Minggu, 02 Juni 2013

Jombang Car Free Day


Tak mau kalah dengan kota besar yang menghelat Car Free Day, Jombang pun mengadakan acara bebas kendaraan bermotor ini di Jalan Wahid Hasyim yang dimulai dari Menara Air Ringin Conthong. Sepanjang Jalan Wahid Hasyim ditutup dan dijaga oleh aparat kepolisian, mulai pukul 05.30 WIB sampai 08.30 WIB.


Jombang City Guide berkesempatan hadir dan
mengambil gambar di momen mingguan warga Jombang ini.








Selama Car Free Day, kendaraan bermotor sebatas sepeda motor masih boleh melintas di jalan kecil tempat becak dan sepeda di sepanjang jalan Wahid Hasyim, dengan catatan tidak mengendarai kendaraannya terlalu kencang.



Acara ini disambut baik oleh warga Jombang, khususnya anak-anak yang merupakan peserta terbanyak yang memenuhi sepanjang jalan Wahid Hasyim tempat diselenggarakannya Jombang Car Free Day.





Tak seperti anak-anak di kota besar yang kebanyakan datang Car Free Day dengan orang tuanya, sebaliknya mayoritas arek-arek Jombang ini datang bersama teman-temannya tanpa orang tua mereka. Secara mandiri, anak-anak ini berolahraga, sepedaan, lari-lari, sepakbola dan berjalan-jalan santai tanpa pengawalan orang tua. Hal ini bukalah sebuah masalah, karena arek Jombang memang anak yang mandiri dan kebanyakan dari mereka berasal dari rumah yang dekat dengan jalan Wahid Hasyim, sehingga tetap aman untuk mengikuti Car Free Day dan tentunya didukung penuh oleh pengawalan aparat kepolisian yang bertugas.





Warga Jombang peserta Car Free Day ini memanfaatkan waktu dengan berolah raga, dan kebanyakan dari mereka bersepeda santai. Diantara mereka ada yang mengendarai sepedaria bersama yang unik. Bahkan ada satu yang sepedaria bersamanya tingkat. Kreatif sekali, mengingatkan kita pada bis tingkat di Surabaya di awal 90an.






Uniknya, masih jarang penjual dan penjaja makanan selama Car Free Day ini, sehingga Jl. Wahid Hasyim masih aman dan bersih oleh sampah bekas konsumsi. Cepat atau lambat, penjaja makanan ini akan memenuhi acara Car Free Day seperti di kota-kota besar, sehingga perlunya kesadaran masyarakat dan peserta untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempatnya perlu ditekankan. Olahraga sehat rek, tapi yo dijogo kuthoe cek gak rusuh...

3 komentar:

  1. Fotonya bagus - bagus . .

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan foto-fotonya utamanya 'kereta angin roda empat bertingkat'. Wah enak sekali bisa menikmatinya di acara Car Free Day. Hari libur diisi dengan hal yang positif dan menyenangkan. Salam cemerlang.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...