Rabu, 03 April 2013

Tarekat Shiddiqiyah Ploso


  

Di Jombang ada tarikat yang terkenal dengan dzikirnya, yaitu Tarekat Shiddiqiyah. Tarekat Shiddiqiyyah adalah satu dari 44 tarekat dalam agama Islam yang saat ini ada dan berkembang di dunia. Banyak tarekat yang tersebar di dunia ini namun satu-satunya tarekat yang mempunyai tempat secara khusus untuk menerima pelajaran dzikir khusus adalah Tarekat Shiddiqiyyah. 



Wikipedia menyatakan, Tarekat Shiddiqiyyah sekarang ini di luar Indonesia sudah punah, dan satu-satunya di dunia hanya terdapat di Indonesia yang berpusat di Ploso-JombangJawa Timur. Lokasinya seperti yang ada di gambar, beberapa waktu lampau, keluarga Jombang City Guide sempat mampir kesana.

Cara sholatnya juga sama, 5 kali dalam sehari. Bedanya hanya setelah sholat Jumat, jamaah tarikat ini masih wajib untuk sholat Dhuhur.  Mengenai Tarekat Shiddiqiyyah ini, lebih jauhnya bisa disimak disini, disitu, dan disana.


Tempatnya bagus, mirip seperti kastil tapi dengan kubah dan relief Quran warna-warni. Tempat ini juga pernah tampil di sebuah acara di TransTV yang dibawahan oleh presenter Ramzy. Yaa... Semoga info ini bermanfaat. Ternyata ada lho, di Jombang. Hehehehe...

*Tarekat = Thoriqot.


 Foto diambil dari Grup Seputar Jombang dan Info Terkini

3 komentar:

  1. Saya pernah merasakan nikmatnya dzikrulloh setelah mengikuti pelajaran di Tarekat Shiddiqiyah, cabang makam kembang kuning surabaya.

    BalasHapus
  2. di brunei sudah gak ada cabang nya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...