekuning tahu takwa. Kulit luarnya empuk, sedangkan bagian dalamnya sedikit kopong tapi tetap punya tekstur isi yang lumer, lebih lembut dari Tahu Sumedang.


Tak perlu dibumbui dan digarami lagi ketika akan digoreng, Tahu Susu Jombang sudah punya rasa gurih yang sudah dibubuhkan kala proses produksinya. Karena sudah gurih dengan tekstur dalam yang lembut inilah, tahu dari Jombang ini kerap disebut tahu susu. Meski tak punya campuran susu sama sekali dalam proses pembuatannya. Entah siapa yang pertama kali menjulukinya demikian, label susu disematkan dalam nama variannya. Pun demikian, Tahu Susu dari Jombang kini makin populer dengan berbagai jenis mereknya.

Biasanya, ukuran tahu susu pun sudah dibuat lebih kecil tiap tahunya, sehingga tak perlu lagi dipotong-potong sesuai selera sebelum digoreng. Pun cara memasaknya juga langsung goreng, tanpa perlu direndam garam sebelumnya. Sangat praktis, tapi memang perlu keterampilan tersendiri supaya teksturnya tak hancur saat digoreng.

Banyak penjual tahu susu di Jombang dengan berbagai mereknya. Umumnya, penjual tahu susu menjual varian tahu ajaibnya ini terpisah dengan tahu konvensional. Atau bisa juga, seorang penjual tahu susu di pasar, hanya menjual varian tahu susu tanpa tahu konvensional dalam lapak dagangannya.

Dulunya, tahu susu dijual dengan kemasan kantong plastik tersendiri untuk membedakannya dengan varian tahu konvensional. Biasanya ada semacam sablon yang menandai jenis tahunya, berikut merek dari pabrik tahunya. Tahu susu kemudian dikemas rapi dalam sebuah kantong plastik, sehingga terlihat berbeda dengan tahu biasa yang kerap ditampilkan ‘bugil’ tanpa plastik.

Selain itu, tahu susu dibandrol dengan harga di atas tahu biasa, karena harus diakui memang lebih enak rasanya. Biasanya, untuk tahu susu dengan kotak standar dibandrol seharga sepuluh ribu rupiah. Sedangkan untuk kotak yang lebih kecil yang isiannya lebih sedikit dihargai sekitar lima ribu rupiah.

Karena popularitasnya yang makin meningkat, tahu susu kini tak hanya dikemas dalam kantong plastik tapi dengan kotak plastik sekali pakai. Entah siapa yang memulai, yang jelas kotak plastik ini selain membuat tahu susu jadi lebih keren tampilannya, juga memudahkan penjual dan pembeli membawanya, mengingat tekstur tahu yang empuk dan rawan njebrot saat terhimpit belanjaan lainnya.

Penjual-penjual tahu susu pun bertebaran dan setiap penjual biasanya punya nama merek tersendiri. Biasanya, nama merek itu akan disablonkan di plastik tahu yang kemudian dikemas di dalam kotak transparan lalu dijajar dalam etalase. Ada juga yang menempelkan nama merek tahunya, di permukaan tutup kotak plastiknya. Bahkan yang lebih canggih lagi, ada pula yang menyablon kotak plastik tahu susunya dengan mereknya dengan gambar yang begitu keren, sehingga tampilannya terlihat begitu apik.

Adalah tahu susu produksi Denanyar yang punya kemasan kotak plastik yang disablon dengan gambar yang sangat keren. Tampilan tahunya jadi naik kelas, hingga membuatnya pantas jadi buah tangan kebanggaan dari Kota Santri Jombang BERIMAN.

Tak hanya itu, ada pula aneka varian rasa yang membuatnya jadi makin unik. Tahunya pun diberi warna layaknya jajanan anak-anak sehingga begitu menarik perhatian. Ada biru, hijau, kuning, oranye, bahkan ungu. Selama ini, tampilan warna membuat kita berpikir tentang rasa tertentu dalam sebuah makanan. Misalnya hijau untuk rasa melon, biru untuk anggur, oranye untuk jeruk, atau pink untuk strawberry. Tapi tidak dengan tahu susu dari Denanyar ini.

Awalnya Jombang City Guide mengira kotaknya yang berwarna, tapi ternyata bukan. Tahunya-lah yang berwarna! Warnanya begitu wow, membuatnya jadi sangat menarik tapi malah jadi berpikir tentang rasa buah karenanya. Xixixixixi...





Rupanya pemberian warna, hanya untuk pembeda rasa saja. Sebut saja rasa pizza untuk biru, balado dengan warna oranye, keju diberi warna kuning, dan masih banyak lainnya. Jombang City Guide ndak apal. Hehehhehe... Hanya membayangkan saat menyantapnya, jadi berpikiran aneka rasa buah saat melihatnya, lalu berbeda ekspektasi saat disantap. Xixixixiix...

Tahu susu warna-warni dari Denanyar ini berjualan di perempatan pasar arah KH Mimbar setiap pagi. Produksi dilakukan di Denanyar termasuk pemberian warna pelangi ini. Karena warnanya yang beraneka ragam, tahu susu dengan varian warna pelangi dari Denanyar ini disebut dengan Tahu Susu Fantasi.

Meski warnanya bikin mata wow, kehadiran tahu susu pelangi pasti menyemarakkan kancah pertahuan domestik. Bahkan, eksistensi tahu susu ini, mulai membuat orang luar kota penasaran. Kawan Jombang City Guide yang telah lama merantau ke ibukota, juga terheran-heran dengan varian tahu ini. Mungkin dia sudah terlalu lama merantau, sehingga tak sempat mengikuti popularitas tahu susu yang sedang naik daun.

Setelah ada tahu pong Gloria dan Tahu Pong Cap Jempol, kini Tahu Susu Jombang juga jadi andalan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Santri. Kemasan kotaknya membuatnya jadi lebih murah dibawa. Meski demikian, tekstur tahu mentah tetap harus diperhatikan karena tak boleh lama-lama berada di suhu ruangan. Kuatir basi.

Tahu Susu Jombang kini juga dijual di kota lain, bahkan dijual secara online. Entah bagaimana teknisnya, Jombang City Guide belum pernah beli. Biasanya, jika ingin menikmati tahu susu, Jombang City Guide cukup datang pagi-pagi ke Pasar Legi, langsung ke penjualnya yang bertebaran di pinggir jalan dengan aneka mereknya. Atau sebelumnya memesan di penjual tahu langganan.

Orang Jombang sendiri mungkin sudah biasa dengan tahu ini. Tapi bagi orang luar Jombang mungkin akan terheran-heran termasuk saudara Jombang City Guide yang berasal dari Kota Tahu sendiri. Hayo-hayo, siapa yang sudah mencobanya... kalau belum dan bahkan tak tahu tentang eksistensi tahu susu ini maka Jombang City Guide cuma bisa bilang : Sungguh, aku tak tahu bila kamu tidak tahu kalau tahu susu ini enak sekaliiiii..

 

Tahu Susu Fantasi

Perumahan Denanyar Blok O no.7

Denanyar, Kabupaten Jombang

Bu Denok : 082141968003



1 komentar:

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...