Selasa, 25 Desember 2018

Pesona Batik Jombang : Batik Resmi Guk Yuk Jombang 2018


Berawal dari kebingungan mencari batik untuk bahan jarik kontes Guk Yuk Jombang 2018, akhirnya malah mempertemukan Jombang City Guide dengan Pesona Batik Jombang yang juga kerap dikenal sebagai Batik Jambu. Batik Jambu ini, ditunjuk sebagai batik resmi yang dijadikan batik khas Jombang untuk pemilihan Guk Yuk 2018.


Tahun sebelumnya, kontes Guk Yuk Jombang masih menggunakan batik bang-bangan ala Madura untuk syarat pakaian Guk Yuk 2017. Agaknya, Disbudpar Jombang melakukan perubahan di tahun 2018 dengan menunjuk Batik Jambu sebagai batik khas nJombangan, yang wajib dikenakan peserta Guk Yuk dengan corak dan warna yang ditetapkan.

Corak yang ditetapkan sebagai batik resmi Guk Yuk Jombang 2018 tapi dengan warna hitam

Corak yang ditetapkan sebagai batik resmi Guk Yuk Jombang 2018 tapi dengan warna hijau


Pesona Batik Jombang, dikenal juga dengan Batik Jambu karena lokasi galerinya berada di daerah Jambu yang beralamatkan di Jalan Basuki Rahmat Gang  2 nomor 12, Jambu-Jabon-Jombang. 



Dari daerah Jambu inilah, akhirnya julukan Batik Jambu berasal. Tak heran, motif yang ada di tiap lembar kain batik resmi Guk Yuk 2018 terdapat aksen bunga jambu  yang mencirikan asal muasal batik Jambu.





Meski demikian, Batik Jambu sebenarnya bukan berasal dari Jombang seutuhnya. Memang, Bu Nunuk pimpinan galeri yang juga keluarga pemilik Batik Jambu tinggal di Jombang, namun pemilik Pesona Batik Jombang adalah pria asal Madura yang juga memiliki merek batik lain yang berjuluk Pesona Batik Madura. Jadi Pesona Batik Jombang seakan sebuah cabang dari Pesona Batik Madura regional Jombang.


Terlihat potret pemilik Pesona Batik Jombang berpakaian adat Madura

Mengamati Batik Resmi Guk Yuk Jombang 2018


Batik Resmi Guk Yuk 2018 sendiri, memiliki corak yang khas dengan motif besutan dan buah durian yang bergerombol. Motif ini tersedia dalam beberapa warna seperti hijau dan hitam, sedangkan yang digunakan sebagai batik resmi Guk Yuk 2018 adalah warna merah.

Detail gerombolan durian

Corak resmi batik Guk Yuk Jombang 2018

Daun mangga dan bunga jambu

Sebagian motif ini sepertinya serupa dengan corak batik buatan Batik Colet Jatipelem. Bedanya pinggiran Batik Colet menggunakan motif jambu manis Gondanglegi sedangkan Batik Jambu menggunakan durian sebagai bingkai. Kok kebalik ya?? Selain itu Batik Colet terbuat dari batik tulis, sedangkan Batik Jambu khas Guk Yuk 2018 dibuat dari batik printing. Sayang sekali ya, kenapa batik yang dijadikan batik resmi malah printing? Harusnya batik tulis, pasti lebih keren!

Filosofi corak Tribuana khas Jombang 

Motif yang sekilas mirip dengan buatan Batik Colet : Bedanya ada pada bingkai durian

Proses pengerjaan batik di Pesona Batik Jombang dari nol, pewarnaan hingga jadi seutuhnya masih sepenuhnya dikerjakan di Madura. Rencana kedepannya, memang akan dibuat workshop di galeri Pesona Batik Jombang sehingga pengunjung bisa langsung melihat proses pengerjaan batik buatan Batik Jambu.



Galeri Pesona Batik Jombang berada di bagian belakang rumah Bu Nunuk, dengan memasuki gapura dan bangunan Mojopahitan. Pendopo Joglo khas Jawa menjadikan galeri Pesona Batik Jombang nyaman dikunjungi para pengunjung yang mungkin berburu oleh-oleh Batik Jambu sebagai cinderamata dari Kota Santri.




Senangnya mainan ikan



Nuansa jawa begitu kental dengan aksen bata yang mengingatkan kita dengan desain Mojopahitan, dihiasi kolam ikan yang membuat bayi Jombang City Guide kegirangan, sehingga sedikit teralihkan perhatiannya karena asyik melihat hewan air itu berenang kesana kemari. Lumayanlah, ibuknya jadi bisa pilih-pilih batik. Xixixixiix.............







Durian Bido Jombang

Terdapat banyak batik di galeri ini, mulai batik tulis hingga batik cap dan batik printing yang dipajang di gantungan maupun lemari. Aneka motif dan warna, bisa dipilih sendiri oleh pengunjung yang berminat memiliki corak khasnya. Bagi para penggila batik, tak ada salahnya mencoba berburu ke galeri Pesona Batik Jombang di Jambu. Atau mau hunting untuk keperluan kontes Guk Yuk Jombang? Ayo ayo....

 

Galeri Pesona Batik Jombang
Jalan Basuki Rahmat Gang  2 nomor 12,
Jambu-Jabon-Jombang
Buka setiap hari
Bu Nunuk : 081 2333 577 22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...