Sabtu, 06 Juni 2015

Arsitektur Belanda di Gedung Korpri Jombang


Siang itu cerah sekali. Gedung Korpri Jombang yang ada di samping BCA Jombang tampak lengang. Sebuah bangunan lama dari sekian yang tersisa di Jombang, yang berarsitektur kolonial. Beberapa renovasi sudah pernah dilakukan, namun aura ‘londo’-nya masih kental terasa.



Pilar Silinder Khas Kolonial

Pilar-pilar silinder masih berdiri tegak menyokong teras yang lebar, sebuah ciri khas bangunan lama Belanda. Cat putihnya memperlihatkan kalau bangunan ini masih dirawat dengan baik dan dijaga. Sayangnyan pintu dan jendela masih dicat kuning sehingga bisa disimpulkan bangunan ini masih belum bebas dari aroma kuningisasi yang sedang diderita Jombang di masa kini.

Pintu Jendela Kuning : Capek Deh


Di samping bangunan ini terdapat bangunan kecil, seperti ciri khas bangunan lama pada umumnya. Bangunan yang bisa jadi ruangan untuk para jongos di masa lampau atau mungkin kandang kuda (ini Cuma nebak-nebak aja) lebih kental nuansa kolonialnya. Saat ini sudah direnovasi, dan dipergunakan sebagai musholla.

Kini jadi Musholla


Tampak becak  dan beberapa kendaraan yang sedang terparkir di halaman. Memang, di hari efektif, halaman ini digunakan sebagai parkiran BCA yang sangat ruwet itu. Sedangkan bila malam tiba, halaman ini digunakan untuk pedagang makanan menjajakan dagangannya.



Di lain kesempatan Jombang City Guide akan berusaha untuk menambah informasi tentang bangunan ini. Doakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...